Ford EcoSport, Riwayatmu Kini

12/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kalah saing di Amerika Serikat dan tutup pabrik karena rugi, akhirnya Ford mengucapkan selamat jalan Ford EcoSport yang mengisi segmen pasar SUV kompak

Ford mulai memasarkan SUV kompak Ford EcoSport pada tahun 2012 untuk wilayah India, Jepang, Taiwan, Australia, Afrika Selatan dan sebagian Eropa. Indonesia kebagian EcoSport pada tahun 2014 dan masuk pasar Amerika Serikat pada tahun 2017.

Awalnya, Ford Amerika Serikat memposisikan EcoSport sebagai pengganti Fiesta. Maklum saja, segmen pasar sedan-hatchback di Amerika Serikat terus menciut, sementara segmen pasar SUV membesar. 

>>> Ford Ranger 2022 Siap Masuk Pasar Global 

Kalah Saing

gambar ford ecosport

Sulit bersaing dan mundur dari segmen pasar  SUV kompak

Sayangnya, EcoSport  kalah bersaing di pasar Amerika Serikat. Beberapa saat setelah Ford EcoSport hadir tahun 2017, bermunculan pesaing baru asal Jepang dan Korea Selatan berupa Honda HR-V, Hyundai Kona dan Kia Soul.

Tawaran produk kompetitor yang lebih memikat bagi konsumen menyebabkan penjualan EcoSport tertinggal jauh. Akhirnya, Ford mengumumkan kepada Detroit Free Press dan mengucapkan selamat jalan pada EcoSport yang akan dipasarkan di Amerika Serikat hingga pertengahan tahun 2022. Kemungkinan besar segmen pasar EcoSport yang kosong akan digantikan oleh Ford Puma (crossover) yang selama ini hanya beredar di Eropa dan Australasian.  

Tutup Pabrik

gambar pabrik ford

Produksi EcoSport berhenti di India, jalan terus di Romania  

Pada tahun lalu, penjualan EcoSport di Amerika Serikat mencapai 60.544 unit dan terus menurun sepanjang tahun 2021. Selain kalah saing, faktor lain yang berkaitan dengan EcoSport adalah penutupan pabrik Ford di India (Sanand dan Chennai). Penyebabnya, Ford India terus merugi hingga lebih dari US$ 2 miliar selama 10 tahun terakhir.  

Penutupan pabrik Ford di Chennai yang memproduksi EcoSport mulai pertengahan tahun 2022 berarti Ford mengucapkan selamat jalan EcoSport. Setelah produksi EcoSport berhenti,  Ford India memfokuskan pada perakitan mesin pick-up Ranger di pabrik Sanand dan menyiapkan impor Mustang untuk negeri Bollywood tersebut. Pada sisi lain, produksi EcoSport di Romania tetap berlanjut sehingga penjualan di benua biru tersebut jalan terus.      

>>> Ford Bronco Terbaru Sajikan Warna Ikonik Khas Tahun 1970-an

Ford EcoSport di Indonesia

Ford EcoSport pertama kali hadir di Indonesia pada pertengahan tahun  2014. Diproduksi oleh  Ford Thailand, EcoSport masuk sebagai unit CBU melalui bendera PT Ford Motor Indonesia (FMI).

Sayangnya, kiprah  EcoSport di Tanah Air berakhir setelah FMI keluar dari Indonesia  pada tahun 2016 dan mengucapkan selamat jalan Ford EcoSport. Di pasar mobil bekas, harga EcoSport berkisar Rp 100 juta – Rp 150 juta.  

>>> Ford Punya Kit untuk Konsumen yang Ingin Rakit Mobil Listrik Sendiri

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top