Selain Fortuner-Innova, Mobil China Ini Juga Bakal Dapat Diskon PPnBM?

18/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Produsen mobil China Wuling menyebut bahwa akan memberikan insentif kepada dua modelnya yakni Almaz dan juga Cortez. Namun belum diketahui jenis insentifnya.

Pemerintah telah merilis daftar 21 model mobil yang bisa mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) atau diskon PPnBM pada periode Maret hingga Desember 2021. 21 mobil tersebut tertuang dalam Kepmenperin No.169 tahun 2021.

Adanya diskon PPnBM ini membuat harga mobil jadi lebih murah. Dengan demikian, konsumen diharapkan mau membeli mobil lagi. Dalam daftar 21 model itu, terselip satu mobil China yakni Wuling Confero.

Wuling Almaz

>>> Ini Satu-satunya Mobil China di Indonesia yang Dapat Diskon PPnBM

Ada Mobil China Lagi yang Dapat Insentif?

Itu juga menjadikan Wuling Confero sebagai satu-satunya mobil merek Tirai Bambu yang bisa menikmati relaksasi PPnBM tersebut. Sisanya diisi oleh merek mobil Jepang. Kabarnya menyusul Confero, bakal ada dua model yang harganya akan turun.

"Sebagai tambahan, Wuling mulai menawarkan insentif untuk Almaz dan Cortez untuk mendorong pemulihan ekonomi sejalan dengan kebijakan PPnBM pemerintah," kata Assistant of President Wuling Motors Han Dehong saat peluncuran New Confero S belum lama ini. 

Belum diketahui dengan pasti insentif seperti apa yang dikenakan pada Almaz dan juga Cortez. Apakah insentif yang dimaksud adalah diskon PPnBM atau pemberian khusus dari pabrikan berlogo lima berlian tersebut. Keduanya memang diketahui dirakit di Indonesia tapi tak disebutkan mendetail besar kandungan lokalnya. Mesinnya pun sudah di bawah 1.500 cc dan masuk dalam segmen 4x2. Secara kriteria, keduanya memenuhi persyaratan mendapat diskon PPnBM dari pemerintah. 

Gambar menunjukkan tampilan belakang Wuling Cortez CT Type S 2020

Wuling menyebut Cortez bakal mendapat insentif

Bisa jadi insentif pada dua mobil China itu berupa diskon PPnBM mengingat pemerintah berencana untuk memperluas relaksasi PPnBM. Sekadar informasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengutarakan bahwa pemerintah tengah mempertimbangkan untuk memperluas deretan kendaraan yang bisa mendapatkan diskon PPnBM. 

Perluasan itu menyasar ke kapasitas mesin hingga 2.500 cc namun yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri minimal 70%. Dengan rencana perluasan ini tentu mobil yang bisa menikmati diskon PPnBM itu akan semakin bertambah.

Wuling Confero

Confero jadi satu-satunya mobil China yang dapat diskon PPnBM

>>> Mobil China di Indonesia dan Ambisinya Menyalip Pabrikan Jepang

Diskon PPnBM Bakal Diperluas

Seperti diketahui ada beberapa mobil bermesin di atas 1.500 cc namun dirakit lokal. Adalah Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova, Honda CR-V, hingga Mitsubishi Pajero Sport. 

Saat ini, relaksasi PPnBM berlaku untuk mesin kendaraan maksimal 1.500 cc, jenis sedan atau 4x2 atau Station Wagon, kapasitas penumpang dibawah 10 orang, dan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70% sekaligus diproduksi di Indonesia. 

"Kita sebetulnya tergetnya adalah untuk yang TKDN-nya 70% jadi memang 1.500 meskipun kemarin saya mendapatkan juga arahan dari presiden untuk menyampaikan kalau di atas 1.500 asalkan TKDN 70% bisa dipertimbangkan jadi kita sedang melakukan penyempurnaan, ini mungkin bisa sampai 2.500 cc," ungkap Sri saaat melakukan rapat kerja dengan DPR.

>>> Mau Beli Mobil Bekas Merek China? Intip Dulu Nih Harganya

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top