Semangat Hascar Internasional Motor Kibarkan Bendera FCA Group di Indonesia

06/12/2018
Sempat absen beberapa tahun terakhir, grup mobil FCA (Fiat Chrysler Automobiles) siap comeback ke pasar otomotif Tanah Air. Adalah Hascar Internasional Motor sebagai General Distributor FCA di Indonesia yang bersiap menyebarkan pesona brand-brand otomotif berdarah Italia dan Amerika.

Kalau Anda merupakan salah satu pengikut setia informasi otomotif terkini di dalam negeri, pasti sempat merasa ada yang hilang selama dua tahun terakhir di Indonesia. Ya, beragam brand dari grup FCA (Fiat Chrysler Automobiles) seperti Jeep, Fiat, Dodge, Alfa Romeo, dan Dodge sempat menghilang sejenak dari hingar bingar industri otomotif Tanah Air.

Namun bukan berarti FCA ‘say goodbye’ terhadap pasar otomotif Indonesia, termasuk semua penikmat setia mereka.Secara mengejutkan, grup otomotif terbesar ke 8 di dunia berdasarkan data OICA 2017 ini mulai memberanikan diri untuk kembali mencicipi ramainya dunia otomotif Indonesia.

>>> Baca juga: Mengintip Potensi All New Honda Brio Di Balap Nasional 2019

Launching Jeep Wrangler 2019 Indonesia

Peluncuran The All New Jeep Wrangler menandai awal perjalanan Hascar Internasional Motor sebagai General Distributor FCA Group

Puncaknya adalah debut All New Jeep Wrangler yang diperkenalkan bersamaan dengan peresmiaan PT Hascar Internasional Motor selaku General Distributor FCA Group di Indonesia, sekaligus menegaskan perpindahan perwakilan FCA Group yang sebelumnya berada di bawah kendali Garansindo Group.

“Hascar Internasional Motor didirikan berawal dari atas pribadi yang menyukai hobby dengan Jeep. Berdasar pengalaman kami, kedepannya Hascar Internasional Motor akan memastikan after sales dan sparepart kendaraan FCA untuk langkah pertama. Mulai tahun 2019 kita juga akan berekspansi memasukan line up kendaraan dari merk yang berada di bawah FCA, seperti Fiat, Alfa Romeo, Dodge, dan pastinya varian Jeep akan kita perbanyak,” jelas Ari Utama, CEO PT Hascar Internasional Motor.

>>> Review Jeep Gladiator 2020

Proses Yakinkan Prinsipal & Konsumen

Butuh perjuangan lebih untuk PT Hascar Internasional Motor dalam meyakinkan prinsipal FCA untuk bisa kembali ke Indonesia. Mulai dari memastikan management yang 100 persen baru, memastikan komitmen ekspansi bisnis yang kuat dari hulu hingga hilir, hingga menjaring dealer lama untuk kembali bergabung dan terus melanjutkan pelayanan sales dan aftersales produk mobil keluaran brand FCA di Indonesia.

“Kami butuh beberapa waktu untuk pendekatan dengan principal FCA Asia Pasifik di Shanghai, China. Di sana kami membuktikan pada principal, memang kami adalah pemain baru, tapi kami punya komitmen penuh untuk menjalankan bisnis ini. Pertama adalah latar belakang group secara finansial yang benar-benar baru, lalu owner Hascar Internasional Motor (Sri Hascaryo) juga mempunyai enthusiast dan hobi tersendiri, sehingga memiliki ikatan secara emosional dengan brand. Itulah yang kita buktikan,” jelas Jean Andre Dumais, Deputy CEO PT Hascar Internasional Motor.

Brand Alfa Romeo dengan varian SUV Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio

Alfa Romeo akan menjadi salah satu brand di bawah FCA Group yang akan 'comeback' di bawah PT Hascar Internasional Motor

Demi meyakinkan konsumen akan keseriusan PT Hascar Internasional Motor sebagai General Distributor brand FCA Group di Indonesia, beberapa langkah pun digerakkan. Hingga 2019 mendatang ditargetkan tidak hanya Jeep yang hadir ke Indonesia, tapi juga Alfa Romeo, Fiat, Dodge, dan Chrysler. Dari segi infrastruktur dealer, PT Hascar Internasional Motor akan terus mengembangkan total keberadaan dealer-dealer yang sudah berdiri sebelumnya, serta menjalin kerjasama dengan Bank Bukopin dalam hal dukungan pembiayaan kendaraan melalui skema cicilan.

“Kami memiliki plan pada kuartal 3 2019 sudah bisa 10 dealer kami yang aktif, agar mencapai target yang sudah disampaikan. Strateginya dengan cara dealer yang lama kami undang untuk bergabung kembali sekaligus membuat agreement baru antara kami dengan dealer,” tambah Andre.

>>> Penasaran dengan harga mobil Jeep saat ini? Berikut adalah informasi selengkapnya

Yakin Akan Potensi & Persiapan Songsong Masa Depan

PT Hascar Internasional Motor sekalipun masih merupakan ‘new kids on the block’ di kancah otomotif, namun tetap memupuk keyakinan potensi brand mobil yang dinaunginya akan berjalan sukses di masa depan.

Jeep Wrangler diserahkan ke Konsumen

Penyerahan simbolis kunci The All New Jeep Wrangler kepada konsumen yang sudah melakukan inden kepada Hascar Internasional Motor

Hal ini terbukti saat PT Hascar Internasional Motor, sebelum meresmikan diri pada akhir 2018, sudah membuka keran inden untuk The All New Jeep Wrangler. Terhitung, 30 unit unit pada batch pertama sudah laku semua dimana keran inden untuk model ini sudah dibuka sejak Agustus 2018 lalu.

“Kita yakin produk yang dimiliki FCA merupakan produk bagus. Contoh untuk Jeep sudah ada pabrik di Asia (India) untuk Jeep Compass, dan itu bisa membuat harga mobil menjadi lebih hemat dan kompetitif. Dan misal untuk brand seperti Alfa Romeo, itu ada pencintanya sendiri di Indonesia yang tergolong freak, bahkan modelnya untuk saat ini juga bagus sekali. Sebetulnya ini hanya lebih kepada komitmen dan support dari prinsipal dari merk tersebut, sehingga kedepannya akan tumbuh kepercayaan itu sendiri,” cerita Ari Utama kepada Cintamobil.com.

Management Hascar Internasional Motor

Jean Andre Dumais (duduk kiri) dan Ari Utama (duduk kanan) selaku Deputy CEO dan CEO Hascar Internasional Motor

Mengingat masing-masing brand mobil di bawah naungan FCA Group memiliki loyalis yang kuat, termasuk komunitas yang mendapatkan perhatian khusus, secara tidak langsung turut menambah keyakinan PT Hascar Internasional Motor akan masa depan maupun target dari masing-masing brand mobil yang dinaunginya. Diungkapkan dalam sesi diskusi bersama Cintamobil.com dan awak media, PT Hascar Internasional Motor mencanangkan keberadaan diler resmi yang ada di Jabodetabek (Pondok Indah dan BSD) disusul dealer di kota Meda, Surabaya, Makassar, dan Bali. Ditargetkan angka penjualan di tahun 2019 mendatang bisa menghasilkan angka penjualan 599 unit. dan tahun mendatang menjadi 1.200 hingga 1.300 unit secara keseluruhan.

“Selain fokus pada pelayanan dealer, kami juga memastikan semua kendaraan Jeep bisa melakukan perawatan yang terpadu di workshop yang berada di diler resmi kami. Kami juga sudah memastikan ketersediaan parts dan aksesoris mobil sejak tahun lalu, dengan harga berkisar dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah,” tutup Jean Andre Dumais.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Hafizh Fauzan

Ulasan anda

berita lain