Selesaikan Polemik Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin Akan Dibongkar

18/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo setuju akan wacana pembongkaran jalur sepeda di Sudirman-Thamrin untuk selesaikan polemik antara pengguna jalan...

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyetujui usulan pembongkaran Jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Menurut dia, langkah itu untuk menyelesaikan polemik bersepeda di Ibu kota.

>>> Siap-Siap, Ada Usulan Tarif Parkir Mobil di Jakarta Rp 60 Ribu Per Jam

Dibongkar untuk Selesaikan Polemik Pesepeda dan Pengguna Jalan Lainnya

“Kami setuju, untuk masalah permanen akan dibongkar saja. “Kami akan koordinasikan dengan Menteri Perhubungan dan Pemprov DKI,” katanya.” katanya dalam Rapat Kerja bersama Komisi Hukum Dewan, Rabu, 16 Juni 2021 seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

Gambar menunjukan Jalur sepeda

Polisi akan berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan dan Pemprov DKI

Sigit melanjutkan, lembaganya juga akan melakukan studi banding ke beberapa negara lain untuk belajar mengenai lajur sepeda dan aturan yang mengaturnya. Selain itu, menurut mantan ajudan Presiden Joko Widodo ini, kepolisian juga akan menggelar rapat bersama ihwal aturan. Yang akan dibahas nanti, kata dia, mengenai jam penggunaan sepeda, serta luas wilayahnya.

Gambar menunjukan Polisi di jalan

Polisi akan melakukan studi banding ke beberapa negara lain mengenai lajur sepeda dan aturannya

Selain itu Sigit juga akan menugaskan Kapolda di luar Jakarta untuk melakukan pembahasan mengenai jalur sepeda. Misalnya, kata dia, membahas mengenai lajur sepeda yang akan tetap ada, pembatasan waktu bebas bersepeda. Semua hal itu dilakukan agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

>>> Mitos-mitos Ban yang Perlu Anda Ketahui

Uji Coba Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan uji coba jalur road bike Sudirman-Thamrin pada Senin (7/6/2021) lalu. Dalam uji coba ini telah diterapkan sepanjang pekan dari Senin sampai Jumat.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa uji coba ini dimulai sejak pukul 05.00 hingga 06.30 WIB. Syafrin melanjutkan bahwa para road biker akan diminta melintas di jalur kiri, tepatnya di sebelah jalur sepeda permanen yang ada di Sudirman-Thamrin.

“Mulai hari Senin, akan dilaksanakan uji coba lintasan atau jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin mulai pukul 05.00-06.30 WIB. Uji coba akan dilakukan selama satu pekan, Senin-Jumat akan ada lintasan untuk jalur road bike,” ungkap Syafrin.

“Pada tahap uji coba awal pengguna road bike nanti akan menggunakan jalur sebelah kiri. Di sebelah jalur sepeda permanen, ada jalur kiri, dan pesepeda road bike akan diarahkan melintasi jalur kiri tersebut,” tutupnya.

>>> Pasang Kaca Film Cool N Lite Bisa Dapat Mobil sampai Sepeda Brompton!

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top