Sejarah Perubahan Logo Volkswagen: Dari Swastika Hingga Simpel dan Minimalis 

11/09/2019

Pasar mobil
Share this post:
Sejarah Perubahan Logo Volkswagen: Dari Swastika Hingga Simpel dan Minimalis 
Volkswagen memiliki sejarah panjang sebagai sebuah pabrikan mobil. Dan sejarah perubahan logo Volkswagen pun memiliki cerita tersendiri. Selama lebih dari 80 tahun, logo pabrikan asal Jerman ini sudah berubah sebanyak sembilan kali. 

Selain memulai debut hatchback ID.3 bertenaga listrik baru di Frankfurt Motor Show 2019, Volkswagen juga meluncurkan logo barunya. Logo baru ini adalah pelopor citra VW yang lebih muda, digital, dan modern. Perubahan logo Volkswagen menjadi bagian dari proses elektrifikasi yang akan menjadi bagian dari model VW nantinya.

1. Logo pertama (1937-1939)

logo pertama Volkswagen berwarna hitam

Logo pertama Volkswagen berlambang swatika

Logo Volkswagen pertama oleh Adolf Hitler mencerminkan kelahirannya sebagai “mobil rakyat” untuk menggerakkan masyarakat Nazi Jerman. Inisial Volks dan Wagen disusun dalam lingkaran, dan tertanam dengan roda gigi serta mengembangkan tema grafis yang merupakan interpretasi ulang dari swastika. Desain asli dari Reimspiess yang nantinya menangani desain mesin Beetle.

2. Logo Kedua (1939-1945)

logo kedua Volkswagen berwarna hitam

Perubahan logo Volkswagen pada periode Perang Dunia II

Logo aslinya hanya bertahan dua tahun dan berubah selama periode Perang Dunia II. Referensi ke salib menghilang, namun aksen roda gigi dipertahankan. Desain V dan W menjadi lebih besar dan proporsinya serupa dengan yang saat ini. Keunikan logo ini yaitu ditemukan secara praktis hanya di kendaraan militer.

>>> World Premiere, Mobil Listrik Volkswagen ID.3 Resmi Diluncurkan

3. Logo Ketiga (1945-1960)

logo ketiga Volkswagen berwarna hitam

Ubahan ketika adalah pada masa kejayaan Volkswagen Beetle

Setelah beralih ke priode paskaperang hingga awal tahun 1960-an, inilah logo Volkswagen yang paling lama. Berlangsung selama 15 tahun dan menjadi sangat terkenal. Tidak hanya karena VW Beetle, tetapi karena van T1 yang berbeda. Aksen roda gigi menghilang dan desain huruf melebar. Logo ini langsung dikenali, sederhana, dan sangat proporsional.

>>> Dapatkan review Volkswagen Beetle Final Edition 2019 Indonesia

4. Logo Keempat (1960-1967)

logo keempat Volkswagen berwarna hitam

Satu-satunya logo Volkswagen berbentuk persegi

Logo ini adalah satu-satunya dalam sejarah Volkswagen dengan bentuk persegi. Pada tahun-tahun ini, perusahaan asal Wolfsburg membuka diri ke pasar internasional, terutama masuk ke pasar Amerika Utama. Dan desain baru diperlukan untuk mempertahankan citra yang lebih global. Meskipun tak berlangsung lama.

5. Logo Kelima (1967-1978)

logo kelima Volkswagen berwarna biru

Seperti logo paska perang, namun lebih tipis

Pada akhir 60-an, logo VW berubah dan bagian persegi menghilang dan tak pernah kembali. Desain baru sangat mirip dengan logo paska perang, tetapi lebih tipis. Tidak lagi berwarna hitam putih, warna biru yang digunakan logo mulai muncul hingga hari ini. Ini adalah logo paling esensial dan minimalis dalam sejarah Volkswagen, setidaknya sampai saat ini.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

6. Logo Keenam (1978-1989)

logo keenam Volkswagen berwarna biru

Logo baru untuk menyasar pasar Cina yang potensial

Revolusi VW K70, Golf, dan Passat menjadi bagian dari logo baru Volkswagen pada tahun 70-an. VW mulai tumbuh secara eksponensial dan menuju pasar Cina. Logo baru diperlukan untuk menegaskan kembali target baru VW. Desain grafis dasar dan tampilan dua dimensi tetap sama. Sebagai gantinya, warna terbalik dengan warna biru menjadi latar belakang dan warna putih pada huruf.

>>> Dapatkan berbagai berita pasar mobil terbaru hanya di sini

7. Logo Ketujuh (1989-2000)

logo ketujuh Volkswagen berwarna biru

Ubahan enam menghadirkan proporsi dan warna berbeda

Dalam 11 tahun berikutnya, logo Volkswagen berubah tiga kali. Versi pertama yang bertahan hingga 1995 adalah logo sama yang digunakan antara 1945-1960, tapi dengan warna biru muda. Namun dari 1995-2000, desainnya kembali ke grafik tahun 70-an. Menghadirkan proporsi dan warna yang sedikit berbeda.

8. Logo Kedelapan (2000-2012)

logo kedelapan Volkswagen berwarna biru

Desain baru logo Volkswagen berbentuk tiga dimensi

Masuk ke millennium ketiga, logo VW hadir dalam bentuk tiga dimensi dengan logo baru bertumpu pada platform membulat. Warna biru menjadi kurang intens, terutama pada versi kedua yang hanya berlangsung selama dua tahun, mulai dari 2010 hingga 2012. Sementara itu, proporsi baru mulai diperbaiki.

>>> Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

9. Logo Kesembilan (2012-2019)

logo kesembilan Volkswagen berwarna biru

Dibuat mengandalkan kesan tiga dimensi namun lebih kecil

Logo berikutnya yang sekarang sudah diganti, pada dasarnya adalah versi yang lebih mengandalkan kesan tiga dimensi dan sedikit lebih kecil dibandingkan logo sebelumnya. Ini adalah evolusi utama dari konsep yang mengantarkan Volkswagen ke era baru di mobilitas listrik.

10. Logo Kesepuluh (2019 - )

logo terbaru Volkswagen berwarna biru

Desain mulus nan simpel untuk era digital dan elektrifikasi

Desain baru ini mulai menjadi lebih mulus dibandingkan dua versi terakhirnya. Menghindari bentuk 3 dimensi, tampilannya dibuat minimalis, datar, dan dua dimensi. VW memamerkan desain logo baru di Frankfurt Motor Show 2019. Meskipun terlihat sederhana, proses pengubahan desain sangat kompleks dan melibatkan 19 tim internal dan 17 agensi eksternal dalam proyek tersebut.

>>> Berita otomotif terkini di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

World Premiere, Mobil Listrik Volkswagen ID.3 Resmi Diluncurkan

10/09/2019

Mobil baru

3 menit

Menyusul kesuksesan mobil listrik e-Golf, Volkswagen resmi meluncurkan mobil listrik keduanya, VW ID.3 di Frankfurt Motor Show 2019. Mobil ini juga menjadi mobil listrik pertama yang diluncurkan pasca dihentikannya produksi dan penjualan VW Beetle secara global.

Lihat juga

2.000 Unit Volkswagen Siap Ramaikan Jambore Nasional Emas ke-50 VW Indonesia

10/09/2019

Event - Promosi

2 menit

Setelah lebih dari 25 tahun berdiri, di bawah naungan Volkswagen Indonesia Association (VIA) telah terdaftar 87 Klub dan beberapa komunitas dengan jumlah anggota mencapai 6.000 orang dan jumlah kendaraan sekitar 4.600 mobil VW. Di tahun 2019 ini, Jambore Nasional Volkswagen Indonesia Association (Jamnas VIA) masuk penyelenggaraan ke-50 kalinya.

Lihat juga

Volkswagen ID.R Kembali Pecahkan Rekor Hill Climb, Kali Ini Gunung Tianmen

03/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Rekor demi rekor terus diukirkan mobil prototype Volkswagen ID.R, setelah sebelumnya mematahkan rekor abadi Goodwood, kali ini giliran “Big Gate Road” Tianmen, Cina yang ditaklukkan mobil balap listrik itu.

Lihat juga

Siapkan Teknologi Baru, Volkswagen Buktikan Mesin Diesel Belum Mati

03/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Popularitas mesin diesel kini memang sudah jauh menurun akibat hadirnya teknologi baru seperti hybrid dan elektrik, namun VW mengembangkan sebuah teknologi yang berpotensi mengembalikan pamor mesin yang kini mulai ditinggalkan.

Lihat juga

Volkswagen Tiguan Allspace, SUV Eropa Dengan Cita Rasa Indonesia

27/07/2019

Mobil baru

5 menit

PT Garuda Mataram Motor baru saja memperkenalkan mobil terbaru mereka, VW Tiguan Allspace, yang diklaim memiliki kecocokan dengan pasar Indonesia. Apa saja hal yang membuat mobil ini punya cita rasa khas Indonesia?

Lihat juga