Penjualan Mobil di Indonesia Diyakini Bisa Tembus 750.000 Unit

06/08/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Penjualan mobil di tanah air tahun ini diyakini bakal mencapai target yang dicanangkan, meskipun menghadapi banyak hambatan seperti PPKM dan yang lain.

Hasil di akhir tahun bakal menjadi patokan target penjualan mobil di Tanah Air. Meski harus menghadapi beragam hambatan, banyak yang optimis target bisa dicapai.

Pertama disampaikan asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang sangat yakin bisa mencapai penjualan 750.000 unit. Kini, giliran pengamat otomotif menyatakan hal serupa, atas dasar data penjualan dari Gaikindo.

“Itulah yang membuat saya masih terus optimistis target 750.000 unit bisa tercapai,” kata Pengamat industri otomotif Bebin Djuana, kepada awak media, (4/8/2021).

Foto menunjukkan sales dealer sedang melayani konsumen

Bisa online, orang lebih suka datang ke dealer saat membeli mobil

>>> Gaikindo Optimis Penjualan Mobil Bisa Capai Target

Berkah insentif PPnBM

Bukan tanpa alasan jika optimisme itu ada. Meski diberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), penjualan mobil justru mengalami peningkatan berkat diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) 100%.

Menurut Bebin hal itu unik, prediksi penjualan mobil bakal anjlok karena mobilitas dan aktivitas masyarakat tidak terbukti.

“Tadinya, saya berpikir pada akhir Desember bisa menembus di atas 800.000 unit,” kata Bebin.

Sebelumnya, Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto menyatakan optimis target penjualan mobil bisa dicapai. Dasarnya data penjualan yang meningkat signifikan sejak dimulainya diskon PPnBM 100%. Dari sebelumnya sebanyak 49.202 unit pada bulan Februari menjadi 84.915 unit pada bulan Maret 2021. Selanjutnya cukup stabil di angka 70 ribuan unit per bulan hingga Juni

Total, dari Januari hingga Juni mobil yang terjual ke dealer sebanyak 393,469 unit, dan yang terjual ke konsumen sebanyak 387.827 unit.

"Kami masih optimis hingga akhir tahun penjualan bisa mencapai 750.000 unit," tutur Jongkie.

Diskon PPnBM

Diskon PPnBM 100% diberikan Pemerintah dalam rangka menciptakan iklim usaha yang kondusif di tengah pandemi, serta membangkitkan gairah industri otomotif.

>>> Kenapa Banyak Orang Indonesia Kepincut Toyota Avanza Dkk?

Foto SPG Toyota berpose bersama Avanza

Hanya mobil buatan lokal yang dapat diskon PPnBM

Dengan harga mobil lebih murah dari harga aslinya hingga belasan juta rupiah diharapkan mendorong minat belanja masyarakat terhadap kendaraan roda empat. Setidaknya bagi yang sudah memiliki berencana membeli mobil baru tertarik untuk segera merealisasikannya demi mendapatkan harga terbaik.

Ada 23 mobil menikmati insentif tersebut. Nominal diskonnya berbeda satu sama lain dengan rata-rata belasan juta rupiah. Diskon ini bakal berakhir bulan ini (Agustus 2021). Dan setelah itu akan dievaluasi untuk diperpanjang lagi atau diberikan dengan persentase yang lebih kecil.

>>> Keunggulan Toyota Vios, Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Terbesar

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top