Selamat Jalan! Ini Dia 15 Mobil yang Akan Diberhentikan 2019 Nanti

14/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Selamat Jalan! Ini Dia 15 Mobil yang Akan Diberhentikan 2019 Nanti
Pasar otomotif selalu berkembang. Ada yang datang dan ada yang pergi. Dengan bergantinya tahun, berikut beberapa mobil yang akan diberhentikan atau di-stop produksinya, khususnya untuk pasar Amerika.

Tergantung pada segmennya, siklus hidup kendaraan biasanya singkat. Sebagian besar perusahaan harus menyegarkan atau memperbaiki mobil mereka. Namun tidak jarang mobil yang akan diberhentikan. Dan 15 deretan mobil ini tidak akan diproduksi lagi tahun depan. Deretan tersebut khusus untuk wilayah Amerika, namun tidak menutup kemungkinan menyebar ke wilayah lainnya.

1. Alfa Romeo 4C Coupé

Gambar Alfa Romeo 4C Coupe berwarna putih

Alfa Romeo akan membunuh coupé sporty ini

Mulai dari Alfa Romeo 4C Coupé yang menampilkan profil cantik dan kinerja bertenaga. Mesin empat silinder turbocharged yang mampu memompa 237 daya kuda dengan percepatan 4.2 detik dalam 100 km/jam in tidak mampu menghindarkan mobil ini dari penghapusan produksi. Hanya tiga tahun setelah diluncurkan, Alfa Romeo membunuh coupé sporty ini untuk selamanya.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Alfa Romeo Giulia 2019

2. Cadillac ATS Sedan

Gambar Cadillac ATS Sedan berwarna hitam

Kurangnya minat untuk sedan membuat Cadillac mematikan ATS Sedan

Karena perubahan pabrik dan retooling ekstensif dari GM Technical Center di Warren, Michigan, Cadillac ATS Sedan menghilang setelah tahun model 2018. ATS Coupe akan bertahan selama beberapa tahun lagi, masih dengan pilihan mesin Turbo 2.0 Liter bertenaga 272 daya kuda dan 400 Nm torsi, 3.6 liter V6 berkekuatan 335 daya kuda dan 385 Nm, serta V6 twin-turbo oleh ATS-V dengan 464 dk dan 603 Nm torsi.

>>> Inilah 9 Negara Dengan Harga Mobil Paling Mahal, Indonesia Salah Satunya

3. Chevrolet City Express

Gambar Chevrolet City Express berwarna silver

Tidak sama dengan Nissan NV200, City ekspress akan diberhentikan

Pada bulan Juli, GM mengumumkan keberangkatan van City Express yang baru dipasarkan sejak 2014, pada akhir tahun. Tidak seperti Nissan NV200 yang berbagi platform dengan City Express, mobil ini tidak mendapatkan kesuksesan penjualan mitra Jepangnya; Chevrolet hanya menjual kurang dari 30.000 unit City Express sejak debutnya.

>>> Ingin update harga Chevrolet terbaru dan terlengkap, klik link di sini

4. Chevrolet Cruze

Gambar Chevrolet Cruze berwarna merah

Cruze akan diistirahatkan, dengan ada kemungkinan dikembalikan

Setelah sepuluh tahun di pasar, Chevrolet menghentikan Cruze. Saat peluncuran, mobil kompak itu bersaing dengan pemimpin pasaran seperti Honda Civic. Pada tahun 2015, Chevrolet sudah menjual lebih dari 3.5 juta unit. Tetapi dengan lebih banyak crossover dan SUV, perusahaan sudah menempatkan Cruze untuk beristirahat. Setidaknya untuk sekarang.

>>> ‘Misteri’ Chevrolet Captiva Generasi Kedua, Kembaran Baojun 530

5. Chevrolet Volt

Gambar Chevrolet Volt berwarna silver

Salah satu mobil hibrida pertama dari jenisnya, Volt

Seperti Cruze, Chevrolet Volt memberikan dampak besar pada debut tahun 2010. Salah satu hibrida pertama dari jenisnya dan penjualan yang kuat pada tahun pertama produksinya. Menyusul penyegaran tahun 2016, catatan sejarah 100.000 unit terjual pada tahun yang sama. Penurunan penjualan membebani Volt, sehingga GM memutuskan untuk menghentikan mobil ini.

>>> Dapatkan berbagai berita pasar mobil lainnya hanya di sini

6. Ford C-Max Hybrid/Energi

Gambar Ford C-Max Hybrid/Energi berwarna silver

C-Max Hybrid/Energi akhirnya hanya untuk Eropa

Muncul pertama kali di Eropa tahun 2003, dan AS pada tahun 2012, tidak pernah ada hibrida terpanas terjual di Amerika selain mobil ini. Namun setelah enam tahun penjualan yang cukup suram – Ford hanya menjual 6.600 unit di AS tahun ini – mobil ini diberhentikan menyusul penghentian beberapa mobil Ford lainnya.

>>> Baca juga: [Infografik] Sang Pencipta Mobil Hybrid Pertama, Ferdinand Porsche

7. Ford Fiesta

Gambar Ford Fiesta berwarna biru

Muncul dengan sambutan hangat, mobil mini ini akhirnya hanya untuk Eropa

Hatchback mungil ini muncul di Amerika Serikat pada tahun 2011 dengan sambutan hangat. Namun setelah facelift tahun 2013, Ford menghadirkan model ST. Setelah tujuh tahun, Fiesta akan menghilang. Namun pembeli di Eropa masih bisa mendapatkannya.

Ingin melihat langsung Ford Mustang GT Facelift 2018 terbaru. Bagaimana perkembangan mobil legendaris tersebut?

>>> Diberhentikan, padahal Ford Fiesta 2019 baru saja diperkenalkan, ini reviewnya

8. Ford Focus

Gambar Ford Focus berwarna merah

Dimatikan di Amerika, Ford membawa Focus ke Eropa

Focus juga tak luput dari penghentian yang diberlakukan Ford akhir tahun ini. Meskipun menjadi salah satu jajaran kendaraan paling laris, mobil ini akhirnya menyerah. Setelah 2018, Ford hanya akan menawarkan Focus empat dan lima pintu di Eropa secara eksklusif.

>>> Sama seperti Fiesta yang baru diperkenalkan, ini dia review Ford Focus 2019

9. Ford Taurus

Gambar Ford Taurus berwarna putih

Bersejarah, namun akhirnya Ford Taurus harus dimatikan

Anda bisa melihat sedan Ford Taurus sebagai mobil polisi yang dipakai di Indonesia. Namun setelah lima generasi dan lebih dari 30 tahun di pasar, Taurus sudah tidak lagi mendapatkan pembaruan. Menjadi penyelamat Ford dari kebangkrutan tahun 80-an, Taurus tidak bisa bertahan. Penurunan penjualan selama empat tahun merupakan salah satu alasannya.

10. Lincoln MKT

Gambar Lincoln MKT berwarna silver

Lincoln MKT juga akan tersingkir tahun depan

Karena Lincoln ingin mengubah seluruh jajarannya, berarti menyingkirkan sejumlah kendaraan. Dalam hal ini, Lincoln MKT meninggalkan pasar untuk selamanya pada tahun 2018. Sedangkan Aviator baru diperkenalkan untuk menggantikan MKT yang sudah ketinggalan jaman.

>>> Ingin mencari mobil baru lainnya? Dapatkan listingnya di sini

11. Lincoln MKX

Gambar Lincoln MKX berwarna silver

Tidak dimatikan, mobil mewah Lincoln MKX hanya akan berganti nama

Jika dibandingkan dengan mobil lain dalam list in, Lincoln MKX tidak sepenuhnya mati. Mobil ini mendapatkan nama baru dengan perubahan yang signifikan. MKX keluar dari segmennya untuk memberi jalan pada Lincoln Nautlus yang sepenuhnya baru; mendapatkan gril baru serta perubahan styling dan pilihan mesin segar untuk model tahun 2019.

12. Nissan Juke

Gambar Nissan Juke berwarna kuning

Nissan Juke yang dianggap terlalu unik juga tidak disukai di Amerika

Memulai debutnya pada tahun 2011, tidak terlalu mengherankan jika Nissan mematikan Juke, setidaknya di Amerika. Tidak mendapatkan pasar yang cukup, mobil ini akan digantikan oleh Nissan Kicks yang lebih biasa. Namun Nissan masih mempercayakan Juke untuk tampil di pasar Eropa.

Budget Rp 200-300 juta saat ini kerap membuat bingung calon konsumen ingin membeli mobil. Namun, dengan menambah sedikit budget Anda, tersedia pilihan MPV Premium dan salah satunya Nissan Serena Highway Star 2016.

>>> Review Nissan Juke 2011, Ketika Benci Dan Cinta Bercampur Jadi Satu

13. Toyota Corolla iM

Gambar Toyota Corolla iM berwarna putih

Tampilan sangar Toyota Corolla iM di Raleigh, Amerika

Seperti iA, Toyota Corolla iM yang dibuat untuk pasar Amerika dan memulai debutnya pada Los Angeles Auto Show 2014 hidup sebagai bagian dari Scion. Sekarang dengan lencana Toyota, mobil ini berakhir untuk memberikan jalan bagi facelift hatchback Corolla.

14. Toyota Yaris iA

Gambar Toyota Yaris iA berwarna silver

Yaris iA tidak dimatikan, tetapi digantikan dengan nama baru

Toyota tidak benar membunuh mobil ini, tetapi mengubah sedan yang dibangun dari platform Mazda ini menjadi Yaris Sedan. Yaris Sedan yang baru tidak akan mendapatkan sekadar perubahan nama, tetapi bergabung dengan saudara lima pintunya.

Video ini kami persembahkan untuk Anda keluarga Indonesia yang mengidamkan sebuah MPV 7-seater. Salah satu pilihan yang paling menggiurkan adalah Toyota Kijang Innova G tahun 2016.

15. Volkswagen Touareg

Gambar Volkswagen Touareg berwarna hitam

SUV Touareg juga tidak bisa menahan laju pemberhentian dari Volkswagen

Ketika VW mengubah jajarannya, lengkap dengan platform MWB terbaru, tiga baris Touareg mendapatkan perubahan. SUV yang memulai debutnya pada tahun 2002 mampu bertahan 16 tahun di Amerika. Sekarang digantikan oleh Tiguan yang tumbuh di Amerika Serikat, tetapi Touareg malah mendapatkan tampilan yang lebih segar di Eropa.

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top