Cintamobil TV: Semua Yang Pertama di Industri Otomotif Dunia

09/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Cintamobil TV: Semua Yang Pertama di Industri Otomotif Dunia
Industri otomotif dunia dimulai sejak ditemukannya mobil pertama bertenaga uap. Dan dalam perkembangannya, ada banyak hal pertama dalam industri otomotif.

Industri otomotif dunia telah berkembang bahkan lebih dari ratusan tahun lalu. Mobil pertama bertenaga uap dikembangkan bahkan hanya untuk mengangkut meriam ke medan perang. Sejak saat itu, teknologi pada kendaraan berkembang hingga mampu berjalan sendiri tanpa bantuan pengemudi.

1. Mobil pertama (1769)

mobil Nicolas-Joseph Cugnot berwarna cokelat
Mobil pertama yang diciptakan oleh Nicolas-Joseph Cugnot

Dalam perkembangannya, mobil pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Prancis bernama Nicolas-Joseph Cugnot pada tahun 1769. Cugnot membuat sebuah kendaraan tiga roda yang digerakkan dengan tenaga uap. Penemuan ini pada awalnya bertujuan sebagai alat untuk mengangkut meriam di medan perang.

2. Mobil pertama bermesin bensin (1886)

mobil pertama Mercedes-Benz bersama hitam
Karl Benz menciptakan mobil yang ditenagai oleh mesin bensin pertama

Dari penemuan pertama mobil pertama, Karl Benz menjadi populer setelah menciptakan mobil yang digerakkan dengan mesin bensin pada tahun 1886. Pengembangannya dilakukan di Stuttgart. Sejak saat itu, dia mengendarai mobil ini berkeliling Jerman dan menjadi salah satu penemuan yang mengukir sejarah otomotif dunia hingga saat ini.

>>> Honda CR-V Facelift Masuk ASEAN, Vietnam Jadi Negara Pertama

3. Rem cakram pertama (1890)

mobil lawas Jaguar C-Type berwarna hitam
Rem cakram pertama digunakan pada Jaguar C-Type tahun 1953

Salah satu sistem keselamatan penting yang dibutuhkan oleh kendaraan yaitu rem cakram. Bahkan rem cakram pertama kali diciptakan pada tahun 1890 oleh seorang ilmuwan asal Inggris bernama Frederick Lanchester di Birmingham. Industri otomotif dunia mengembangkan rem modern dan akhirnya digunakan pada mobil balap Jaguar C-Type pada tahun 1953.

4. Setir pertama dengan desain melingkar (1894)

mbil bersetir horizontal berwarna hitam
Mobil pertama mendapatkan setir yang dibuat tegak lurus

Ketika pertama kali diciptakan, mobil tidak menggunakan setir yang praktis sehingga susah untuk dikendalikan. Dan setir dengan desian melingkar pertama kali digunakan pada tahun 1894 oleh Panhard-Levassor. Desainnya masih tegak lurus, menyesuaikan dengan kursi yang masih tinggi serta pengaturan roda yang berbeda dibandingkan mobil modern saat ini.

>>> Promo mobil baru Mercedes-Benz tipe lainnya ada disini

5. Sabuk pengaman three-point pertama (1959)

Sejak awal ditemukan kendaraan, pengembangan selalu dilakukan untuk meningkatkan sistem keselamatan. Dan berpuluh tahun sejak mobil pertama ditemukan, mobil dengan three-point seatbelt baru dipasarkan sejak tahun 1959. Volvo menjadi pabrikan otomotif pertama yang memperkenalkan sistem keselamatan ini pada mobil-mobilnya.

6. Pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) pertama (1966)

uji tabrakan pengereman ABS
Pengujian pertama sistem ABS dan mulai digunakan oleh industri otomotif dunia

Setelah mobil modern mendapatkan dashboard yang tidak keras untuk meminimalisir cedera ketika mengelami kecelakaan. Baru pada tahun 1966, mobil pertama yang menggunakan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) diperkenalkan. Teknologi ini diadopsi langsung dari sistem ABS yang digunakan oleh pesawat terbang.

>>> Pilihan mobil bekas Mercedes-Benz paling lengkap cek disini

7. Headrest pertama (1968)

Sebelumnya kursi pengemudi dan penumpng belum memiliki headrest untuk menopang kepala ketika sedang berkendara. Volvo menjadi pabriakn pertama yang memiliki pelindung kepala atau headrest bagi pengemudi dan penumpang depan. Fitur ini terbukti ampuh, bukan hanya untuk kenyamana, tetapi juga keselamatan dan mencegah cedera berlebih ketika terjadi benturan.

8. Airbag pertama (1973)

Pada tahun 1970an General Motor mulai mengembangkan perangkat keselamatan berupa airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi benturan. Model Oldsmobile Tornado milik GM merupakan mobil di pasar Amerika pertama yang mengguankan airbag untuk penumpang. baru pada akhir 80-an mobil-mobil mendapatkan airbag sebagai sistem keselamatan standar.

>>> Recall Mercedes-Benz A Class CLA dan GLC Terbaru Akibat Airbag

9. Teknologi Side Impact Protection System (1991)

Di era 1990-an, sistem keselamatan berkembang pesat. Tak hanya fitur berkendara, namun pabrikan mulai memperhatikan teknologi yang digunakan pada rangka mobil. Pada tahun 1991, mobil pertama yang menggunakan teknologi side impact protection system dan side airbag diperkenalkan oleh Volvo yang memberikan kenyamanan ekstra ketika ada tabrakan dari samping.

>>> Merah Merona Debut Perdana Porsche 911 Targa 4S Heritage Design Edition

10. Electronic Stability Control (1995)

mobil lawas Mercedes-Benz S-Class 1995 berwarna biru
Mercedes-Benz S-Class pertama yang mendapatkan Electronic Stability Control

Tak hanya meningkatkan keamanan selama berkendara, pabrikan otomotif mulai berinvestasi untuk membuat pengendaraan menjadi lebih menyenangkan dan mengurangi resiko kecelakaan. Maka terciptakan fitur Electronic Stability Control yang diciptakan pertama kali oleh Mercedes-Benz. Fitur ini langsung disematkan pada sedan termewah Mercedes, yaitu Mercedes-Benz S-Class di tahun yang sama.

11. Mobil hybrid pertama yang diproduksi massal (1997)

mobil lawas Toyota Prius 1997 berwarna biru
Toyota Prius yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997

Selain sistem keselamatan, industri otomotif dunia turut berlomba-lomba untuk menghasilkan mobil dengan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Karena itu, Toyota menjadi pabrikan pertama yang menghasilkan mobil bertenaga hibrida yang diproduksi massal. Toyota Prius yang masih dipasarkan hingga saat ini mencatat sejarah tersebut pada tahun 1997

>>> Berita otomotif paling aktual bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top