Sejarah Mobil Timor: Jejak Perkembangan Mobil Nasional Tanah Air

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Sejarah Mobil Timor: Jejak Perkembangan Mobil Nasional Tanah Air
Tak pernah padam, sejarah mobil Timor tak pernah lekang sebagai bagian penting perkembangan mobil nasional Tanah Air Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996.

Tommy Suharto atau Hutomo Mandala Putra dilaporkan akan membangun pasar induk modern di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di tempat tersebut pernah berdiri pabrik mobil Timor, mobil yang dimaksudkan sebagai mobil nasional Indonesia. Dan ternyata, sejarah mobil Timor telah terjalin mulai hampir 25 tahun lalu

Awal sejarah mobil Timor

Tak memiliki hubungan dengan Timor Timur, nama Timor sendiri merupakan kependekan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat. Timor resmi diluncurkan pada 8 Juli 1996 di Jakarta. Produksi dan pengembangan dilakukan oleh PT. Timor Putra Nasional (PT. TPN) yang dimiliki oleh Tommy sendiri. Tommy bekerja sama dengan Kia Motors dimana PT TPN akan membuat model Kia Sephia versi Indonesia.

 peluncuran mobil Timor pada tahun 1996
Peluncuran mobil Timor diluncurkan pada 8 Juli 1996

>>> Ini 7 Merek Mobil Pertama di Dunia, Tertua Berumur 240 Tahun!

Dikarenakan fasilitas perakitan yang belum siap, Timor dibuat sepenuhnya di Korea Selatan, lalu diimpor secara utuh ke Indonesia. Dikembangkan sebagai mobil nasional, layaknya Proton di Malaysia, mobil Timor mendapatkan pembebasan pajak barang mewah sebesar 60%, sebagaimana dijelaskan Phillippe Ries dari Asian Storm: The Economic Crisis Examined.

Hal tersebut membuat Timor dijual setengah harga dari mobil di segmen yang sama, yaitu Rp35 juta pada saat itu. Pembebasan pajak ini pun diprotes oleh Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara Eropa lainnya dan dibawa ke World Trade Organization (WTO).

Untuk mengatasi perdebatan ini, WTO memutuskan agar pemerintah Indonesia mencabut keringanan bea masuk serta pajak barang mewah Timor. Dan baru satu tahun setelah debutnya, produksi Timor diberhentikan pada 1997 karena krisis moneter serta masalah lainnya yang menyebabkan Soeharto lengser dari jabatannya sebagai presiden Indonesia.

mobil baru All New Kia Rio 2012 berwarna hitam 
Ternyata, Kia All New Rio merupakan salah satu generasi penerus Timor

Selanjutnya Timor S515/S516 berganti nama menjadi Kia Sephia pada tahun 1999, dan digantikan oleh Kia Shouma hingga tahun 2002. Lalu digantikan oleh Kia Rio dan Kia Spectra. Kia Pride memperbaharui generasi mobil ini pada tahun 2012, hingga setelahnya digantikan oleh Kia All New Rio pada 2012 silam.

>>> Bacalah informasi menarik tentang pasar mobil dengan klik sini

Menilik mobil Timor

Dari berbagai sumber, sejarah mobil Timor pertama kali diperkenalkan tidak hanya dalam satu model badan saja. Timor memiliki beberapa varian, seperti S515, S516i, S513/s2 city car, SL516i Limousine 4 pintu dan 6 pintu serta SW515i berbadan Station Wagon untuk karoseri. Namun Timor versi sedan menjadi varian populer kala itu.

tampilan luar mobil Timor berwarna cokelat 
Tampilan luar Timor S515 dengan lampu tipis

>>> Bimantara & Timor Pernah Jadi Mobil Nasional, Lalu Apa Kabar Esemka?

Tampilan depan eksterior Timor sudah dilengkapi dengan desain lampu yang tipis berbentuk segi empat. Timor S515 juga mendapatkan foglamp untuk membantu ketika berkendara ketika malam hari. Sedangkan S515 SOHC memiliki reflektor yang tersambung pada kedua lampu utama di belakang. Sedangkan S515 DOHC tidak mendapatkan fitur ini.

Masuk ke bagian dalam, dashboard Timor terlihat cukup modern untuk sedan kala itu. Konsol tengah memiliki kontrol AC serta sistem audio. Panel instrument terbilang konvensional di balik lingkar kemudi yang masih polos. Tapi sayangnya, dashboard masih menggunakan material plastik keras. Sebagian pemilik menggunakan kaca film untuk menolak paparan sinar matahari dari kaca depan.

dashboard mobil jadul Timor berwarna beige
Bagian dalam Timor cukup modern kala itu

Timor mendapatkan fitur yang cukup mentereng dibandingkan mobil lain yang dipasarkan pada tahun 90-an. Anda sudah mendapatkan sistem audio single din yang mampu memutar kaset dan radio AM/FM, serta password sebagai fitur keamanan pada head unit. Sabuk keselamatan tiga titik, rem cakram hingga crumple zone dan side impact beam yang mampu meredam benturan ketika terjadi kecelakaan.

>>> Review Timor S515 1996: Sejarah Mobil Nasional Terbaik di Eranya

Timor yang tak ditinggal penggemarnya

23 tahun sejak terakhir diproduksi, ternyata tak membuat pamor Timor sebagai kendaraan nasional memudar. Sejarah mobil Timor masih tercatat sebagai salah satu usaha pemerintah Indonesia memproduksi mobil nasional. Selain itu, Anda masih bisa melihat mobil ini yang digunakan oleh klub mobil khusus Timor, seperti Semarang Timor Club atau Mobil Timor Community.

mobil bekas Timor berwarna biru 
Populasi Timor masih banyak tersedia di pasar mobil bekas Tanah Air

>>> Beyond Wonderful Indonesia: Touring Pertama Toyota Melewati Indonesia-Timor Leste

Dilansir dari berbagai sumber, Timor memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya fitur yang tak kalah dengan sedan lain di kala itu. Selain itu, komponen Timor masih bisa ditemui dengan mudah. Meskipun tak lagi diproduksi, Anda bisa mendapatkan suku cadang Timor dari mobil lain. Karena Timor memiliki banyak kesamaan dengan Mazda, terlebih Mazda Astina karena menggunakan mesin yang hampir sama.

Jika Anda menemukan Timor dengan kondisi yang bagus, sejarah mobil Timor akan memberi nilai historis tersendiri bagi mobil ini. Saat ini, Anda masih bisa mendapatkan berbagai model Timor di pasar mobil bekas Tanah Air. Mobil ini tersedia dalam berbagai bodi, dimana varian sedan dibanderol dalam rentang Rp25 jutaan hingga Rp40 jutaan. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top