Sejarah dan Arti dari Lambang Lamborghini, Bantengnya Mobil Sport

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejarah dan Arti dari Lambang Lamborghini, Bantengnya Mobil Sport
Siapa sangka lambang Lamborghini tercipta dari zodiak sang pendiri? Bahkan persaingan Ferruccio Lamborghini dan Enzo Ferrari memberikan nada tersendiri dalam perkembangan logo Lamborghini.

Selain Ferrari, Lamborghini disebut sebagai salah satu pabrikan mobil sport premium khas Italia. Dengan berpusat pada agresivitas dan kekuatan banteng, Lambang Lamborghini berkembang karena sang pembuat logo mengetahui kesukaan sang pendiri Ferruccio Lamborghini terhadap adu banteng. Bahkan warna emas dalam logo ini pun didapatkan dari persaingannya dengan Enzo Ferrari.

1. Sejarah Lamborghini

Terlahir sebagai petani anggur, Ferruccio Lamborghini jelas tak tertarik mengembangkan bisnis keluarga. Dia lebih tertarik pada dunia mekanisme dan setelah bertugas di Angkatan Udara selama Perang Dunia II, Lamborghini adalah satu diantara yang pertama kali mengetahui bahwa permintaan traktor pertanian akan meningkat di Italia paska perang.

Baru pada tahun 1948, Ferruccio secara resmi memperkenalkan perusahaan penghasil traktor di Cento (Bologna), Italia, setelah mengeluarkan banyak uang untuk mesin militer, sisa Perang Dunia II. Sejarah pengembangan dan merek ‘Lamborghini Trattori’ dijual pada tahun 1971 ke salah satu pesaing Lamborghini, yaitu Sama.

Ferruccio Lamborghini berpose dengan mobil dan traktor Lamborghini
Lamborghini dikembangkan oleh Ferruccio Lamborghini

>>> Merasa Lamborghini Urus Kurang Sangar? Modifikasi Ini Bisa Jadi Inspirasi

Logo pertama muncul pada tahun 1952 dan terdiri dari sebuah segitiga, dimana masing-masing dari tiga sudut termasuk inisial ‘Ferruccio Lamborghini Cento’. Namun karena kurangnya pengetahuan tentang desain grafis di kala itu, ketiganya diwakili dengan tiga font berbeda.

Baru pada tahun 1959, keinginan dan pengetahuan sang pemilik mendorong Lamborghini memperluas produksinya di sektor helikopter. Sayangnya pemerintah Italia di saat itu tak menyetujui rencana ini dan Lamborghini memutuskan untuk mendedikasikan dirinya untuk memproduksi mobil sport.

Peristiwa ini menandai lahirnya “AutomobiliFerruccio Lamborghini SpA” resmi didirikan pada tahun 1963 di Sant'AgataBolognes (Bologna). Kesuksesan di balik merek ini adalah kemitraan mereka dengan desainer Bertone dan desainer mesin jet Bizzarrini. Sedangkan pembuatan logo (yang juga digunakan pada traktor) ditugaskan pada Paolo Rambaldi.

>>> Anda adalah fan mobil Lamborghini? Pilihan mobil premium berkualitas ada di sini

2. Lahirnya Banteng Emas

Paolo memilih banteng jantan yang diambil dari zodiak Ferruccio Lamborghini, sang pendiri. Selain itu, penggunaan karakter banteng juga menyimbolkan agresivitas, diwakili dari sikap bertarungnya dalam perisai merah dengan kontur hitam. Kecintaan Ferruccio digambarkan dalam logo dan mobil Lamborghini mendapatkan gaya ini dari adu banteng yang terkenal di Spanyol.

logo Lamborghini berwarna hitam dengan bagian belakang putih 
Awal lambang Lamborghini yang berbentuk hitam putih

>>> Berapa Pajak Mobil Lamborghini Indonesia Setiap Tahunnya? Jangan Kaget Lihat Faktanya

Bentuk simbol Lamborghini menggambarkan perisai dan menunjukkan seekor banteng yang sedang mendengus berwarna emas. Lambang simbolis ini sama seperti logo mobil lainnya. Banteng ini mewakili konsistensi, kesabaran, dan kekuatan. Berlawanan dengan beberapa pabrikan ‘patriot’ Italia lainnya, Lamborghini tak menggunakan warna Italia pada lambang Lamborghini.

Pada tahun 1972, lambang Lamborghini dibenahi kembali. Nama Lamborghini ditulis kembali dengan huruf kapital, dimasukkan ke dalam perisai dalam persegi panjang kuning. Namun terkadang lambang Lamborghini sering ditampilkan dengan tulisan di luar perisai dengan font Universe Black Oblique.

lambang Lamborghini berwarna emas dengan belakang hitam
Lambang Lamborghini memiliki warna emas yang sama dengan Ferrari

Taurus emas yang terkenal dengan bidang hitam lambang Lamborghini memiliki kesamaan besar dengan warna kuning dari simbol Ferrari. Kesamaan ini bukan hanya kebetulan, karena Ferruccio memiliki persaingan dengan Ferrari.

>>> Review Lamborghini Sian FKP 37 2019: Berteknologi Hibrida, Lambo Tercepat Sepanjang Masa

3. Persaingan dengan Ferrari

Ferruccio menjadi sangat kaya dari bisnis traktornya. Karena itu dia membeli beberapa mobil mewah, termasuk Ferrari. Sangat menyukai mobil, dia mulai membalap dengan mobil yang ia beli, namun dia tahu sedikit tentang mekanisme mobil. DIa memutuskan bahwa mobil yang dia kebut perlu diubah. Ketika tiba saatnya memacu Ferrari, ia memperhatikan bahwa mobil ini terlalu berisik dan kasar di jalan. Masalah lainnya seperti kopling yang perlu diperbaiki.

Enzo Ferrari di sebelah kiri dan Ferruccio Lamborghini di sebelah kanan 
Persaingan Ferruccio dengan Enzo Ferrari menghasilkan warna emas

>>> Lamborghini Huracan EVO Jadi Supercar Pertama Gunakan Amazon Alexa

Selama tahun 1960am, mobil-mobil Enzo Ferrari adalah yang terdepan dalam genre mobil sport mewah. Ferruccio pun memutuskan untuk memberi tahu Ferrari mengenai masalah yang ditemukan dalam mobil-mobilnya. Mengingat Ferrari saat itu sedang berada dalam masa jayanya, Ferrari merasa Lamborghini tidak tahu apa-apa tentang mobilnya.

Dia melihat penghinaan Ferrari sebagai kekuatan pendorongnya untuk bekerja dengan jenis mobil mewahnya sendiri. Dia mulai merancang berbagai model. Hanya dalam empat bulan, ia memperkenalkan Lamborghini 350 GTV (yang nantinya berubah menjadi 350 GT) di Turin Motor Show pada Oktober 1963. Baru pada akhir 1964, Lamborghini telah menjual 13 mobil pertamanya.

mobil lawas Lamborghini 350 GT 1963 berwarna merah 
Mobil pertama Lamborghini 350 GT yang terjual sebanyak 13 selama satu tahun

Legenda persaingan Lamborghini dengan Ferrari diwakili juga dengan nama model. Setelah model pertama yang menggunakan nama alfanumerik, yang populer kala itu, penamaan model juga terinspirasi dari tauromchia, salah satu contohnya Lamborghini Miura, yang diambil dari jenis sapi jantan corrida yang dibesarkan oleh Don Fernando Miura Fernandez, peternak sapi yang sering dikunjungi Lamborghini.

Setelah bertahun-tahun merupakan pabrikan dengan manajemen keluarga, krisis minyak dan menurunnya industri di pertengahan tahun 80-an memaksa Lamborghini menjual saham mereka ke Group Chrysler tahun 1987. Setelah diakusisi oleh Audi pada tahun 1998, tantangan yang dialami Lamborghini adalah memerkuat daya tarik dan menghidupkan kembali legenda Lamborghini.

Itulah beberapa informasi tentang sejarah dan arti dari lambang Lamborghini di pasar otomotif yang Cintamobil.com hendak sampaikan kepada teman-teman. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk sobat-sobat.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Merasa Lamborghini Urus Kurang Sangar? Modifikasi Ini Bisa Jadi Inspirasi

08/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Selain performa mumpuni, desain agresif Lamborghini Urus membuatnya jadi salah satu SUV premium favorit. Namun jika itu belum cukup, mungkin konsep modifikasi dari Keyvani bisa jadi opsi.

Lihat juga

Terkerek Urus, Penjualan Lamborghini Naik 43% Sepanjang 2019

24/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Perjudian Lamborghini dengan menggarap segmen SUV melalui Urus membuahkan hasil. Terbukti sepanjang 2019 penjualan pabrikan supercar Italia itu naik hampir 50%, dengan Lamborghini Urus jadi model yang paling laris.

Lihat juga

Lamborghini Urus ST-X Debut Akhir Tahun, Urus PHEV Juga Disiapkan

14/01/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah hampir dua tahun sejak kemunculan pertamanya, akhirnya Lamborghini buka suara terkait peluncuran SUV balap Lamborghini Urus ST-X Concept yang akan melakukan debut resminya pada ajang Lamborghini Super Trofeo.

Lihat juga

Lamborghini Huracan EVO Jadi Supercar Pertama Gunakan Amazon Alexa

12/01/2020

Mobil baru

3 menit

Layanan Alexa dari Amazon kini tersedia di sistem infotainment Lamborghini Huracan EVO. Apa saja kecanggihan teknologi yang bisa digunakan di supercar ini?

Lihat juga

Lamborghini Huracan EVO RWD, Supercar Bagi Pecinta Drifting

07/01/2020

Mobil baru

3 menit

Lamborghini melanjutkan penyegaran terhadap line-up supercar Huracan. Setelah sebelumnya Huracan EVO, kini giliran Huracan EVO RWD yang diperkenalkan pabrikan Sant’Agata Bolognese itu.

Lihat juga