Sejarah Mobil Ford: Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A

14/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejarah Mobil Ford: Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A
Dikenal sebagai satu diantara pabrikan tertua yang ada di Amerika, ternyata sejarah mobil Ford dimulai dari mobil balap, hingga akhirnya Ford menginginkan agar mobil menjadi lebih murah dan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

Ford masih menjadi salah satu pabrikan terpopuler di Amerika hingga saat ini. Ford T-Series masih menjadi model gorengan Ford di negara asalnya tersebut. Ternyata, sejarah mobil Ford dimulai ketika Henry Ford menginginkan kendaraan yang bisa dipakai oleh masyarakat umum. Semuanya berawal dari Ford Model A.

Sejarah mobil Ford Model A

Dikenal sebagai pencinta otomotif, Henry Ford telah membangun kendaraan bertenaga bensin pertamanya yang disebut Quadricycle di sebuah bengkel di belakang rumahnya pada tahun 1896. Saat itu, Ford sedang bekerja sebagai Chief Engineer untuk pabrik Edison Illuminating Company di Detroit.

Setelah dua kali usahanya untuk memulai perusahaan produksi mobil gagal sebelum tahun 1903, Ford akhirnya berhasil mengumpulkan 12 pemegang saham, termasuk dirinya, dan menandatangani surat-surat untuk membentuk Ford Motor Company pada pertengahan Juni 1903. Ford menempati pabrik pertamanya, Ford Mack Avenue Plant, bangunan kayu yang disewa di daerah East Side Detroit.

 mobil jadul Ford 999 dengan foto hitam putih
Ford 999 yang dibawa oleh pembalap Bernley Olfield berkeliling Amerika

>>> Ini 7 Merek Mobil Pertama di Dunia, Tertua Berumur 240 Tahun!

Di ruang perakitan berukuran 250 x 50 kaki tersebut, Ford mulai mengembangkan perusahaannya. Ford bahkan mengembangkan mobil balap Ford yang mampu mencatatkan 147 km/jam. Keberhasilan ini mendorong Bernley Olfield, pembalap terkenal, menjuluki kendaraan tersebut Ford 999 dan berkeliling seantero negeri untuk menyebarkan merek Ford di seluruh Amerika.

Dilansir dari Hemmings, Ford berkeinginan agar mobil yang diproduksinya dikendarai orang banyak. Lalu, Ford Model A mulai diproduksi. Sejarah mobil Ford Model A adalah bagian dari perkenalan Ford Motor Company sebagai salah satu raksasa otomotif Amerika. Ernest Pfennig, seorang dokter gigi dari Chicago menjadi pemilik pertama Model A tertanggal 23 Juli 1903.

Sebanyak 1.750 unit mobil dibuat selama satu tahun. Mobil berbobot 562 kg ini dijual dengan harga dasar $750 (atau sekitar Rp11 juta). Jarak poros roda tercatat 1.800 mm dan dijual dengan berbagai pilihan opsi, seperti dua kursi dan pintu belakang seharga Rp100 (sekitar Rp13 juta), atap karet seharga $30 (Rp442 ribu), atau atap kulit seharga $50 (sekitar Rp738 ribu).

mobil jadul Ford Model A berwarna hitam  
Tampilan perdana Ford Model A yang diperkenalkan tahun 1903

>>> Berikut Kelebihan Ford Everest sebagai pilihan SUV Bongsor 7 Penumpang

Model A menggunakan mesin flat-2 yang dipasang secara horizontal mampu menghasilkan hingga 8 daya kuda dan berkendara dengan kecepatan tertinggi 45 km/jam. Transmisi planetary dilengkapi dengan dua kecepatan maju dan mundur, nantinya menjadi komponen khas Ford yang juga digunakan pada Ford Model T.

Meskipun Ford mengiklankan Model A sebagai ‘mesin yang paling dapat diandalkan di dunia,” Model A menderita banyak masalah yang umum terjadi pada kendaraan kala itu, seperti mesin yang cepat panas serta pita transmisi yang sering slip. Ford akhirnya mengembangkan Ford Model B, C, F, K, N, R, dan S. Semuanya terjual beberapa ratus unit.

>>> Ingin membeli mobil? Dapatkan daftar mobil baru maupun bekas di sini

‘Facelift’ Ford Model A

Pada awal tahun 1920-an, Ford Motor Company mendominasi pasar otomotif Amerika dengan Model T. Namun persaingan tumbuh dengan General Motors. November 1927, Ford mengumumkan akan diperkenalkan kendaraan baru yang pada saat itu masih belum diberi nama ke publik. Nantinya, mobil ini dinamai Ford Model A lagi.

Perkenalan perdana tampilan terbaru dari Ford Model A

>>> Review Ford Escape XLT 2003: SUV Bekas Asal Amrik Kini Di Bawah Rp100 Jutaan

Harga Model A diungkapkan pada 1 Desember. Dan untuk menggaet pembeli potensial, Model A yang baru dihargai sebanding dengan Model T. Dan tepat pada hari peluncuran, 2 Desember 1927, Ford News mengklaim bahwa 10.534.992 orang datang ke acara tersebut. Angka yang cukup fantastis, setara dengan 10% populasi penduduk Amerika saat itu.

Model A yang baru menawarkan gaya elegan kepada pembeli, rem pada keempat roda, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, kaca depan yang dilapisi kaca pengaman, peredam kejut hidrolik, dan mesin empat silinder 2.033 cc bertenaga sampai 40 daya kuda cukup untuk mengantarkan pengemudi dalam kecepatan tertinggi 104 km/jam.

Transmisi menggunakan unit manual roda gigi geser 3-kecepatan dan satu gigi mundur. Konsumsi bahan bakar telah diperbaiki sehingga menjadi 8 hingga 12 km/liter. Menariknya, edisi tahun 1930 dan 1931 sudah dilengkapi dengan penutup radiator berbahan stainless steel serta rumah untuk lampu depan.

>>> Simaklah berita otomotif yang menarik lainnya di sini

generasi terbaru Ford Model A berwarna hitam 
Henry Ford mengendarai Model A yang menandai produksi Ford ke-20 juta pada tahun 1931

Pembaruan untuk Ford Model A menawarkan tujuh tipe tubuh, termasuk Sport Coupe, Roadster, Phaeton, sedan Tudor, sedan Fordor, dan truk. Pembeli bisa memilih dari empat warna, (Niagara Blue, Arabian Sand, Dawn Grey dan Gun Metal Blue. Sejarah mobil Ford Model A berakhir pada 1932 setelah lebih dari 4 juta unit terjual.

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Hindari Wabah Coronavirus, GM dan Ford Batasi Perjalanan ke China

26/01/2020

Pasar mobil

2 menit

General Motors, Ford dan pabrikan otomotif Amerika lainnya membatasi perjalanan ke China untuk melindungi karyawan dari penyebaran coronavirus yang mematikan.

Lihat juga

Ford Ranger Raptor ini Siap Menjadi Penantang Toyota Hilux di Ajang Rally Raid

29/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Pabrikan asal Amerika tersebut memperkenalkan Ford Ranger Raptor versi balap terbarunya yang siap menebar ancaman di berbagai ajang off-road racing dunia.

Lihat juga

Berikut Kelebihan Ford Everest sebagai pilihan SUV Bongsor 7 Penumpang

25/02/2020

Jual beli

5 menit

Berencana untuk meminang SUV bongsor asal Amerika? Simak kelebihan Ford Everest berikut pilihan tipe hingga kelemahannya yang kami hadirkan untuk Anda

Lihat juga

Bengkel Eyna Motor, Tak Perlu Bingung Lagi Kalau Mau Servis Mobil Ford

15/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bengkel Eyna Motor dikenal sebagai bengkel spesialis Ford yang berada di kawasan Tangerang Selatan. Di bengkel ini mampu menangani berbagai masalah mobil Ford.

Lihat juga

Sejarah Mobil Timor: Jejak Perkembangan Mobil Nasional Tanah Air

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Tak pernah padam, sejarah mobil Timor tak pernah lekang sebagai bagian penting perkembangan mobil nasional Tanah Air Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1996.

Lihat juga