Selain Geneva Motor Show, Gelaran Ini Jadi ‘Korban’ Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Selain Geneva Motor Show, Gelaran Ini Jadi ‘Korban’ Virus Corona
Penyebaran virus Corona benar-benar memberi dampak masif pada berbagai aspek, tak terkecuali industri otomotif dan motorsport secara global. Selain Geneva Motor Show yang batal, ada gelaran lain yang batal atau ditunda karena merebaknya virus Corona secara global.

Satu minggu jelang pembukaan, Geneva Motor Show resmi dibatalkan setelah pemerintah Swiss mengeluarkan larangan pertemuan publik dalam skala besar, atau setidaknya melibatkan lebih dari 1.000 orang setidaknya sampai 15 Maret 2020 mendatang.

>>> Khawatir Corona, dua pabrik Ferrari ditutup

Tentu saja, hal ini terpaksa dilakukan sebagai tindakan preventif terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19), yang sudah cukup masif masuk ke Italia baru-baru ini. Selain Geneva Motor Show, masih ada beberapa ajang lain yang terkena dampak virus Corona, mulai dari pameran otomotif sampai ajang balap. Untuk lebih jelasnya, simak berita ini sampai habis.

1. Internasional Motor Show

Suasana pameran otomotif Geneva Motor Show 2019

Selain GMS, beberapa motor Show di kawasan Asia juga ditunda akibat wabah Corona

Geneva Motor Show tidaklah sendiri, ada beberapa gelaran lagi yang dibatalkan atau ditunda akibat dampak penyebaran virus Corona yang sangat masif. Salah satunya adalah Beijing Motor Show, ajang yang awalnya akan dihelat pada 21-30 April 2020 ditunda, dengan China Council Promotion of International Trade (CCPIT AUTO) masih mencari tanggal pelaksanaan baru.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil terbaru dan terlengkap di sini

Selain Geneva dan Beijing Motor Show, pameran otomotif lain yang terkena dampak penyebaran virus Corona adalah Malaysia Auto Show 2020 yang direncanakan pada 9-12 April 2020, dan harus mengalami penundaan sampai Juli 2020.

Bangkok Motor Show juga tak luput dari awan kelabu virus Corona, di mana pihak penyelenggara BMS belum memberi konfirmasi lebih lanjut terkait kelanjutan pameran otomotif terbesar di Thailand itu. Jika berjalan sesuai rencana, Bangkok Motor Show akan menggelar konferensi pers pada 5 Maret 2020 mendatang.

2. F1 GP China

Start F1 GP Cina 2019
Sementara itu, F1 GP Australia diprediksi tak akan mengalami penundaan

Setelah sebelumnya menunda balapan Sanya E-Prix, Federasi Olahraga Mobil dan Sepeda Motor Republik Rakyat Cina (CAMF) beserta promotor F1 GP China, Juss Sport, menunda balapan Formula 1 GP China yang semula dijadwalkan pada 17-19 April 2020.

>>> Kabar terbaru seputar pasar mobil bisa Anda lihat di sini

Tanggal penundaan juga belum dipastikan, namun dengan padatnya musim balap Formula 1 2020 dengan 21 balapan (termasuk GP China), rasanya akan sulit mencari jadwal pengganti yang tepat untuk gelaran balap satu ini. Sementara itu, untuk balapan pembuka diprediksi masih akan berlangsung sesuai jadwal di Australia, 15 Maret mendatang.

3. MotoGP Qatar dan Thailand

Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez

Dengan ini, musim MotoGP 2019 baru dimulai di Amerika Serikat April mendatang

Jelang bergulirnya musim MotoGP 2020 yang dimulai akhir pekan ini di GP Qatar, FIM beserta Dorna sebagai promotor memutuskan untuk membatalkan balapan akhir pekan ini di Losail International Circuit. Hal diakibatkan penyebaran virus Corona yang sudah sampai Italia dan Jepang, yang merupakan basis mayoritas tim MotoGP, namun tidak demikian bagi tim Moto2 dan Moto3 yang masih bisa terus balapan karena mereka sudah ada di Qatar untuk menjalani serangkaian tes pekan lalu.

Selain balapan di Qatar, GP Thailand juga akan ditunda setelah Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul, memutuskan untuk menunda balapan di Chang International Circuit, Buriram, yang sedianya dihelat pada 22 Maret mendatang, kemungkinan akan kembali ke jadwal musim lalu, yakni pada bulan Oktober. Dengan batalnya kedua balapan tersebut, praktis musim 2020 baru bergulir di Circuit of The Americas (COTA) yang akan menggelar GP Amerika pada 2-5 April.

Bagaimana dengan dampak penyebaran virus Corona di Indonesia? Seperti kita ketahui, kemarin dua WNI yang tinggal di Depok positif terkena Corona. Alhasil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa mereka tidak akan memberi izin keramaian baru untuk acara dengan jumlah peserta besar. Bahkan Ia juga menyatakan akan meninjau ulang izin keramaian yang sudah diterbitkan.

Apakah ini berarti gelaran otomotif di Indonesia akan jadi ‘korban’ terbaru virus Corona? Sebagai info, dalam waktu dekat akan dihelat GIICOMVEC 2020 pada akhir pekan (5 - 8 Maret 2020) ini dan IIMS 2020 di bulan April mendatang.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top