Sejarah Mercedes-Benz A-Class, dari Mobil Hatchback Sederhana Menjadi Ikon Mobil Subkompak Premium Dunia

05/10/2018

Pasar mobil
Melihat sejarah Mercedes-Benz A Class, berarti mengingat kembali awal dari salah satu mobil hatchback terbaik yang lahir dari tanah Jerman. Tak hanya sekedar kilas bailk semata, terdapat pula milestone inovasi-inovasi inovasi Mercedes-Benz untuk memberikan kenyamanan berkendara untuk para pengguna Mercedes-Benz A Class

Mercedes-Benz A Class merupakan nama yang diberikan untuk mengklasifikasikan kendaraan eksekutif subkompak (atau hatchback dalam dua generasi pertama) yang diproduksi oleh pabrikan mobil Jerman, Mercedes-Benz. Walaupun generasi pertama diluncurkan pada tahun 1997, ternyata sejarah Mercedes-Benz A Class dimulai beberapa tahun sebelumnya.

1. Vision A 93 (1993)

Rethinking the car” (atau memikirkan kembali mobil) merupakan moto yang diadopsi oleh Mercedes-Benz ketika pertama kali menghadirkan mobil konsep Vision A 93 pada Frankfurt Motor Show 1993. Sebagai sebuah kendaraan berpenggerak roda depan yang kompak, Vision A 93 adalah inovasi baru untuk merek tersebut. Menghadirkan konsep ‘sandwich”, yaitu mesin, tangki, dan as roda di bawah ruang kabin.

Gambar yang menunjukan mobil lawas Vision A93

Desain kotak A-Class pertama kali terlihat pada Vision A93 keluaran 1993

Mobil konsep tersebut menarik lebih banyak pujian ketika dipertontonkan langsung dengan beberapa perubahan kecil pada Geneva Motor Show 1994. Kali ini dengan nama baru, ‘Studie A’. Dari majalah Amerika “Motor Week”, mobil ini mendapatkan “Best Concept Car 1994”.

2. Family Car China (FCC) (1994)

Pada pameran “Mobil Keluarga” 1994 di Beijing, Mercedes-Benz mempresentasikan konsep mobil kompak yang khusus dikembangkan untuk pasar Cina masa depan, disebut Family Car China (FCC). Fitur utama konsep FCC adalah ruang interior yang besar dan dimensi eksterior yang dipotong. FCC dibuat secara radikal berbeda dari desain mobil penumpang konvensional pada masanya.

Gambar yang menunjukan mobil lawas Family Car China

Desain mobil keluarga ini dipamerkan di Beijing tahun 1994

Memberikan tempat untuk tiga penumpang di belakang, standar kelapangannya melampaui norma segmen mobil kompak. Membuat FCC setara dengan mid-range kelas atas. Konsep FCC dilengkapi mesin 1.3 liter 55 dk dengan converter katalitik tiga arah. Mampu melaju sampai 50 km/jam dalam enam detik, Mercedes menawarkan kinerja yang baik di dalam kota, dengan kecepatan tertinggi 150 km/jam dan konsumsi bahan bakar empat liter per 100 km.

>>> 40 Tahun Sejarah Rem ABS: Kelahiran Intelligent Drive Mercedes-Benz

3. Generasi I W168 (1997)

Semua mata tertuju pada kemunculan pertama Mercedes-Benz A-Class generasi pertama pada tahun 1997, terutama karena Elk Test terkenal yang disiarkan oleh stasiun televisi yang menunjukan bagaimana A-Class meliuk-liuk di dalam sebuah tes berkendara.

Sentuhan Elk Test pada Mercedes-Benz A-Class generasi pertama

Tampil perdana di Frankfurt Motor Show, model W168 pertama kali mendapatkan mesin 1.4 liter bertenaga 82 dk dan A160 bermesin 1.6 liter dan 102 dk. Mayoritas mengagumi desain mobil kelas atas dari A-Class dengan desain ‘sandwich’-nya, membuat komponen bergeser di antara lantai ketika terjadi kecelakaan sehingga membuat kendaraan menjadi lebih aman.

4. A 190 Twin (1998)

Setelah Mercedes membangun mobil kompak berpenggerak roda depan, mereka menemukan bahwa hal terbaik untuk dilakukan adalah membuang ban cadangan untuk menempatkan mesin 125 dk. Konsep A 190 Twin Study dipresentasikan pada pesta motorsport akhir musim di Mercedes-Benz Museum pada November 1998.

Gambar yang menunjukan mobil lawas A 190 Twin

A 190 Twin gebrakan dual mesin dari Mercedes-Benz

Menggunakan penggerak all-wheel drive berkat mesin tambahan di belakang, gabungan output menghasilkan 250 daya kuda serta percepatan maksimal 0-100 km/jam menjadi 5.7 detik. Prototipe ini menggunakan komponen produksi dan kopling otomatis opsional A Clas yang menyinkronkan dua mesin secara elektronik. Poros belakang juga bisa dimatikan dengan sebuah tombol di dasbor, membuat mobil ini kembali ke 125 dk berpenggerak roda depan A Class.

5. Vision SLA Concept (2000)

‘Merepresentasikan masa depan’. Ini adalah cara Mercedes memperkenalkan Vision SLA pada Detroit Auto Show Januari 2000. Roadster kecil yang diambil dari A-Class mencerminkan dimensi yang kompak serta fitur konsep roadster. Diantaranya fender yang lebih tajam serta pintu yang mengadopsi gaya Mercedes Silver Arrows nan legendaris.

Gambar yang menunjukan mobil lawas Vision SLA Concept

Desain masa depan A-Class dengan Vision SLA mengadopsi gaya Mercedes Silver Arrows

Meskipun dua kursi serat karbon tidak dibangun dalam prinsip ‘sandwich’, front-end masih mempertimbangkan model A-Class dengan membuat mesin keluar ke bawah kompartemen penumpang. Dengan Vision SLA, roadster Mercedes-Benz memulai debutnya.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terbaru dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

6. A-Class LWB (2001)

Gambar yang menunjukan mobil lawas A-Class LWB

A-Class LWB yang lebih panjang mulai dipasarkan pada 2001

A-Class yang membentang lebih panjang mulai dipasarkan di Inggris dan Eropa sebagai MPV mini pada Juni 2001. Tujuh inci lebih panjang pada pilar B, menawarkan 1.930 liter ruang interior. Sedangkan ketika kursi belakang dilipat akan menambahkan 1.530 liter bagasi yang lebih besar dengan lantai datar sepanjang 2.27 meter. Versi facelift ini menyediakan bumper baru, peningkatan AC dan peralatan operasional lainnya.

7. A-Class F-Cell (2002)

Mercedes menggunakan model F-Cell untuk menguji pengendaraan masa depan sejak 2002. F-Cell diproduksi sebagai rangkaian mobil penumpang kecil pertama di dunia dengan penggerak sel bahan bakar untuk diuji oleh pelanggan. Dua tangki hidrogen menyediakan kisaran 150 kilometer dengan konsumsi hidrogen setara dengan 56 mpg. Motor listrik menghasilkan 88 dk dan mempercepat mobil dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam 16 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi pada 140 km/jam.

Gambar yang menunjukan mobil lawas Mercedes-Benz A-Class F-Cell

F-Cell bertenaga listrik telah diuji coba di berbagai negara

Perjalanan F-Cell mulai berkelana di seluruh dunia. Pada September 2003, beberapa unit F-Cell telah digunakan sebagai mobil antar-jemput untuk wartawan di Frankfurt International Motor Show. Mulai akhir 2004, 60 unit A-Class yang didukung dengan bahan bakar sel telah mengendara di Jerman, AS, Jepang, dan Singapura sebagai bagian dari uji coba perusahaan.

>>> Spesifikasi Mercedes-Benz A 250 AMG 2015: Varian Termahal A-Class

8. Vaneo W414 (2002)

Mercedes-Benz Vaneo merupakan MPV kompak lima pintu dan tujuh kursi (M segmen di Eropa) yang diproduksi dari tahun 2002 hingga 2005. Menggunakan platform A-Class, kendaraan ini tidak dibangun sebagai van, melainkan MPV. Nama Vaneo berasal dari kata Van, yang digunakan dalam bahasa Jerman untuk jenis mobil MPV.

Gambar yang menunjukan mobil baru MPV Mercedes Vaneo

A-Class masuk ke segmen minivan dengan MPV Mercedes-Benz Vaneo

Tempat duduk datang dengan lima kursi, dengan dua di baris ketiga opsional. Jika baris ketiga dilepas, ada 3.000 liter ruang kargo. Mesin ditawarkan 1.6 L dan 1.9 L bensin dan 1.7 L untuk diesel. Karena masalah kualitas dan penjualan yang buruk, Vaneo dihentikan setelah menjalankan produksi tiga tahun.

9. Generasi II W169 (2004)

Penyegaran pada tahun 2004 membuat A-Class mendapatkan generasi kedua dengan platform dan berbagai mesin baru. Diantara segudang upgrade dan penambahan, A-Class menerima standar ASR (kontrol traksi) dan sem anti-lock serta ESP. Sasis baru ini juga dilengkapi dengan Selective Damping Control untuk pengendaraan yang lebih kencang dan lebih mulus. Tingkat keselamatan lebih ditingkatkan dengan meraih peringkat 5 bilang selama pengujian EuroNCAP 2005.

Gambar yang menunjukan mobil lawas A-Class generasi kedua

Generasi kedua mendapatkan segudang upgrade teknologi terbaru

Mesin bensin 4 silinder 1498 cc ditambahkan menghasilkan tenaga maksimal 95 dk dengan torsi 140 Nm. Generasi kedua tetap mendapatkan penggerak roda depan dan transmisi 5 kecepatan manual. Perubahan tampak pada kecepatan maksimal menembus 175 km/jam dan percepatan 0-100 km/jam dalam 12.6 detik.

10. A-Class E-Cell (2010)

Mengikuti mobil berbahan bakar F-Cell dari B-Class, Mercedes-Benz meluncurkan A-Class E-Cell terbaru sebagai mobil listrik kedua yang dibangun untuk A-Class. Kelima tempat duduk mendapatkan penggerak elektrik bertenaga baterai untuk mobil keluarga. Didasarkan pada versi lima pintu A-Class, interior dan bagasi dirancang lebih luar dengan fleksibilitas maksimum.

Gambar yang menunjukan mobil baru A-Class E-Cell

Produksi terbatas A-Class E-Cell, mobil keluarga bertenaga baterai

Namun Mercedes hanya memproduksi mobil ini secara terbatas. Hanya ada 500 unit produksi hatchback A-Class dengan 95 daya kuda dan kecepatan tertinggi 150 km/jam dari motor bertenaga 70 kW. Spesifikasi yang sederhana dan bertahan hingga 200 kilometer perjalanan.

>>> Dapatkan semua review Mercedes-Benz lainnya hanya di Cintamobil.com

11. Concept A-Class (2011)

Tepat ketika ada keraguan tentang masa depan A-Class, Mercedes merilis Concept A Class. Tidak ada lagi mobil mungil berbentuk kotak yang terlihat sebagai minivan. Konsep berubah total dengan memberikan kisi-kisi modern untuk hatchback penantang serius BMW Seri 1 dan Audi A3.

Gambar yang menunjukan mobil baru Concept A-Class

Mercede-Benz Concept A Class di Tokyo Motor Show 2011

Merayakan debut pertamanya di Auto Shanghai Show 2011, sorotan teknis mobil konsep front-wheel drive ini termasuk mesin empat silinder turbocharged baru mampu mengeluarkan tenaga 210. Bonnet panjang, siluet rendah, dan area jendela tipis, “proporsi dari Concept A-Class memperkenalkan pahatan desain sedan mewah Mercedes yang ekspresif,” jelas Gorden Wagener, Kepala Desain Mercedes-Benz kala itu.

12. Generasi III W176 (2012)

Meskipun beberapa orang meragukan bagaimana inovatifnya A-Class asli, generasi ketiga A-Class membuang konstruksi lantai sandwich dan sikap MPV dari desain hatchback keluarga konvensional. Autocar melaporkan bahwa pra-pemesanan di Eropa Barat berjumlah 70.000. Membuat generasi ketiga A-Class menjadi mobil paling sukses dalam sejarah Mercedes. Segmen ini terus berkembang, terutama dengan ambisi Mercedes menjadi produsen mobil mewah nomor satu di dunia pada 2020.

Gambar yang menunjukan mobil lawas A-Class generasi ketiga

Generasi ketiga menjadi mobil paling sukses dalam sejarah Mercedes

Penggerak roda tetap menjadi andalan, meskipun generasi ketiga juga menyiapkan penggerak empat roda sebagai pilihan. Kunci daya tarik mobil ini adalah kualitas premium yang diberikan pada interior dan serta keunggulan teknologi tinggi dalam sistem infotainment. Mobil diesel khususnya sangat ekonomis dengan penawaran paling hemat hingga 80 mpg dalam tes ekonomi bahan bakar Eropa.

>>> Ingin membeli mobil baru? Intip daftar harga dari Cintamobil.com di sini

13. AMG A 45 Champion Edition (2015)

Generasi ketiga memiliki satu model menarik, yaitu AMG A 45. Pada peluncurannya tahun 2013, mobil yang digambarkan sebagai Silver Arrow untuk berkendara sehari-hari ini menghasilkan 360 dk yang menakjubkan dari mesin bensin 2.0 liter turbo, cukup untuk meluncurkan mobil dari diam hingga 100 km/jam dalam 4.6 detik.

Gambar yang menunjukan mobil baru AMG A45 Champion Edition

Perayaan sang juara Mercedes-AMG menghasilkan AMG A45 Champion Edition

Versi Motorsport Edition memberikan penghormatan kepada tim Mercedes-AMG Petronas Formula One yang memenangkan kejuaraan pabrikan tahun 2014. Diluncurkan menjelas Grand Prix Abu Dhabi di Yas Marina, balapan terakhir dari musim Formula One 2015, A45 Champions Edition akan tersedia untuk waktu terbatas, dari januari 2016 hingga Mei 2016.

14. Concept A Sedan (2017)

Gambar yang menunjukan mobil baru Concept A Sedan

Konsep A Sedan menandai tampilan baru mobil kompak Mercedes

Mercedes-Benz memang sudah memiliki CLA, namun konsep mobil baru yang dipamerkan pada Auto Shanghai 2017 menandai tampilan baru untuk generasi mobil kompak Mercedes. Konsep ini memiliki jendela yang lebih tinggi, pilar C vertikal, dan lebih pendek dibandingkan CLA. Struktur grid memberikan kontras tubuh yang halus. Mobil konsep ini akan menjadi prototipe untuk desain sedan A-Class di tahun berikutnya.

>>> Review Mercedes-AMG A 35 2019: Compact hatchback dengan desain bodi A-Class

15. Generasi IV W177 (2018)

W177 merupakan generasi keempat A-Class yang diluncurkan pada 2018 sebagai penerus W176 A-Class dengan penjualan dimulai pada Maret 2018. Gaya tubuh meliputi hatchback 5 pintu (W177), sedan empat pintu (V177), 4 pintu long-wheelbase sedan (Z177, hanya dijual di Cina). Sedangkan model 35 AMG menggunakan penggerak empat roda dengan transmisi kopling ganda 7 percepatan AMP Speedshift DCT hanya dijual di Eropa.

Gambar yang menunjukan mobil baru Mercedes-Benz W177

Eksterior menawan dan teknologi mutakhir menandai A-Class sebagai sedan kelas premium

Berdasarkan pada front-wheel drive MFA2 (Modular Front Architecture) dan suspensi depan MacPherson struts serta suspensi belakang multi link pada model A250, desain eksterior yang lebih ramping adalah salah satu keunggulannya. Beragam teknologi terbaru Mercedes juga ditambahkan, seperti pengenalan suara sebagai bagian dari sistem operasi MBUX sehingga pengemudi bisa berkomunikasi dengan perintah “Hey, Mercedes,” bahkan tambahan fitur swakemudi. Mercedes menyebutkan generasi keempat sudah mulai dijual Maret tahun ini.

Saat ini, A Class Sedan telah dijual di berbagai pasar internasional, termasuk India. Mercedes-Benz A-Class sekarang adalah mobil produksi paling aerodinamis di dunia dengan nilai Eosfficient drag (Cd) sebesar 0.22, mengambil alih gelas CLA-Class. Gaya baru A-Class Sedan mengambil banyak inspirasi dari SLC-Class terbaru yang lebih besar. Pada Paris Motor Show 2018, A-Class memperkenalkan mesin bensin turbo 1.3 liter 165 dk dan motor diesel 1.5 diesel 116 dk dengan kopling ganda otomatis tujuh kecepatan.

>>> Informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top