Sejarah Jeep: ‘Sports Car Amerika Sebenarnya’

06/12/2018
Sejarah Jeep sama rumitnya dengan sejarah kendaraan lainnya: mulai dari kendaraan pendukung perang, hingga menjadi simbol maskulinitas di seluruh dunia.

Legenda dan salah satu kreator otomotif termasyur di dunia, Enzo Ferrari pernah berkata, “Jeep adalah satu-satunya mobil sport nyata di Amerika.” Tentu saja penilaian Ferrari menginterpretasikan mobil sport yang berbeda dari line up boxy dan utilitarian. Dan sejarah Jeep tak lepas pada abad ke-20 melalui teknisi yang memelopori sistem penggerak empat roda.

Spyker, produsen mobil asal Belanda memperkenalkan salah satu mobil 4WD pertama 60/80 daya kuda pada tahun 1903. Sepuluh tahun kemudian, produsen mobil Jefferey meluncurkan Jefferey Quad, sebuah truk 4x4 yang dirancang untuk penggunaan militer. Mengesankan karena kemampuan navigasinya, Quad adalah perlengkapan Sekutu di medan Perang Dunia I.

Gambar Jeffery Quad dengan warna hitam - putih

Jeffery Quad yang menjadi perlengkapan sekutu kala Perang Dunia I

Pihak militer Amerika yang menginginkan kendaraan untuk dibawa berperang mengajak berbagai produsen kendaraan. Namun dari 135 perusahaan yang diundang, hanya American Bantam Car Company dan Willys-Overland yang mengikat kontrak.

Tawaran Bantam seperti putus asa. Perusahaan sedang bergulat dengan masalah keuangan yang serius. Tidak ada teknisi dan pabrikan ditutup. Akhirnya perusahaan menghubungi seorang pekerja lepas bernama Karl Probst. Seorang patriot sejati, Probst setuju untuk bekerja tanpa dibayar untuk mendesain kendaraan baru. Ia pun membuat sketsa untuk kerangka Bantam Reconnaissance Car, atau dikenal dengan Buggy Bantam Blitz. Kerangka inilah dasar untuk Jeep pertama America.

Namun karena situasi keuangan Bantam yang mengkhawatirkan, Willys-Overland berbagi spesifikasi dengan Ford, terpilih untuk membuat mobil Angkatan Darat terbaru. Dan lahirlah Willys-Overland MB, mobil serbaguna yang turut membantu Amerika memenangkan Perang Dunia II dengan keunggulannya masuk ke semua medan.

>>> The All New Jeep Wrangler Jadi Tanda Comeback Jeep di Indonesia

Gambar Willys-Overland MB

Willys-Overland MB yang menjadi pahlawan Perang Dunia II

Beralih ke nama ‘Jeep’

Setelah perang, Willys-Overland mengajukan aplikasi merek dagang untuk nama Jeep dan bekerja untuk menggunakan MB pada penggunaan sipil. Transisi yang logis, mengingat Jeep mendapatkan ketenaran sebagai pahlawan perang.

Kendaraan uji CJ-1 dan CJ2 berevolusi menjadi model produksi CJ-2A, diluncurkan ke pasar pertanian pada tahun 1945. Tiga tahun kemudian, Willys-Overland memperkenalkan CJ-3A serba guna, yang dianggap sebagai kendaraan off-road rekreasi pertama di Amerika. Inovasi CJ-3A termasuk kaca depan satu bagian dan transmisi yang ditingkatkan.

Gambar Kaiser Willys CJ-3A

Kaiser Willys CJ-3A keluaran tahun 1953

Dan lima tahun kemudian, CJ-3B muncul dengan mesin yang menghasilkan 25% lebih banyak tenaga kuda dibandingkan pendahulunya. Karena kepopulerannya, CJ-3B tetap diproduksi selama 15 tahun.

Dan akhirnya, pada saat CJ-5 diproduksi pada tahun 1955, Jeep telah memenangkan hati konsumen Amerika. Sama seperti mereka telah memenangkan perang. CJ-5 dikenal sebagai salah satu Jeep paling populer sepanjang masa, bertahan di pasar kendaraan off-road selama tiga dekade.

Gambar pikap Jeep Gladiator keluaran 1962

Pikap Jeep Gladiator keluaran 1962

Beberapa dekade setelah Perang Dunia II, Jeep mempertahankan konsumen yang kecil dan setia. Tetap bergantung pada kontrak militernya untuk produksi dan profitabilitas. Mereka terus mengembangkan desain sipil yang inovatif, seperti 1957 FC-170, Jeep Wagoner 1963 dan pikap Gladiator 1962 sambil mengembangkan jajaran kendaraan militer Jeep.

>>> Berita pasar otomotif dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

Tetap bertahan walau berganti kepemilikan

Pada paruh kedua abad ke-20, meskipun pengaruh luas Jeep, kepemilikan di balik kendaraan populer ini berubah. Kaiser-Frazier, perusahaan mobil independen, membeli Willys-Overland tahun 1953, mengubah namanya menjadi Kaiser Jeep, tahun 1963. Tujuh tahun kemudian, Kaiser menjual divisi Jeep ke American Motors Corporation (AMC).

Gambar Jeep XJ Cherokee 1984

Jeep XJ Cherokee yang datang dibawah kepemilikan AMC

Dan Jeep merupakan titik kuat dalam penjualan AMC. Di bawah kepemilikan AMC, salah satu kendaraan Jeep paling inovatif dan populer, XJ Cherokee, dikembangkan. Dirancang oleh Roy Lunn dan Bob Nixon, XJ Cherokee memulai debutnya tahun 1984 dengan SUV unibody. Bentuk kotak XJ yang sederhana mengisyaratkan gaya klasik warisan Jeep. Tetapi desain yang elegan dan kemampuan off-roadnya tetap tidak tertandingi.

Dekade 90-an memberikan pengenalan terhadap Jeep Grand Cherokee yang sangat sukses. Pembaruan dan desain ulang Wrangler dan Cherokee datang pada tahun 1997 semakin membawa tampilan Jeep ke era modern tanpa kehilangan ikon tangguhnya. Jeep terus mendesain ulang model klasik sambil menawarkan versi yang lebih baru dan ringkas untuk pasar pinggiran kota dan perkotaan.

>>> Profil Jeep Grand Cherokee 2015, SUV Tangguh Dengan Sensasi Sedan

Gambar Jeep Grand Cherokee 1997

Perubahan Jeep Grand Cherokee tahun 1997

Dengan model utama Cherokee, Grand Cherokee dan Wrangler menikmati kesuksesan mereka hingga saat ini, Jeep juga memperkenalkan model baru lainnya untuk bersaing di pasar besar SUV. Jeep Renegade adalah SUV subkompak untuk kegiatan perkotaan, sedangkan Jeep Compass adalah SUV kompak yang masuk ke segmen SUV mewah entry level.

Dan yang baru saja hadir adalah generasi terbaru Jeep Wrangler JL 2019 yang baru saja dibawa ke Indonesia. Tetapi tidak mau ketinggalan, tambahan teknologi diperbarui untuk mempersiapkan kendaraan ini untuk masa depan. Lampu baru, teknologi dan koneksivitas canggih, fitur inovatif, dan kenyamanan yang ditingkatkan dipadukan dengan desain yang terinpirasi dari warisan sejarah Jeep.

Gambar Jeep Wrangler JL 2018 berwarna merah

Kehadiran pahlawan lama rasa baru, All New Jeep Wrangler JL

Siap memberikan semua yang dibutuhkan untuk bertarung di pasar paling populer saat ini, akan ada lebih banyak kendaraan Jeep yang dibawa ke Indonesia. Tapi apa saja yang akan diubah? Simak terus Cintamobil.com untuk berita terlengkap seputar Jeep di Indonesia.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain