Selamat Jalan Sergio Marchionne, Sang Juru Selamat Fiat!

26/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Selamat Jalan Sergio Marchionne, Sang Juru Selamat Fiat!
Kabar duka datang dari Fiat Chrysler Automobiles. Baru saja digantikan, mantan Chief Executive Officer Fiat Chrysler, Sergio Marchionne meninggal dunia pada umur 66 tahun.

Kabar kematian Sergio Marchionne dikonfirmasi pada hari Rabu, (25/7) oleh Exor NV, perusahaan induk dari keluarga Agnelli yang mendirikan Fiat, hanya beberapa hari setelah ia digantikan dari jabatan sebagai CEO karena masalah kesehatan. Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, kesehatan Marchionne tiba-tiba menurun setelah komplikasi akibat operasi bahu.

Marchionne telah merencanakan untuk meninggalkan Fiat pada 2019. Tapi karena kesehatan yang memburuk, pada 21 Juli lalu posisinya sebagai CEO Fiat Chrysler Automobiles (FCA) digantikan oleh Mike Manley, Kepala Merek Jeep dan Ram.

Gambar yang menunjukan Sergio Marchionne, mantan CEO Fiat yang meninggal dunia hari ini

Sergio Marchionne meninggal dalam usia 66 tahun akibat komplikasi akibat operasi bahu

Perubahan internal terjadi pada FCA setelah penggantian Marchionne. Louis C. Camilleri mengambil alih Ferrari sedangkan Suzanne Heywoon menggantikan Marchionne sebagai bos CNH Industrial NV, perusahaan pembuat truk dan peralatan pertanian.

>>> Mengintip layanan VVIP dari recall Bugatti Chiron

Sang penyelamat Fiat

Lahir pada 17 Juni 1952 di Chieti, sebuah kota yang terletak di puncak bukit dekat Laut Adriatik di Italia tengah, Marchionne senior bekerja sebagai seorang polisi lokal. Ketika Sergio berumur 14 tahun, keluarganya pindah ke Toronto.

Dipilih sebagai CEO Fiat SpA pada Juni 2004, Marchionne mengambil alih pabrikan Italia tersebut dan menyelamatkannya dari jurang kebangkrutan. Marchionne menjadi CEO kelima Fiat menggantikan Giuseppe Morchio yang meninggalkan hutang lebih dari 6 milyar Euro, atau lebih dari Rp100 trilliun untuk Fiat.

>>> Tertarik membeli mobil terbaru? Klik disini untuk informasi selanjutnya

Gambar yang menunjukan profil Sergio Marchionne sebagai CEO Fiat

Sergio Marchionne berperan besar sebagai penyelamat Fiat dari kebangkrutan

Tahun 2005, Marchionne mengembalikan pundi-pundi keuntungan perusahaan setelah meraup $2 milyar dari aliansi dengan General Motors Co, memperkenalkan model baru, dan mengembalikan posisi Fiat sebagai salah satu perusahaan otomotif ternama di dunia hanya dalam kurun waktu 18 bulan.

>>> Dapatkan berita informatif pasar mobil dunia hanya di sini

Tahun 2009, di bawah pemerintahan Barack Obama, Pemerintah AS mengumumkan bahwa Fiat akan mengambil kendali Chrysler LLC dan menyelamatkan perusahaan Amerika tersebut dari kebangkrutan. "Saya tidak peduli betapa sulitnya dia bekerja, dia menyelamatkan perusahaan kami," kata Cass Burch, dari diler Chrysler dan Jeep di Georgia. "Dia layak [mendapatkan] patung perunggu."

Gambar yang menunjukan Sergio Marchionne ketika bersama tim balap Ferrari

Sergio ketika masih menjabat sebagai CEO Ferrari dan Fiat

13 Oktober 2014 merupakan hari bersejarah dimana ia mengukuhkan debut Fiat Chrysler Automobiles NV, perusahaan di London yang diciptakan setelah Fiat mengambil alih perusahaan pembuat mobil asal Detroit tersebut. Selama masa jabatannya di Fiat, Marchionne meningkatkan nilai perusahaan lebih dari 10 kali lipat dengan melakukan restrukturisasi bisnis mobil dan memisahkan aset.

Marchionne meninggalkan pasangannya saat ini, Manuela Battezatto, yang bekerja di kantor pers Fiat serta serta anak-anaknya, Alessio Giacomo dan Jonathan Tyler dari mantan istrinya, Orlandina.

>>> Berita terbaru dan terlengkap dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top