Sepenggal Kisah Sejarah Persaingan Mobil LSUV Di Indonesia

26/10/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Artikel mengenai mobil LSUV ini merupakan sudut pandang dari awak redaksi Cintamobil.com, namun tetap memperhatikan fakta dan dinamika yang terjadi di kelas ini

Mari kita lirik sejarah Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Indonesia. Kelas mobil LSUV ini sudah sejak lama dilirik oleh pabrikan besar di Indonesia, tepatnya pasca krismon. Hanya saja tak bisa langsung mengadopsi mentah-mentah mobil yang dijual di luar negeri untuk langsung dimasukkan ke Indonesia.

Daihatsu Terios JDM

Mirip Taruna? Ya jelas...

Kelas mobil LSUV akhrinya pertama kali muncul di tahun 1999 dan mulai dipasarkan tahun 2000-an awal dengan model Daihatsu Taruna. Praktis Taruna melenggang jadi pemain tunggal di saat itu. Penjualannya pun cukup baik, dan mobil ini ternyata diminati oleh kaum hawa. Agak diluar ekspektasi bukan?

Hanya Model Bodi Pendek

Taruna hadir pertama kali hanya dengan model bodi pendek (C-Series), baru beberapa waktu kemudian model bodi panjang lahir (F-Series), serta ada beberapa trim spesial seperti CSR, FGZ, dan juga yang paling terakhir yakni OXXY.

Daihatsu Taruna OXXY

Daihatsu Taruna bisa dibilang jadi pelopor di kelas ini

PT Astra Daihatsu Motor 'memanjangkan' sedikit Daihatsu Be Go yang ada di Jepang  maupun Terios Kid yang jadi basis Taruna dengan tujuan agar sesuaikan dengan selera pasar di Indonesia. Akhirnya pada tahun 2000 mobil LSUV pertama lahir dengan nama Daihatsu Taruna.

Toyota Rush Merangsek Pasar Tahun 2007

Tahun 2006, Daihatsu Taruna dipensiunkan oleh Daihatsu, dan Toyota ternyata juga ingin jualan di kelas ini, maka terlahirlah Toyota Rush yang mendampingi Daihatsu Terios. Dua mobil racikan 'Geng Sunter' tersebut tak punya lawan berarti di pasar mobil Tanah Air, bahkan hingga satu dekade setelah kemunculannya.

Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo 2016

Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo sudah 7-seater dari sebelumnya Rush hanya 5-seater

Sekadar informasi, Toyota Rush maupun Terios yang ada di Indonesia tahun 2007 tersebut sebenarnya adalah generasi kedua. Untuk generasi pertamanya memakai nama Daihatsu Terios Kid / Daihatsu Be Go tetapi tidak masuk di Indonesia.

>>> Toyota Rush berkonde diminati di pasar mobil bekas, yuk intip plus dan minusnya

Honda BR-V Jadi Lawan Pertama Duo Astra

Baru pada tahun 2016 Honda memperkenalkan Honda BR-V yang mengambil basis dari Honda Brio dan Honda Mobilio. BR-V pun langsung mencuri perhatian dan memberikan perlawanan sengit, karena hadir dengan konsep SUV dengan handling yang memukau bak sedan.

Honda BR-V 2016

Honda BR-V begitu tampil langsung memukau berkat handling mantap dan mesin hemat lagi bertenaga

Beda sekali dengan rivalnya yang sama-sama bermarkas di bilangan Sunter, Jakarta Utara itu yang lebih menawarkan konsep gagah dengan perawakan tinggi dipadu ban cadangan yang diletakkan di pintu bagasi, dan tentu saja dari sisi pengendaraan body roll duo Astra itu lebih terasa dari BR-V.

>>> Honda BR-V bekas harganya sudah menggoda lho, segini pasarannya

Suzuki XL7 & Mitsubishi Xpander Cross Hangatkan Persaingan

Tapi sayangnya, pesona BR-V mulai meredup di tahun 2018 saat Toyota All-new Rush dan Daihatsu All-new Terios lahir. Ditambah lagi setahun kemudian di tahun 2019 Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross turut melenggang membuat panas persaingan di kelas ini.

Suzuki XL7 Alpha AT 2021

Suzuki pun mencoba peruntungannya di kelas mobil LSUV dengan Suzuki XL7

Suzuki XL7 menawarkan kehematan bahan bakar yang melebihi para pesaing lainnya di kelas mobil LSUV ini. Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross hadir dengan kabin luas dan praktis, serta ada beberapa trim tambahan seperti Rockford Fosgate maupun Black Edition yang membuatnya kian spesial.

Mitsubishi Xpander Cross Premium Package 2021

Mitsubishi Xpander Cross juga tak mau ketinggalan di kelas ini

XL7 maupun Xpander Cross menganut paham yang sama dengan Honda BR-V yakni mesin 4-silinder 1.500 cc dengan layout penggerak roda depan (FWD). Ada beberapa keunggulan yang langsung terasa ketika sebuah mobil LSUV menganut sistem FWD dan kami telah bahas tuntas di sini.

Gambar Interior Daihatsu All New Terios

Semua mobil LSUV modern kini mengusung kursi 3-baris, dan mesin 1.500 cc

Sementara Toyota All-New Rush dan Daihatsu All-New Terios masih memegang teguh format penggerak roda belakang sejak awal kemunculannya. Hal ini membuatnya jauh lebih tangguh di segala medan dibandingkan pesaing lainnya seperti XL7, BR-V dan Xpander Cross.

Honda All New BR-V Prestige 2022

All-New Honda BR-V bakal jadi standar baru di kelas LSUV?

Pada tahun 2021 ini pula, Honda BR-V tidak tinggal diam. PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda All New BR-V sebagai mobil pamungkas mereka. Fitur-fitur yang diusung Honda All New BR-V jelas melampaui para kompetitornya. Lantas seberapa seru persaingan mobil LSUV ini selanjutnya? Agar lebih proper, Anda bisa simak pada artikel komparasi kami ya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top