Senasib dengan Avanza, Daihatsu Xenia Juga Bakal di Recall?

15/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Memiliki wajah kembar, akankan Daihatsu Xenia dilakukan recall seperti halnya Toyota Avanza? Kepastian itu akan diumumkan Daihatsu pada 18 Maret mendatang.

Permasalahan pompa bensin pada Toyota Avanza di Malaysia yang berbuntut recall tampaknya juga berpengaruh terhadap mobil sejuta umat itu di Indonesia.

Mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Avanza yang diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor itu juga diekspor ke Malaysia. Toyota tak menampik bahwa ada indikasi permasalahan pada Avanza di Indonesia seperti halnya di negeri jiran.

Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe menjadi kado ultah Daihatsu Xenia ke-15

Xenia juga tampaknya bakal direcall berbarengan dengan Avanza

>>> Ini Sebabnya Penjualan Daihatsu Xenia Tahun 2020 Keok

Masih Menunggu Pengumuman Resmi

Namun sayang hingga saat ini Toyota tak menjelaskan model apa saja yang bakal dilakukan recall karena malfungsi pompa bensin tersebut. 

"Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufacturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan principal untuk tau model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di indonesia, rata-rata ada dimana, kesiapan partnya dan lain lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

Praktis hal itu memunculkan pertanyaan akan sang kembaran Daihatsu Xenia. Diproduksi berbarengan maka kemungkinan Daihatsu Xenia dilakukan recall pun cukup besar. Tampaknya pengumuman recall secara mendetail itu akan disampaikan Daihatsu pada 18 Maret mendatang sesuai dengan undangan yang diterima Cintamobil. 

"Nanti akan dijelaskan," jelas Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra ketika dikonfirmasi. 

tampak eksterior belakang Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Daihatsu Xenia

Namun belum jelas apakah nantinya recall tersebut juga berkaitan dengan permasalahan pompa bensin. Yang jelas bagi Toyota, ini bukan kampanye recall pertama terkait dengan pompa bensin. 

Sebelumnya ada Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019 dengan VIN tertentu harus melakukan penggantian pompa bensin agar bisa lebih optimal saat dikendarai. 

>>> Siap-siap Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan Berpenggerak Roda Depan

Si Kembar Xpander-Livina Juga Permasalahan Serupa

Pun demikian dengan model Low MPV lainnya di Tanah Air. Pada Juni 2020, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengeluarkan imbauan bagi pemilik Xpander melalui program Field Fix Campaign atau Kampanye perbaikan. Sebanyak 139.111 unit Mitsubishi Xpander yang diproduksi dari 2017 hingga 2019 akan mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan terkain komponen pompa bensin. 

Pompa Bensin Bermasalah, Mitsubishi dan Nissan Recall Xpander-Livina

Xpander-Livina alami masalah serupa

Hasil investigasi terhadap komponen pompa bensin Mitsubishi Xpander menunjukan Impeller pompa bensin yang memuai dan berubah bentuk sehingga membuat impeller berhenti berputar. Kerusakan ini berpotensi menyebabkan mesin tidak bisa dinyalakan atau berhenti bekerja.

Recall Mitsubishi Xpander juga berdampak pada sang kembaran Nissan Livina. Ya, seperti diketahui keduanya yang diproduksi dengan platform yang sama. Permasalahan yang dialami Livina pun sama yakni seputar pompa bensin. Setidaknya ada 9.314 unit Livina yang diproduksi pada periode 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019 yang terkena dampak recall penggantian pompa bensin ini. 

"Sudu dengan material resin di dalam pompa bensin dapat membesar dan membuat pompa bensin berhenti berhenti berputar, hal tersebut akan mengakibatkan mesin tidak dapat hidup atau mesin berhenti," jelas Nissan dalam keterangannya. 

 >>> Di Indonesia LMPV Sering Jadi Mobil Terlaris, Bagaimana dengan Malaysia?

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top