Sejarah Agya Hadir Sebagai Mobil Murah Buat Orang Indonesia

20/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejarah Agya Hadir Sebagai Mobil Murah Buat Orang Indonesia
Toyota Agya merupakan mobil perkotaan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mobil murah di Indonesia. Tapi apakah Anda mengetahui sejarah Agya?

PT Toyota Astra Motor baru saja merilis Agya dengan tampang lebih segar. Menelisik ke belakang, Toyota Agya memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Sejarah Agya dimulai dari perkenalan pertama kali di ajang Indonesia International Motor Show 2012 sebagai model LCGC (Low Cost Green Car).

Kemudian, sejarah Agya terus berlanjut. Setelah mendapatkan respon sangat baik dan memenuhi standarisasi yang ditetapkan oleh pemerintah, mobil perkotaan dari Toyota ini pada tanggal 9 September 2013 akhirnya resmi dijual di Tanah Air.

>>> Hari Ini Sama-sama Diluncurkan, Ini Beda New Agya dan New Ayla

Toyota Agya 2013

Toyota Agya pertama kali resmi dipasarkan di Indonesia September 2013 silam

Mobil perkotaan merek Jepang ini cukup fenomenal, pada tahun 2014 dalam sejarah Agya penjualan berada di peringkat kedua dari semua jajaran mobil Toyota di tahun tersebut. Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) membeberkan segmentasi  menjadi kunci sukses Agya hingga saat ini.

“Pertama memang Agya ini paling banyak dibeli oleh pembeli mobil pertama, mereka adalah pengguna motor atau mobil bekas dengan status masih single atau sudah berkeluarga kemudian membutuhkan mobil pertama yang dibutuhkan dalam kebutuhan sehari-hari baik untuk pribadi maupun untuk membawa keluarga.”  ujar saat peluncuran Agya Facelift 2020 di channel YouTube Toyota Indonesia, Kamis (19/3/2020).

>>> Pasar Lesu Karena Corona, Toyota Yakin New Agya Tembus 2.200 Unit

Gambar sebuah mobil Toyota Agya TRD-S AT 2017 berwarna kuning dilihat dari sisi depan

Pada tahun 2017, Toyota Agya mendapatkan sentuhan facelift 

Anton Jimmi menambahkan segmentasi Agya semakin kuat setelah keluarnya Calya di tahun 2016.

“Sejak keluarnya Calya di tahun 2016, Agya semakin menyasar segmen anak muda dan pembeli mobil pertama yang membutuhkan mobil yang simple dan juga sebuah hatchback.” sambungnya.

Tidak hanya itu, Anton membeberkan sejak diluncurkan di tahun 2013 Agya menorehkan sejarah tersendiri dalam penjualan mobil Toyota. Pencatatan sejarah Agya terus berlanjut dengan terus meningkatnya penjualan. Puncaknya tahun lalu penjualannya meningkat empat kali lipat dibandingkan saat pertama kali diperkenalkan.

Gambar menunjukan Agya facelift 2020

Tampang kian sporty dari Toyota Agya Facelift 2020

“Sejak tahun 2013 pasar Agya atau entry hatchback terus berkembang dan kalau kita bandingkan dari tahun ke tahun memang sangat meningkat bahkan di tahun 2019 penjualannya sudah empat kali lebih tinggi dibandingkan tahun 2013 dan jika kita lihat akumulatif total pasar entry ini sendiri telah menembus angka 1,3 juta unit dan ini menunjukan betapa pentingnya produk dari Toyota dalam menjawab kebutuhan mobilitas pelanggan di Indonesia dan Agya hadir sebagai entry hatchback.” tandasnya.

Melihat ada model barunya meluncur, tampaknya sejarah Agya sebagai mobil LCGC hatchback perdana di Indonesia masih akan terus berlanjut. 

>>> Berita otomotif, tips & trik, dan pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan semua di Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Hari Ini Sama-sama Diluncurkan, Ini Beda New Agya dan New Ayla

19/03/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota dan Daihatsu akhirnya berikan penyegaran untuk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla hari ini. Penyegaran telah dibuat, lalu apa beda New Agya dan New Ayla? Simak infonya di bawah ini.

Lihat juga

Ini Daftar Simulasi Kredit Toyota New Agya 2020

20/03/2020

Jual beli

5 menit

Jika Anda bermiat membeli kredit Toyota New Agya 2020, kali ini Tim Cintamobil.com akan memberikan simulasi kredit dari beberapa lembaga keuangan yang ada di Indonesia.

Lihat juga

Pasar Lesu Karena Corona, Toyota Yakin New Agya Tembus 2.200 Unit

20/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Meski pasar mobil nasional sedang tidak bergairah karena virus corona, PT Toyota-Astra Motor optimistis model terbarunya, New Agya, dapat terjual 2.200 unit di bulan pertamanya.

Lihat juga

Harga Toyota Agya Bekas Masih Lebih Tinggi dari Daihatsu Ayla Bekas

19/03/2020

Jual beli

5 menit

Harga Toyota Agya bekas di bursa mobil bekas ternyata masih lebih tinggi dari harga Daihatsu Ayla bekas. Meski demikian profil pembeli kedua mobil ini sama.

Lihat juga