Sepatu Porsche x Nike Buat Sneakerhead Sekaligus Petrolhead Sejati

27/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Bekerja sama dengan Nike, sepatu Porsche edisi khusus bernama Nike SB Dunk Low memberikan penghormatan kepada mobil balap legendaris Porsche 917 yang ikonik.

Porsche memang dikenal sebagai produsen mobil balap legendaris, termasuk menghadirkan model klasik Porsche 356 dan mobil balap Porsche 917 yang ikonik. Selain itu, bahasa desain Porsche juga digunakan di jam tangan chronograph yang baru diluncurkan. Dan kali ini, Porsche bekerja sama dengan Nike memperkenalkan koleksi sepatu Porsche bagi sneakerhead dan pencinta otomotif.

Warna biru khas Porsche

Porsche kembali masuk ke dunia mode dengan merilis edisi terbaru SB Dunk Low Sneaker yang terinspirasi dari Porsche 917K Gulf Livery yang ikonik. Gebrakan baru ini memberikan penghormatan kepada Porsche 917K keluaran tahun 1970-an yang berpartisipasi dalam berbagai kompetisi balap uji ketahanan.

sepatu Porsche x Nike berwarna biru
Detail mobil klasik 917K dalam sepatu Porsche dan Nike

>>> Ada Sepatu Nike Air Max 90 Infrared Bermesin V8!

Sepasang sepatu Porsche edisi khusus ini menonjolkan bagian atas suede berwarna biru “Blue Chill” yang senada dengan versi mobil balapnya. Logo Nike berwarna putih dengan aksen hitam terpampang di bagian sisi samping sepatu. Tapaknya mengusung warna oranye yang bisa ditemukan pada logo Gulf di mobil aslinya.

Ada angka 58 pada bagian tumit dan lidah sepatu. Hanya saja angka ini tidak secara historis dikaitkan dengan 917K. Karena angka tertinggi yang pernah digunakan pada mobil balap ini adalah #21. Banyak yang beranggapan bahwa nomor ini merujuk pada “Club 58”, sebuah toko skate yang terkenal. Pasalnya SB Dunk Low Gulf populer di kalangan skater di seluruh dunia.

>>> Pabrik Porsche Pertama di Luar Jerman Siap Dibangun di Malaysia

Penghormatan terhadap 917K

Mobil balap Porsche 917K dirancang dan diproduksi pada tahun 1970-an untuk bersaing dalam berbagai kompetisi balap uji ketahanan. Nike SB Dunk Low disebut sebagai salah satu penghormatan 50 tahun kemenangan perdana 917K di Le Mans 24 Jam yang dikendarai oleh pembalap Hans Herrman dan Richard Attwood.

Le Mans 917 Gulf berwarna biru
Mobil balap Porsche 917K yang legendaris

Kemenangan ini membantu Porsche meningkatkan citranya dari produsen mobil sport kecil ke raksasa teknis industri otomotif. Sejak saat itu, 917K menjadi legenda hidup dan bahkan ikut membintangi film Steve McQueen, Le Mans tahun 1971. Ditenagai oleh mesin 4.5L flat 12 dengan keluaran 527 PS dan mampu mencapai 100 km/jam dari keadaan diam hanya dalam 2.5 detik.

Anda bisa mendapatkan sepatu edisi khusus ini dengan harga hanya $ 100 (sekitar Rp 1.4 jutaan). Porsche menyebutkan bahwa Nike SB Dunk Low “Gulf” akan dirilis pada tanggal 27 Februari di situs resmi Nike.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top