Sejarah Mobil Porsche Type 64: Mobil Pertama Porsche yang Bukan ‘Porsche’

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejarah Mobil Porsche Type 64: Mobil Pertama Porsche yang Bukan ‘Porsche’
Rumah lelang RM Sotheby tahun lalu berencana melelang Porsche Type 64 yang disebut sebagai Porsche pertama. Namun sejarah mobil Porsche Type 64 sebagai mobil pertama terjadi karena sebuah logo.

Beberapa waktu lalu, Type 64 yang disebut sebagai mobil pertama Porsche dilelang oleh rumah lelang RM Sotheby. Namun beberapa ahli menyebutkan bahwa mobil ini bukanlah mobil pertama Porsche. Ternyata, hal ini berurusan dengan logo Porsche yang ditanamkan pada mobil ini. Lalu, bagaimana sejarah mobil Porsche Type 64 sebagai karya awal Ferdinand Porsche?

1. Sejarah mobil Porsche Type 64

RM Sotheby ketika memasarkan mobil ini menyebutkan Type 64 adalah ‘mobil tertua yang memakai logo Porsche”. Mengutip ahli Porsche, Andy Prill mengungkapkan bahwa “ini adalah yang paling signifikan secara historis dari semua mobil Porsche dan sungguh luar biasa menemukan Porsche tertua dalam kondisi asli.”

Type 64 memiliki bodi alumunium yang ringan. Ferdinand Porsche memanfaatkan teknologi yang kemudian digunakan untuk membuat pesawat terbang pada Perang Dunia II untuk membuat sasis dan bodi yang lebih padu. Mobil ini dibangun dengan mesin empat-segaris berpendingin udara disetel ke 40 daya kuda serta menggunakan drivetrain dan suspensi yang sama dengan Volkswagen Type 1.

Porsche Type 64 berwarna biru di jalanan 
Volkswagen Type 1 yang dikembangkan oleh Ferdinand Porsche

>>> Kalahkan Porsche Taycan, Peugeot 208 Terpilih Menjadi Mobil terbaik Eropa 2020

Pada tahun 1939, sebagai bagian dari upaya propaganda Hitler, sebuah perlombaan balapan direncanakan antara Berlin dan Roma. Maka Ferdinand Porsche menciptakan versi balap KdF-Wagen atau People’s Car (Mobil Rakyat), untuk rapat umum untuk Partai Nazi. Dengan bodi yang ramping dan ringan serta lebih dari 2.000 paku, mobil ini mendapatkan teknologi pesawat untuk membuatnya menjadi mesin balap.

Porsche Type 64 berwarna biru yang sudah direstorasi Sotheby 
Sejarah mobil Porsche akhirnya direstorasi beberapa waktu lalu

>>> Review Porsche 911 Carrera S 2019: Futuristik Namun Tetap Klasik

Porsche melihat potensi mobil balap berdasarkan desain mesin belakang KdF-Wagen. Memiliki mesin di belakang menambah bobot pada roda yang mendorong mobil, membantu traksi saat berada di jalan yang licin dna saat berakselerasi. Di tangan seorang pengemudi handal, sebuah mobil bermesin belakang juga bisa berbelok dengan kencang tanpa beban mesin di belakang menarik hidung mobil.

Sebelumnya, Volkswagen awalnya meminta tiga model mobil balap Type 64. Tak lama setelah yang pertama selesai, Perang Dunia II pecah dan proyek ini dilupakan. Pemerintah Jerman akhirnya mengambil kepemilikan Type 64 pertama. Sang putra, Ferry Porsche memutuskan bahwa dia akan membuat dua versi, Type 64 #2 dan Type 64 #3 yang direstorasi dari kerangka Type 64 #1 yang rusak.

interior Porsche Type 64 berwarna beige 
Tampilan dalam Porsche Type 64 yang sudah direstorasi

Type 64 #2 sayangnya hancur dalam perang, tetapi 64 #3 selamat. Karena itu, Ferry dan ayahnya Ferdinand menjadikan mobil ini sebagai kendaraan keluarga yang sering mereka gunakan. Setelah mereka mendaftarkan perusahaan mereka – Porsche – di Austria pada 1946, logo ikonik Porsche ditanamkan oleh Ferry sendiri.

>>> Review Porsche Taycan Turbo S 2019: Sedan Elektrik Rasa Sportscar Berdarah Jerman Siap Kalahkan Tesla

2. Bukan ‘mobil Porsche’ pertama

Kebingungan mengenai sejarah mobil Porsche Type 64 berasal dari masa lalunya yang kompleks. Ferdinand Porsche yang menjadi pembuat mobil ini mulai mengembangkannya pada tahun 1931. Dia memperkenalkan mobil yang dikenal sebagai KdF-Wagen, yang nantinya berubah nama menjadi Volkswagen Beetle.

Sayang, pecahnya Perang Dunia II membatalkan rencana lomba. Putra Ferdinand, Ferry Porsche, memiliki tiga Type 64 yang dibangun untuk eksperimen. Dan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hanya satu yang selamat dari perang dan dikendarai oleh Ferry dan Ferdinand sebagai mobil pribadinya sehari-hari.

logo Porsche Type 64 berwarna biru 
Logo Porsche akhirnya dilepas setelah memperkenalkan Porsche 356

>>> Porsche Taycan Jadi Objek Rebutan Di Iklan Super Bowl 2020

Ferry Porsche memulai perusahaan mobil aponumous-nya pada tahun 1948 dengan memperkenalkan Porsche 356, roadster pertama yang diluncurkan Porsche. Porsche memperkenalkan 356 di lintasan balap di Innsbruck dan Type 64 mengikuti mobil ini. Beberapa saat sebelum demonstrasi, Porsche menambahkan huruf “Porsche” yang dipasangkan secara kasar ke kap mesin Type 64.

Frank Jung, Kepala Arsip Sejarah Porsche, menyebutkan pada CNBC, “(Mobil ini) menunjukkan dari mana merek Porsche berasal.” Dia menambahkan bahwa Type 64 memiliki beberapa bagian desain yang sama dengan 356. “Itu kurang lebih untuk tujuan pemasaran.” Setelah perlombaan, logo tersebut pun ditanggalkan.

Porsche kemudian menjual Type 64 kepada pembalap mobil Austria Otto Mathé pada tahun 1949, Tetapi penjualan tidak pernah menyebutkan bahwa mobil ini adalah “Porsche”. Sebaliknya, mobil ini dilabeli “Volkswagen Sport”, menurut Jung. “(Type 64) adalah hubungan antara pengembangan Volkswagen dan sejarah awal Porsche.”

foto Type 64 jadul berwarna hitam putih 
 Porsche Type 64 diserahkan pada Otto Mathé

>>> Satu klik tahu semua berita terkait pasar mobil di Indonesia dan di dunia. Cuma perlu klik sini saja

Jung mengatakan bahwa 356 yang dijalankan pada Innsbruck pada saat itu dikenal sebagai No. 1, adalah Porsche pertama yang sebenarnya. Tetapi di museum perusahaan dan Porsche dengan bangga menyebutkan bahwa mobil ini adalah satu diantara mobil pertama yang pernah mereka dibuat.

Jung mengakui bahwa sejarah mobil Porsche Type 64 adalah bagian yang sangat penting dari sejarah untuk Porsche. Selain itu, Type 64 memiliki keunikannya tersendiri. Deskripsi sebenarnya dari Type 64, jelas Jung, adalah “versi balap pra-Volkswagen.”

Itulah sedikit penjelaskan Cintamobil.com sejarah Porsche type 64 di pasar otomotif. Semoga informasi-informasi ini bermanfaat untuk Anda semua, khususnya siapa yang sedang mencari tahu tentang sejarah mobil. 

>>> Berita mobil baru yang baru diluncurkan di dunia bisa Anda cari disini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Porsche Macan Listrik Hadir 2022, Varian Bensin Dipertahankan

14/02/2020

Mobil baru

3 menit

Porsche Macan elektrik dipastikan akan hadir pada generasi kedua Macan 2021 mendatang. Namun, hadirnya varian listrik BEV tidak serta merta menghilangkan varian bermesin konvensional yang akan dijual berbarengan.

Lihat juga

Kejar Performa, Porsche Taycan Turbo S Jadi Mobil Listrik Paling Boros

17/01/2020

Mobil baru

3 menit

Merupakan salah satu mobil listrik dengan performa terbaik di pasaran, ternyata Porsche Taycan Turbo S dianggap sebagai mobil listrik paling boros saat ini. Memang seboros apa sih?

Lihat juga

Sejarah Mobil Ford: Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A

14/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dikenal sebagai satu diantara pabrikan tertua yang ada di Amerika, ternyata sejarah mobil Ford dimulai dari mobil balap, hingga akhirnya Ford menginginkan agar mobil menjadi lebih murah dan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

Lihat juga

Sejarah Mobil Timor: Jejak Perkembangan Mobil Nasional Tanah Air

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tak pernah padam, sejarah mobil Timor tak pernah lekang sebagai bagian penting perkembangan mobil nasional Tanah Air Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996.

Lihat juga

Lambang BMW Dapatkan Perubahan Radikal Tahun Ini, Intip Sejarahnya

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada yang baru dari debut pertama BMW i4 Concept dalam Geneva Motor Show 2020 kemarin. Lambang BMW yang transparan langsung menjadi perbincangan. Perubahannya yang radikal menjadikannya salah satu logo yang lebih kekinian dan minimalis.

Lihat juga