Seharga Mobil Baru, Kursi Mobil Konsep Tahun 1953 Dijual Rp 1.3 Miliar

24/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Seharga Mobil Baru, Kursi Mobil Konsep Tahun 1953 Dijual Rp 1.3 Miliar
Kalau menyangkut koleksi, harga tak jadi persoalan. Seperti harga dari sebuah kursi mobil konsep Chevrolet Corvette yang dibanderol dengan harga Rp 1.3 miliar.

Chevrolet Corvette merupakan model ikonik Amerika dengan hampir 2 juta unit diproduksi sejak diperkenalkan tahun 1953. Karena itu, semua hal yang menyangkut model pertama Corvette tentu akan menarik banyak kolektor. Seperti yang dilakukan oleh seorang pengguna eBay yang menjual sebuah kursi mobil konsep Chevrolet Corvette.

Kursi mobil konsep Chevrolet Corvette

Seorang pengguna eBay yang berbasis di Indiana dengan akun “ncrstopflight” baru-baru ini mengunggah sebuah kursi yang telah rusak tapi dengan harga yang sangat tinggi, yaitu $ 90.000 atau sekitar Rp 1,3 miliar. Kursi tersebut dijelaskan sebagai kursi prototipe GM Motorama Waldorf asli, atau dikenal dengan Project Opel tahun 1952-1953 sebagai prototipe C1 dari Chevrolet Corvette.

debut perdana Chevrolet Corvette 1953
Debut perdana mobil konsep Chevrolet Corvette

>>> Bruce Wayne Tunggangi Corvette Stingray 1963 Klasik di Film Terbaru

Mobil konsep Corvette asli yang awalnya disebut dengan Cougar ini meluncur pertama kali di hotel Waldorf-Astoria, New York, pada tahun 1953. Dari lima unit mobil konsep yang diproduksi, tiga bisa dikendarai dan dijalankan. Sedangkan dua model lainnya hanya berupa desain dan untuk pajangan belaka.

Kendaraan spesial ini disebut dengan nama EX-52, menggunakan label VIN #1 dan merupakan kendaraan produksi pertama meski tidak bisa dikendarai. Kedua mobil EX-52 dan EX-53 awalnya akan dihancurkan setelah Parade of Progress. Tapi kendaraan ini akhirnya dijadikan model untuk diuji.

Menurut The Corvette Restorer, EX-52 sebenarnya mendapatkan pengujian kebakaran pada November 1953. Namun pengujian dilakukan tanpa kursi karena kursi yang ada pada mobil telah dihancurkan sebelum pengujian. Layaknya bagian interior lainnya, kursi EX-52 telah dilepas untuk analisis ketahanan dan daya pakai oleh General Motors.

>>> Chevrolet Corvette Setir Kanan Siap Meluncur di Jepang Tahun Depan

Apa buktinya?

Jika dibandingkan dengan berbagai foto dan dokumen yang ada saat ini, kursi khusus ini terlihat sama persis dengan kursi yang digunakan pada Corvette EX-52. Lengkap dengan kesan usang dan termakan waktu, mengingat mobil ini sudah berumur hingga 67 tahun.

foto jadul hitam putih dari interior Chevrolet Corvette
Kursi yang dijual mirip dengan model yang ada pada dokumen dan foto

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah kursi tersebut merupakan komponen asli? Jika Anda ingin mengetahui keaslian kuris tersebut, Anda harus membayar harga yang ditawarkan. Pasalnya sang pemilik menyebutkan bahwa dia tidak akan mengungkapkan dan kursi ini kepada siapa pun selain pembeli akhir yang siap membayar harga yang ditawarkan.

>>> Pilihan mobil klasik terbaik bisa Anda dapatkan di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top