Sekuel Initial D Tayang Tahun 2023, Mobil Toyota Ini Jadi Jagoannya

07/01/2022

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Anime legendaris Intial D akan kembali ke layar kaca di tahun 2023. Toyota 86 generasi pertama akan menggantikan Corolla AE86 sebagai mobil protagonis.

Jika Anda mengaku seorang petrolhead, pasti sudah pernah mendengar anime atau manga Initial D. Awalnya, Initial D adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Shuichi Shigeno.

Manga tersebut menceritakan dunia balap liar di Jepang yang berfokus pada balapan di pegunungan yang biasa dikenal sebagai touge dan menekankan teknik mengemudi drifting. Yes, selain sang Drift King, Keiichi Tsuchiya, manga ini turut mempopulerkan drifting secara global.

Gambar Initial D

Initial D mempopulerkan mobil Toyota AE86 dan drifting secara global

Tak hanya itu, Initial D juga membuat Toyota Corolla menjadi sebuah ikon legendaris. Bukan Corolla biasa, melainkan Sprinter Trueno yang biasa dikenal sebagai AE86.

>>> Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Tampil Ramah Lingkungan & Asyik

Toyota Sprinter Trueno Pengantar Tahu

Pengemudi Toyota Corolla Sprinter Trueno tersebut adalah seorang siswa SMA yang merupakan anak seorang penjual tahu. Ia bekerja paruh waktu di siang hari sebagai petugas SPBU dan membantu jualan ayahnya di malam hari.

Takumi bertugas untuk mengantarkan tahu dari toko ayahnya setiap dini hari sebelum matahari terbit dengan mengendarai mobil Toyota tersebut. Ia selalu melewati Pegunungan Akina yang memiliki jalur berkelok sehingga kemampuan mengemudinya pun terasah dengan baik.

Gambar Takumi Fujiwara

Takumi Fujiwara dan mobil pengantar tahu millik ayahnya yang kini menjadi sebuah ikon pop culture

Karena satu dan lain hal (yang terlalu panjang untuk diceritakan di dalam artikel ini), Takumi akhirnya kerap ditantang oleh pebalap jalanan yang sering memacu mobil-mobil mereka di pegunungan tersebut.

Pada intinya, Initial D adalah sebuah kisah underdog di mana sebuah Toyota Corolla Sprinter Trueno yang merupakan mobil 'biasa', mengalahkan mobil-mobil lain yang didesain sebagai mobil kencang seperti Nissan Skyline GT-R atau Mitsubishi Lancer Evolution.

>>> Kolaborasi Game Balap Initial D x Wangan Midnight Rilis 25 Februari

Initial D Kembali dengan 'Jagoan' Baru

Sekuel Initial D bertajuk MF Ghost berlatar belakang di masa kini, di mana mobil listrik dengan kemampuan berkemudi otonom mulai menggantikan mobil-mobil konvensional bermesin bakar.

Meski begitu, ada sekelompok anak muda yang masih mempertahankan budaya balap liar dengan mobil-mobil konvensional tersebut. Suatu ketika, Kanata Livington yang menjadi protagonis utama dari MF Ghost muncul dengan sebuah Toyota 86.

Gambar MF Ghost

Toyota 86 akan menjadi mobil protagonis di MF Ghost

Masih dengan tema underdog, mobil tersebut mampu mempecundangi Supercar seperti Lamborghini Huracan Performante, Ferrari 488 GTB, dan Porsche 911 Carrera. Rupanya, Kanata adalah seorang pebalap berbakat yang merupakan juara Formula 4.

Ia dilatih oleh Takumi Fujiwara, protagonis dari Initial D yang merupakan pebalap touge legendaris di Royal Donington Park Racing School, sekolah balap paling prestisius di Inggris. Kanata pergi ke Jepang untuk menemukan ayahnya yang hilang sejak ia masih kecil.

>>> Temukan Harga Mobil Baru Toyota di Sini

Penasaran seperti apa kelanjutan cerita Kanata dengan Toyota 86 miliknya? Tunggu kehadiran anime sekuel Initial D ini di tahun 2023. Untuk sementara, simak trailer anime MF Ghost di bawah ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top