Selain Avanza-Fortuner, Mobil Toyota Lainnya Bakal Punya Varian GR?

13/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
5 mobil Toyota meluncur di Indonesia dengan mengusung nuansa GR Sport maupun GR Limited. Lalu, akankah model lainnya juga bakal menyusul Avanza-Fortuner?

PT Toyota Astra Motor belum lama ini merilis mobil bernuansa Gazoo Racing (GR) di Indonesia. Bukan cuma satu, melainkan langsung lima mobil sekaligus dihadirkan Toyota dengan menyajikan tampilan sporty. 

Kelima model itu adalah Agya GR Sport, Fortuner GR Sport, Rush GR Sport, Yaris GR Sport, dan Avanza FR Limited. Kehadiran varian GR Sport pada sederet model Toyota itu rupanya menggantikan nuansa sporty yang biasanya tersemat pada model TRD Sportivo.

mobil Toyota

5 mobil Toyota bernuansa GR yang baru dirilis di Indonesia

>>> Toyota GR Yaris Banjir Peminat di Indonesia, Sayang Jatahnya Cuma 126

Mobil Toyota Lain Bakal Punya Varian GR?

Lalu akankah seluruh mobil Toyota yang dijual di Indonesia akan dibekali varian GR? Sayang hal itu belum bisa terjawab saat ini. Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy masih enggan buka-bukaan terkait hal tersebut. 

"Mulai hari ini semua sporty model akan difokuskan di bawah brand TGR ya. Dan ini berlaku nasional, jadi yang mau cari sporty feeling bisa lihat ke Toyota Gazoo Racing. Saya belum bisa komen ya untuk future model," jelas Anton saat dihubungi Cintamobil.

Sebenarnya varian GR Sport ini sebelumnya sudah lebih dulu hadir saat Toyota mengenalkan Raize di Indonesia. Sebelumnya lagi ada GR Supra dan GR Yaris yang lebih dulu dirilis. 

Nyatanya nuansa sporty yang dihadirkan oleh varian GR sanggup memikat hati banyak orang Indonesia. Mobil Toyota GR Yaris misalnya yang justru dibanjiri peminat. Sejak keran pemesanan dibuka pada 25 Maret 2021 dan ditutup pada akhir April, ada 470 konsumen yang memesan Toyota GR Yaris di Indonesia. Padahal, Indonesia hanya kebagian jatah 126 unit saja. 

Toyota GR Yaris

Meski peminatnya membludak, nyatanya Toyota tak lagi mendapat jatah kuota tambahan lantaran GR Yaris memang diproduksi amat terbatas. 

"Jujur, lebih dari 470 customer yang melakukan booking dan ini lebih tinggi dari alokasi suplai yang kita dapatkan," jelas Anton kala itu. 

>>> Bukan Avanza, Mitsubishi Xpander di Vietnam Jadi Rival Toyota Innova

Toyota Raize GR Sport Laris Manis

Menyusul GR Yaris, Toyota juga menghadirkan varian GR Sport pada Raize. Jika melihat pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Raize GR Sport menjadi penyumbang terbesar dibandingkan varian lain dari kembaran Daihatsu Rocky itu.

Sejak perdana diluncurkan akhir April hingga Agustus 2021, Toyota Raize GR Sport terdistribusi sebanyak 2.662 unit. Padahal keseluruhan model Raize pada periode yang sama berhasil terkirim sebanyak 3.911 unit. 

Toyota Raize

Toyota Raize GR Sport

Melihat membludaknya pemesanan GR Yaris dan sumbangsih varian GR Sport pada keseluruhan model Toyota Raize menandakan memang mobil bernuansa sporty tengah digandrungi masyarakat Indonesia.

Itu artinya tak menutup kemungkinan bila mobil Toyota lain bakal memiliki varian GR mengingat bisa berkontribusi untuk meningkatkan penjualan pabrikan Jepang itu di Tanah Air. 

>>> 5 Model Toyota GR Meluncur di Indonesia, dari Avanza sampai Fortuner

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top