Selain Jakarta Kamera Tilang Elektronik Juga Bakal Ada di Depok dan Bekasi

18/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Selain Jakarta Kamera Tilang Elektronik Juga Bakal Ada di Depok dan Bekasi
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana pasangkan puluhan kamera tilang elektronik di Jakarta saja. Namun Depok dan Bekasi juga akan ikut dipasangkan.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya terus berupaya menambah kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Ditlantas juga menargetkan kamera tersebut tidak hanya dipasang di DKI Jakarta, melainkan di wilayah penyangga lainnya.

>>> Jangan Sampai Salah! Ini Aturan Penggunaan Lampu Hazard pada Mobil

Gambar menunjukan Kamera tilang elektronik

Akan ada 98 titik kamera tilang  elektronik

Depok dan Bekasi Juga Ikut Dipasangkan Kamera Tilang Elektronik

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yugo mengatakan bahwa penambahan kamera E-TLE terus dilakukan jelang peluncuran E-TLE nasional pada 23 Maret 2021. Sejauh ini E-TLE di wilayah hukum Polda Metro Jaya sudah beroperasi sebanyak 57 unit.

“Kesiapan Polda Metro Jaya sendiri yang nanti akan di launching 23 Maret itu kami launching 98 titik kamera tilang  elektronik. Yang 57 sudah existing (terpasang) sekarang ditambah 41 kamera,” terang Sambodo seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

41 kamera baru itu akan disebar baik di ruas jalan tol, jalur busway hingga di wilayah-wilayah yang belum terpasang kamera E-TLE. Termasuk pemasangan di luar Jakarta, seperti kota Depok dan Bekasi.

“(Kamera dipasang) di beberapa ruas Jakarta kemudian ada di 10 koridor TransJakarta ditambah yang ada di jalan tol serta ETLE di Bekasi Kabupaten dan Depok yang juga nanti akan dilaunching bersamaan,” tambahnya.

Selain itu, Kamera tilang elektronik baru ini akan memiliki kelebihan dibanding kamera sebelumnya. Yakni bisa mendeteksi kecepatan kendaraan, hingga pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm.

>>> Pentingnya Melakukan Perawatan Area Roda Mobil

Gambar menunjukan tilang elektronik

Diluncurkan serentak 23 Maret mendatang

Peluncuran Tilang Elektronik Secara Nasional 

Peluncuran E-TLE nasional 23 Maret mendatang merupakan bagian dari agenda 100 hari kerja Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam pembenahan penindakan pelanggaran lalu lintas secara IT di Indonesia. Pada tahap pertama ini, rencananya tilang  elektronik secara nasional akan diterapkan di 12 Polda. Angka itu naik bila dibandingkan rencana awal yang hanya akan diterapkan di 10 Polda dengan total kamera ETLE sebanyak 250 kamera. Berikut di bawah ini 12 Polda yang bakal menerapkan tilang  elektronik nasional tahap pertama.

1. Polda Metro Jaya
2. Polda Banten
3. Polda Jawa Barat
4. Polda Jawa Tengah
5. Polda DIY
6. Polda Jawa Timur
7. Polda Lampung

>>> Kamera Tilang  Elektronik di Helm Polisi Akan di Ujicoba di Jakarta

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top