Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Imbas Aksi Demo, Ini Daftarnya

16/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Imbas Aksi Demo, Ini Daftarnya
Sejumlah rute Transjakarta ikut terdampak dengan adanya aksi demonstrasi yang bakal digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia hari ini.

Rute Transjakarta ikut dialihkan lantaran adanya penutupan sejumlah jalan di Ibu Kota Jakarta untuk mengantisipasi aksi demonstrasi yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini (16/10/2020). 

Sebagai informasi, Ditlantas Polda Metro Jaya menutup arus lalu lintas sekitar istana terkait rencana Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan kembali berunjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja.

arus lalu lintas

Jalan ditutup mengantisipasi demonstrasi

>>> Indeks Kecelakaan Lalu Lintas Indonesia Mengkhawatirkan

Jalan Ditutup Sejak Malam, Rute Transjakarta Dialihkan

Penutupan arus disekitar istana diketahui telah dilakukan sejak semalam. Hal ini dibenarkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Sudah ada (penutupan arus)," kata Kombes Sambodo, Kamis (15/10/2020) malam dikutip dari NTMC Polda Metro. 

Sambodo menyebut, penutupan mulai diberlakukan pada pukul 23.00 WIB. Seluruh ruas jalan dari arah utara, barat, selatan yang akan mengarah ke istana, ditutup.

"(Jalan yang ditutup) Merdeka Barat, Harmoni, Jalan Veteran 3 dan belokan Gambir arah Istana," tambahnya.

bus Transjakarta

Bus Transjakarta rutenya dialihkan

Adapun, rute Transjakarta yang dialihkan rata-rata melintas di kawasan Monas. Berikut daftarnya.

Koridor 1 : Rute Transjakarta Blok M - Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas. Sementara tidak melewati halte Monas dan Bank Indonesia untuk kedua arah.

Koridor 2 : Rute Transjakarta Harmoni - Pulogadung mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas. Untuk sementara tidak melewati halte Monas s/d halte Kwitang.

Rute 1A : PIK - Balaikota mengalami perpendekan rute menjadi PIK - Kota terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas.

Rute 6A : Ragunan - Monas via Kuningan dan rute 6B : Ragunan - Monas via Semanggi sementara mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan - Tosari terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas.

Koridor 2 : Pulogadung - Harmoni mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Juanda. Untuk sementara tidak melewati halte Atrium s/d Pecenongan.

Rute 5C : PGC 1 - Harmoni mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Juanda. Untuk sementara tidak melewati halte Juanda dan Pecenongan.

>>> Sudah Beres Uji Coba, Kapan Bus Listrik Transjakarta Beroperasi?

arus lalu lintas

Rute Transjakarta ikut dialihkan karena ada jalan ditutup

Sementara rekayasa pengalihan arus lalu lintas di kawasan Istana Negara yakni: 

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

>>> Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Dengan Kinerja Terbaik

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Sudah Beres Uji Coba, Kapan Bus Listrik Transjakarta Beroperasi?

12/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Bus listrik Transjakarta sudah selesai dilakukan uji coba melayani masyarakat pada rute tertentu. Lantas kapan bus listrik Transjakarta ini beroperasi?

Lihat juga

Transjakarta Berhenti Beroperasi Sementara Gegara Ada Demo

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Transjakarta memutuskan untuk berhenti beroperasi sementara karena ada aksi demo. Ini dilakukan untuk menjaga fasilitas publik dari sasaran oknum demo.

Lihat juga

Bus Listrik Transjakarta Diharap Tak Senasib dengan Versi CNG

08/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Transjakarta belum lama ini tengah melakukan pengujian bus listrik untuk mengangkut penumpang. Diharapkan nasibnya tak sama dengan bus berbahan bakar CNG.

Lihat juga

Transjakarta Hadirkan 3 Layanan Terbaru Khusus Pelanggan Disabilitas

18/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Transjakarta menghadirkan layanan terbaru khusus pelanggan disabilitas, seperti wastafel portable yang dirancang rendah dan mudah dijangkau meski berkursi roda.

Lihat juga

Transjakarta Pasang 236 Mesin Isi Ulang Kartu Uang Elektronik di 100 Halte

28/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Guna mengurangi kontak langsung Transjakarta memasang 236 mesin isi ulang Kartu Uang Elektronik otomatis di 100 halte. Ditargetkan seluruhnya rampung akhir Agustus 2020.

Lihat juga