Selisih Besar, Konsumen Boleh Beli Mobil Dengan Harga Off The Road (OFR)?

24/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Selisih Besar, Konsumen Boleh Beli Mobil Dengan Harga Off The Road (OFR)?
Ada dua jenis harga untuk sebuah produk otomotif baik itu motor maupun mobil, Off The Road (OFR) dan On The Road (OTR). Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia mayoritas pilih yang kedua dalam menyampaikan informasi harga kepada konsumen dan menyembunyikan harga OFR-nya.

Logo kebanggaan BMW

Harga Off The Road selalu tercantum pada setiap produk BMW yang dijual di Indonesia

Bukan tanpa alasan, harga OTR dianggap lebih menguntungkan konsumen karena sudah memasukkan biaya pengurusan pajak, BPKB, STNK serta biaya-biaya lain yang diperlukan.

Namun, ini tidak berlaku bagi BMW Group Indonesia. BMW selalu mencantumkan harga Off The Road (OFR) untuk produk yang dijual di Indonesia baik di situs resmi maupun di berbagai even yang diikuti. Tujuannya agar masyarakat tahu berapa sebenarnya harga mobil BMW yang asli alias sebelum kena pajak dan yang lain.

>>> Jangan sampai ketinggalan berita seputar mobil, tongkrongin terus cintamobil.com

Lalu, bolehkan konsumen membeli dengan harga Off The Road (OFR)?

Jika melihat selisih harga Off The Road (OFR) dan On The Road (OTR) di situs resmi BMW Indonesia, selisih yang terpampang terbilang sangat besar, dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Mobil listrik BMW i8 turut hadir di pameran IIMS 2018

Mobil listrik BMW i8, salah satu solusi mobil ramah lingkungan dari BMW

Meski demikian, BMW tidak memperkenankan konsumen mengambil opsi Off The Road (OFR) sebab itu hanya buat panduan saja. Konsumen yang mau beli tetap dikenakan harga On The Road (OTR) sesuai dengan daerah masing-masing.

>>> Penjualan di IIMS 2018 Tembus 600 Unit, BMW Mengaku Puas

"Cuma sesuai regulasi yang ada, kendaraan yang dimiliki dan turun ke jalan raya harus terikat dengan pajak," tutur Jodie O'tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia.

Senada dengan yang disampaikan Jodie, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan tidak masalah konsumen mau beli mobil dengan harga Off The Road (OFR) asal ada payung hukumnya.

"Karena berdasarkan payung hukum, setiap warga negara wajib bayar pajak kan," tutur Soerjo.

Seorang mekanik BMW sedang melakukan pemeriksaan berbasis komputer

BMW memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas kepada konsumen setianya

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top