Sehari Menjadi Sopir Pikap dan Merasakan Keiritan DFSK Super Cab

15/10/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
PT Sokonindo Automobile mengundang awak media untuk menjajal pikap andalan mereka, DFSK Super Cab. Kami bertugas untuk mengantar semen melintasi kota Surabaya.

Melalui ajang Super Cab Media Challenge, kami ditantang untuk mengantar semen dan beradu efisiensi dengan awak media lain menggunakan DFSK Super Cab. Masing-masing pikap akan membawa 1 ton semen dan menyusuri Kota Surabaya.

Semen tersebut disumbangkan untuk membantu pembangunan Masjid Al - Ishlah yang berlokasi di Kenjeran, Surabaya. Sumbangan tersebut merupakan salah satu bentuk Company Social Responsibility (CSR) dari PT Sokonindo Automobile kepada masyarakat dan lingkungan.

Gambar CSR PT Sokoninndo Automobile

Semen yang kami bawa disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah di Surabaya

Adu Irit Dengan Bobot Maksimal

Melakukan eco driving untuk menghemat bahan bakar sebenarnya bukan hal yang baru bagi kami. Tetapi, kali ini kami juga harus membawa barang dengan berat 1 ton yang tentunya harus sampai dengan utuh kepada penerima sumbangannya.

>>> DFSK Gelora E Siap Berperan Dalam Kebangkitan Pariwisata Nasional

Ajang adu irit bahan bakar ini dinilai dengan metode full to full, yaitu dengan mengisi tangki bensin hingga penuh, berkendara sampai finis, lalu tangki akan diisi penuh kembali. Penghitungan efisiensi dilakukan dengan membagi jarak tempuh dengan selisih bahan bakar yang terpakai.

Gambar Pengisian Bahan Bakar

Pengujian dilakukan dengan metode full to full

Acara dimulai dari daerah Darmo, Surabaya kemudian dilanjutkan dengan menyusuri kota Surabaya sembari berkunjung ke dealer DFSK H.R. Muhammad, Dealer DFSK Sidoarjo, Dealer DFSK Jemursari, Dealer DFSK AR Hakim, dan finis di Dealer DFSK Kenjeran.

Kami pun mengendarai DFSK Super Cab ke titik-titik tersebut seirit mungkin. Tantangan ini cukup sulit mengingat bobot yang kami bawa dan lalu lintas Surabaya. Bahkan demi memenangkan tantangan ini, kami rela untuk tidak menggunakan AC yang tersemat pada pikap ini.

Dua hal yang kami sadari selama menjalani tantangan adalah betapa hebatnya para sopir pikap dalam usaha mereka untuk memaksimalkan keuntungan para pemilik usaha, serta ketangguhan Super Cab dalam membawa bobot 1 ton.

Gambar DFSK Super Cab

Membawa bobot 1 ton tak jadi masalah untuk pikap ini

Sepanjang perjalanan, kami tidak merasa mobil ini kesulitan untuk membopong beban yang berat di belakang. Padahal mobil yang kami gunakan bukanlah mobil baru.

Tanpa AC Tembus Hampir 13 Kilometer per Liter!

Setelah menempuh rute sepanjang 62 kilometer, DFSK Super Cab 1.5L Gasoline dapat meraih efisiensi hingga 12,9 kilometer per liter dengan membawa semen seberat 1 ton. Kami sendiri harus puas finis di urutan ketiga dengan catatan efisiensi 12,4 kilometer per liter.

>>> DFSK Super Cab Jadi Rival Berat Carry? Perkenalkan Nih Penerusnya

"Hasil uji coba efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh DFSK Super Cab ini tidak berbeda jauh dengan pengujian di daerah lainnya. Ini menunjukan bahwa Super Cab memang memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi, kendaraan pekerja keras yang bisa diandalkan, namun tetap nyaman bagi penumpangnya," ungkap Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

Ajang Super Cab Media Challenge ini dilakukan di berbagai kota di Indonesia. Salah satu peserta di pulau Bali bahkan mampu menembus angka 15 kilometer per liter dengan beban yang sama, tanpa AC namun kondisi lalu lintas di Bali lebih lengang dibanding di Jawa.

"DFSK tentu berharap semakin banyak konsumen yang merasakan keuntungan menggunakan Super Cab sehingga usahanya bisa semakin menguntungkan,” tutup pria yang akrab disapa Fiqi itu.

Bicara lebih jauh mengenai sang pikap, Super Cab menawarkan flat deck berukuran 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT), salah satu yang terbesar di kelasnya. Bak yang ditawarkan ini mampu mengangkat beban hingga 1,4 ton.

Gambar DFSK Super Cab

Selain difungsikan sebagai pikap, mobil komersial ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan para konsumen. Sejauh ini, Super Cab bisa diubah menjadi angkutan umum, ambulans, mobil box, chiller box (untuk bawa daging), hingga moko (mobil toko).

Konsumen bisa melakukan modifikasi ini tanpa ribet-ribet berkunjung ke karoseri, karena semua bisa diurus melalui semua dealer resmi DFSK yang tersebar di seluruh Indonesia.

DFSK Super Cab menawarkan 2 varian mesin, yaitu varian mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga 102 HP dan torsi 140 Nm serta varian diesel 1.300 cc dengan tenaga 75 HP dan torsi 190 Nm. torsi 190 Nm.

>>> Tertarik untuk membeli mobil DFSK? Klik tautan di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top