Selain di Jateng, 8 Pintu Tol di Jatim Tutup Jelang Libur Panjang

14/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Polda Jawa Timur menutup pintu tol di Jatim hingga 20 Juli 2021 dalam rangka membatasi mobilitas warga dan memaksimalkan PPKM Darurat jelang libur panjang.

Upaya memaksimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat jelang libur panjang dan Hari Raya Idul Adha dilakukan Polda Jawa Timur dengan menutup sejumlah pintu tol di Jatim, khususnya untuk akses dari arah barat (Jawa Tengah).

"Masih tingginya mobilitas dari arah barat, makanya kita tutup dulu," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, (14/7/2021).

Tutup 8 pintu tol

Secara keseluruhan ada 8 pintu tol di Jatim atau gerbang tol (GT) yang sudah dilakukan penutupan, yaitu GT Pakis, GT Madyopuro, dan GT Lawang yang ditutup sejak 7 Juli 2021. Lalu GT Sidoarjo dan GT Purwodadi ditutup mulai 12 Juli 2021. Kemudian GT Tembelang (Jombang) ditutup mulai 14 Juli 2021. Kendaraan yang dari luar Jombang tidak bisa masuk, namun yang keluar Jombang diperbolehkan.

Dua pintu tol lainnya yaitu pintu tol atau GT Ngawi ditutup sejak 3 Juli 2021 atau sejak awal PPKM Darurat. Terakhir GT Tol Bandar ditutup sejak 15 Juli 2021.

>>> Tol Ngawi-Kertosono, Jadi Jalan Bernada Pertama di Indonesia

Foto Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko

Polda Jatim membatasi akses kendaraan ke Jawa Timur

Menurut Gatot, rencananya penutupan bakal berlangsung hingga 20 Juli 2021. Namun berpotensi diperpanjang jika PPKM Darurat diperpanjang atau ada pertimbangan lain dari atasan.

"Penutupan sampai pemberlakuan PPKM Darurat. Termasuk kalau diperpanjang," kata Gatot.

Adapun alasan tidak semua pintu tol ditutup seperti di Jawa Tengah adalah karena kebijakan tiap daerah berbeda-beda. Jadi, pembatasan aksesnya pun berbeda-beda.

"Iya hanya beberapa. Tidak semua. Karena setiap daerah punya kebijakan sendiri-sendiri sesuai kebutuhannya," jelasnya.

>>> Cari mobil bekas plat nomor Jawa Timur, temukan di sini!

Penutupan pintu tol di Jateng

Sebelumnya Polda Jateng telah memutuskan bakal menutup seluruh pintu tol masuk Jawa Tengah mulai 16 hingga 22 Juli 2021. Hal ini dilakukan untuk mencegah akses masuk kendaraan yang datang dari Jawa Barat dan Jawa Timur pada saat libur panjang weekend dan Hari Raya Idul Adha.

“Terhitung mulai tanggal 16-22 Juli 2021 Polda Jateng akan menutup 27 Pintu Exit Tol serta memperketat 224 Titik Penyekatan/Check Point guna mengurangi kegiatan/mobilitas masyarakat.” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K, dikutip dari laman Tribrata News Jateng, (13/7/2021).

Foto penyekatan di Exit Tol Sidoarjo

Penyekatan dilakukan untuk memaksimalkan PPKM Darurat

>>> Catat! 27 Pintu Keluar Tol di Jateng Tutup Total Pada 16-22 Juli 2021

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top