Selain Turun, Aturan PPnBM Berdasarkan Emisi Juga Bikin Harga Mobil Naik

31/12/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Selain Turun, Aturan PPnBM Berdasarkan Emisi Juga Bikin Harga Mobil Naik
Aturan PPnBM berdasarkan emisi dan konsumsi BBM memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap harga mobil. Selain turun, ada juga beberapa yang justru naik.

Aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi dan konsumsi bahan bakar mobil memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap harga jual kendaraan roda empat di Tanah Air. 

Setiap mobil dengan kategori tertentu, harus memenuhi persyaratan kadar emisi dan konsumsi BBM yang telah ditentukan. Asalkan emisinya kecil dan konsumsi BBM-nya rendah maka harganya bisa turun drastis.

Toyota Camry Hybrid

Mobil hybrid Toyota ketiban 'untung' berkat aturan PPnBM berdasarkan emisi

>>> Harga Toyota Fortuner 4x4 Turun Rp 46 Jutaan, Bakal Makin Laris?

Ada yang Turun Ratusan Juta

Begitu pula bila hasil pengujian mobil menghasilkan emisi gas buang di atas batas yang ditentukan maka akan dikenakan pajak lebih besar. 

Contohnya saja mobil elektrifikasi jenis hybrid yang bisa mengalami penurunan harga hingga ratusan juta rupiah. Tak ketinggalan mobil seperti Toyota Alphard tipe 3.5Q juga turun signifikan hingga nyaris Rp 450 juta. 

Pun demikian dengan mobil 4x4 mengalami penurunan harga hingga puluhan juta rupiah karena aturan PPnBM yang berlaku per 16 Oktober 2021 tersebut. Mobil jenis sedan juga mendapat angin segar berkat penerapan aturan PPnBM baru itu. Selain Toyota, Mazda juga mencatat penurunan harga berkat kebijakan PPnBM berdasarkan emisi dan gas buang. 

Gambar Mazda6 Sedan

Jajaran mobil Mazda juga alami ubahan harga

Mazda6 Sedan tercatat mengalami koreksi harga paling besar, dari sebelumnya dibanderol Rp 729,9 juta, kini mobil tersebut dihargai Rp 639,9 juta yang berarti penurunan Rp 90 juta.

Menariknya, Mazda3 Sedan yang tadinya lebih mahal dari versi Hatchback kini justru menjadi lebih murah. Sebelumnya mobil tersebut ditawarkan dengan harga Rp 568,8 juta. Namun, setelah PPnBM berdasarkan emisi gas buang berlaku, kini mobil Sedan itu dibanderol Rp 489,9 juta.

>>> Keunggulan Toyota Vios, Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Besar

Ada Juga yang Harganya Malah Naik

Tapi tak semua mobil harganya turun karena aturan PPnBM berdasarkan emisi ada juga beberapa model yang justru harganya naik karena tak memenuhi persyaratan. 

Jajaran mobil yang dimiliki Toyota misalnya mengalami peningkatan harga akibat aturan PPnBM baru tersebut. Dalam daftar harga yang diterima tim Cintamobil pada Oktober lalu, mobil seperti Kijang Innova, Innova Venturer, Vellfire 2.5L, Fortuner 4x2, hingga Hiace Premio mengalami kenaikan. Kenaikannya bervariasi, paling rendah mulai Rp 5,3 juta hingga yang tertinggi Rp 50,35 juta. 

Sejumlah model SUV Mazda juga mengalami kenaikan harga.Contohnya CX-8 yang tadinya dijual dengan harga Rp 759,9 juta, kini dibanderol Rp 768,8 juta.

Sementara untuk mobil yang masih mendapatkan insentif PPnBM hingga 31 Desember 2021, tak mengalami ubahan harga sama sekali. Harga baru berlaku 1 Januari 2022, itupun kalau tak ada kebijakan perpanjangan diskon PPnBM yang tengah diusulkan bisa permanen. 

>>> Review Toyota Fortuner Legender 2020: Fortuner yang Paling Wah

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top