Selain Plat L dan W, Kendaraan Masuk Surabaya Diperiksa Ketat

30/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Polrestabes Surabaya membatasi akses masuk kendaraan ke dalam kota. Selain plat L dan W akan dilakukan pemeriksaan ketat di pos yang telah disediakan.

Larangan mudik lebaran 1442 H bertepatan dengan Operasi Ketupat 2021. Di Jawa Timur Operasi Ketupat Semeru 2021 digelar Satlantas Polrestabes Surabaya. Dan sebagaimana instruksi Kakorlantas Polri operasi dilakukan dengan persuasif humanis.

"Operasi Ketupat 2021 adalah operasi kemanusiaan, tindakan di lapangan harus persuasif humanis," kata Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono saat mengecek kesiapan pos Operasi Ketupat Satlantas Polrestabes Surabaya di Bundaran Waru, Surabaya, Kamis (29/4/2021).

Pembatasan kendaraan

Operasi Ketupat Semeru 2021 kali ini Polrestabes Surabaya fokus pada protokol kesehatan dan pembatasan kendaraan. Sejumlah pos Operasi Ketupat dan Pos Penyekatan sudah siap di sejumlah titik.

"Para Kapolres menyatakan siap siaga. Dan sudah kita cek titik-titik penyekatan baik personilnya, sarana prasarana, cara bertindak di lapangan, koordinasi lintas sektoral sangat bagus," kata Kakorlantas.

>>> Simak Daftar Titik Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Foto Kakorlantas Polri saat mengecek kesiapan check poin di Surabaya, (29/4/021)

Kepolisian serius mengawal larangan mudik lebaran 2021

Terkait dengan pembatasan kendaraan seluruh jalur akan diawasi, bahkan hingga jalur tikus yang menjadi alternatif pengendara. Di masa larangan mudik pada 6-17 April 2021 kendaraan yang melintas bakal diawasi ketat.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Candra menuturkan kendaraan yang masuk Surabaya bakal dipisah jalurnya antara plat L dan W (Surabaya dan Sidoarjo/Gresik) dengan plat nomor daerah lain untuk memudahkan pemeriksaan.

"Kami lakukan pemisahan jalur sesuai dengan plat nomor. Plat nomor L dan W bisa langsung jalan, namun diluar plat L dan W akan disediakan jalur sendiri untuk dilakukan pemeriksaan," kata AKBP Teddy.

Pemeriksaan meliputi surat kelengkapan kendaraan, identitas pengendara (KTP), tujuan ke Kota Surabaya, surat izin keluar masuk (SIKM) serta pemeriksaan barang bawaan di dalam kendaraan bila diperlukan. Disamping itu juga sosialisasi larangan mudik yang bakal berlaku 6-17 Mei.

"Kalau kerja ya harus ada surat keterangan kerjannya. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi larangan mudik bagi masyarakat," jelasnya.

>>> Yuk Pahami Kode Unik Plat Nomor Surabaya

Foto Pemisahan jalur pengendara berdasarkan plat nomor di Bundara Waru Surabaya

Jalur dipisah untuk memudahkan pemeriksaan

Larangan mudik

Seperti diketahui, SE No. 13 Tahun 2021 dari Satgas Covid-19 menetapkan mudik lebaran 2021 ditiadakan. Aturan ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021, namun pengetatan dimulai 2 pekan sebelum dan sepekan setelah masa peniadaan mudik. Berdasarkan Addendum atas SE di atas, masyarakat yang melakukan perjalanan pada 22 April-5 Mei 2021 dan 18-24 Mei 2021 dilakukan pengawasan ketat berupa skrining test oleh petugas.

>>> Larangan Mudik Jadi Tambah Lama, Ini Aturannya!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top