Semester I 2018, Kijang Innova Masih Terlalu Kuat Mencengkeram Pasar Medium MPV

23/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Semester I 2018, Kijang Innova Masih Terlalu Kuat Mencengkeram Pasar Medium MPV
Kehadiran model-model lain di segmen medium MPV belum jadi ancaman berarti bagi Kijang Innova. Andalan PT Toyota Astra Motor (TAM) tersebut masih terlalu kuat mencengkeram pasar dengan dominasi yang cukup besar.

Gambar bagian belakang Kijang Innova

Kijang Innova, andalan Toyota di segmen medium MPV bersama Sienta

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kijang Innova menguasai pasar hingga 76,24 persen di semester I 2018.

Dalam waktu enam bulan itu, TAM sukses mengirim sebanyak 25.948 unit Kijang Innova ke seluruh dealer yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Dibanding tahun 2017 yang terkirim sebanyak 27.257 unit, angka penjualan tahun 2018 ini turun sebesar 4,80 persen. Namun itu tak berpengaruh pada posisi Kijang Innova sebagai pemimpin pasar medium MPV.

Kijang Innova belum mendapatkan lawan yang kuat seperti Mitsubishi Xpander yang sukses melengserkan Toyota Avanza di semester I 2018.

>>> Big MPV Istimewa Berikut Bisa Dibawa Pulang Hanya Dengan Dana Rp 150 Jutaan - Rp 200 Jutaan

Gambar wallpaper Kijang Innova tampak dari depan

Sudah sangat lama, posisi Kijang Innova sebagai pemimping pasar medium MPV belum tergoyahkan

Wuling Cortez yang digadang-gadang menjadi penantang serius masih terlalu jauh untuk mengejar. Merek China ini baru mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 3.301 unit dan mendapat jatah pasar 9,70 persen.

Masih butuh waktu bagi Wuling untuk meyakinkan masyarakat bahwa produknya patut diperhitungkan. Wuling Cortez sudah dibekali kualitas produk yang mumpuni, teknologi canggih serta fitur yang berlimpah. Hanya satu yang belum, yaitu jam terbang di dalam negeri.

Di belakang Kijang Innova dan Wuling Cortez, ada Toyota Sienta dengan penjualan sebanyak 2.253 unit. Sama-sama dari Toyota, nasib Sienta memang tak sebaik Kijang Innova.

>>> Review Lengkap Toyota Venturer Diesel 2017, Mobil Keluarga Dengan Sentuhan SUV

Diperingkat empat dan lima ada Nissan Grand Livina yang sukses terjual sebanyak 1.982 unit dan model legendaris Isuzu Panther yang terjual hanya 501 unit.

Sangat menarik untuk terus mengikuti perkembangan pasar medium MPV ini, terutama sepak terjang Wuling Cortez dalam upayanya mengejar Kijang Innova yang terlanjur berlari kencang.

>>> Beli mobil Toyota baru, baca review dan cek harganya disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top