Sempat Ditunda, Perbaikan Jalan KM 27+ Tol Japek Dilakukan Hari Ini

19/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sempat Ditunda, Perbaikan Jalan KM 27+ Tol Japek Dilakukan Hari Ini
Sempat menunda perbaikan jalan di Tol Jakarta-Cikampek KM 27+, Jasa Marga melaksanakan perbaikan mulai hari ini, Senin hingga Jum’at (19 s.d 23 Oktober 2020).

Pemeliharaan rutin dan berkala dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk terhadap jalan tol. Tujuannya menjaga kualitas jalan serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Selain itu juga untuk memenuhi kewajiban sebagai pengelola jalan tol, seperti diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No, 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Pada Pasal 53 disebutkan: (1) Pemeliharaan jalan tol meliputi pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, dan peningkatan. (2) Badan Usaha wajib memelihara jalan tol dan jalan penghubung.

Pekerjaan di 2 lokasi

Mengawali Minggu ini Jasa Marga melalui anak usahanya, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) melakukan perbaikan jalan berupa rekonstruksi rigid pavement di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Panjangnya mencapai 105 meter dan terletak di dua lokasi.

  1. Pertama; KM 27+613 s.d KM 27+688 jalur arah Cikampek lajur 1 sepanjang 75 meter. Sebelumnya Jasa Marga berencana melakukan perbaikan pada Senin, 12 Oktober, namun ditunda karena terkendala teknis.
  2. KM 33+155 s.d KM 33+185 jalur arah Cikampek lajur 2 sepanjang 30 meter.

Waktu pengerjaan keduanya sama, yaitu selama 5 hari kalender. Dimulai hari Senin tanggal 19 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB sampai dengan hari Jum’at tanggal 23 Oktober 2020 pukul 04.00 WIB.

>>> Optimis, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Bisa Dipakai Saat Nataru

Foto menunjukkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 27+

Pekerjaan perbaikan jalan tol wajib dilakukan untuk menjaga kualitas jalan dan meningkatkan kenyamanan

Pengaturan Lalu Lintas

Mengantisipasi kepadatan yang timbul atas pekerjaan perbaikan jalan di atas, Jasa Marga mempersiapkan langkah mitigasi dan pengaturan lalu lintas. Di lokasi pekerjaan diberlakukan buka tutup. Selain itu juga mempersempit area kerja, memasang spanduk himbauan pekerjaan, serta contra flow bila dibutuhkan. Untuk pengaturan lalu lintas ini Jasa Marga berkoordinasi dengan Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO).

Informasi pekerjaan di atas disampaikan juga oleh Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division melalui berbagai media termasuk Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek dan arah Jakarta.

Dihimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati dan mentaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Dihimbau juga untuk memperhatikan informasi di atas agar bisa mempersiapkan diri sebelum masuk tol atau mengatur jadwal perjalanan.

>>> Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Foto Ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 33+

Jalan Tol Jakarta-Cikampek, ruas penting Tol Trans Jawa

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet

18/10/2020

Pengemudian

3 menit

Pembayaran tarif tol berlaku secara non tunai di jalan tol seluruh Indonesia. Berikut tips menggunakan uang elektronik saat transaksi di jalan tol tanpa ribet.

Lihat juga

Optimis, Dua Ruas Jalan Tol JORR 2 Bisa Dipakai Saat Nataru

18/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Dua ruas jalan Tol JORR 2, yaitu Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran diyakini bisa dipakai secara fungsional pada saat libur akhir tahun 2020.

Lihat juga

Menyalip Aman di Jalan Tol, Perhatikan 5 Hal Berikut

16/03/2019

Pengemudian

4 menit

Tidak mungkin Anda yang mengemudi kendaraan di jalan tol harus selalu di belakang kendaraan lain. Kadang menyalip menjadi 'wajib' sebab kendaraan di depan terlalu lambat. Jika itu yang harus dilakukan, Anda harus tahu bagaimana cara menyalip aman di jalan tol dan apa saja yang harus diperhatikan.

Lihat juga

Mobil Overheat di Jalan Tol, Apa yang Harus Dilakukan?

15/10/2020

Pengemudian

3 menit

Overheat bisa menjadi masalah besar jika pengendara tidak memahami langkah yang harus dilakukan. Berikut tips jika mobil mengalami overheat di jalan tol!

Lihat juga

Inilah Daftar Jalan Tol yang Dikelola Jasa Marga

16/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Bersama grupnya Jasa Marga mengelola puluhan jalan tol di seluruh Indonesia dengan panjang ribuan kilometer. Berikut daftar jalan tol yang dikelola Jasa Marga.

Lihat juga