Segmentasi Pasar, Ini Dia 14 Pabrikan Mobil Penguasa Industri Otomotif Dunia

20/10/2018

Pasar mobil
Dari puluhan juta kendaraan yang berkeliaran di jalanan di seluruh dunia, ternyata hanya ada 14 pabrikan mobil yang menguasai itu semua. Siapa saja?

Industri otomotif telah mengalami pertumbuhan luar biasa selama beberapa tahun terakhir. Di Amerika sendiri, lebih dari 30 merek otomotif bersaing untuk penjualan lebih dari 17 juta mobil dan truk yang dijual setiap tahun. Saling bersaing, ternyata hanya ada 14 pabrikan mobil yang menguasai industri otomotif sejak Peugeot mulai menjalanan produksi mobil sejak 1882.

1. BMW Group

Gambar yang menunjukan logo perusahaan BMW

BMW membawahi tiga pabrikan besar

BMW merupakan abreviasi dari Bayerische Motoren Werke di Jerman yang berarti Bavarian Motor Works dalam bahasa Inggris. Diluncurkan pertama kali di Munich, Bavaria pada tahun 1916, produksi kendaraan BMW meluas hingga Cina, India, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika. Disebut sebagai produsen kendaraan bermotor terbesar ke-12 di dunia, BMW Group saat ini menaungi tiga pabrikan besar, yaitu BMW, Mini, dan Rolls-Royce.

2. Daimler

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Daimler

Saingan BMW, Daimler menjual 3.3 kendaraan pada 2017

Jangan salah, ternyata Daimler lebih tinggi tingkatannya dibandingkan Mercedes-Benz. Daimler AG merupakan perusahaan multinasional Jerman yang bergerak di bidang otomotif yang menaungi berbagai anak perusahaan, diantaranya Mercedes-Benz, Mercedes-AMG, Mercedes-Maybach hingga Smart Automobile. Pada tahun 2017 Daimler menjual hingga 3.3 juta kendaraan, menjadikannya pabrikan terbesar ke-13 di dunia.

>>> Baca juga: Strategi Mercedes Hadapi Laju Dollar: Tambah 6 Produksi Dalam Negeri

3. FCA

Gambar yang menunjukan logo perusahaan FCA

FCA menaungi Alfa Romeo, Dodge, Fiat, hingga Maserati

Dari namanya saja kita bisa mengetahui merek apa yang dimiliki oleh FCA. Kependekan dari Fiat Chrysler Automobiles N.V, FCA membawahi Fiat dan Chrysler. Terbagi menjadi FCA Italy dan FCA US, FCA adalah ayah dari nama-nama besar seperti Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, Fiat, Jeep, Maserati, hingga Ram Truck. Ferrari pernah memadu kasih dengan FCA sebelum akhirnya memisahkan diri dan membuat debut pertamanya sebagai perusahaan sendiri pada Januari 2016.

>>> Baca juga: Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

4. Ford

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Ford

Ford adalah perusahaan otomotif tertua di Amerika yang masih aktif

Ford Motor Company merupakan perusahaan otomotif yang bernaung di Dearborn, Michigan, daerah pinggiran kota Detroit. Ford tidak akan muncul tanpa Henry Ford yang menggerakkan perusahaan ini pertama kali pada 16 Juni 1903. Terbagi menjadi dua divisi, Ford menjual mobil penumpang dan niaga dalam merek Ford dan mobil mewah dalam merek Lincoln.

5. Geely

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Geely

Geely salah satu pabrikan terbesar asal Cina

Geely merupakan perusahaan multinasional otomotif dengan markas di Hangzhou, Zheijang. Geely menjual kendaraan penumpang di bawah merek Geely Auto, Lotus, Lynk & Co, PROTON, dan Volvo, sedangkan kendaraan niaga dijual dalam nama London EV Company dan Yuan Cheng Auto.

>>> Dapatkan semua pasar mobil internasional hanya di sini

6. General Motors

Gambar yang menunjukan logo perusahaan General Motors

Saudara senegara Ford, General Motors didirikan pada 1908

General Motors yang sering disebut juga dengan GM pertama kali didirikan oleh William C Dunant pada 16 September 1908. Sebelumnya, GM merupakan perusahaan otomotif terbesar di dunia dari 1931 hingga 2007. Bermarkas di Detroit, merek di bawah GM terbentang di seluruh dunia. Mulai dari Chevrolet, Holden, Vauxhall, Cadillac, Opel, GMC, Wuling Motors, Baojun, dan Buick.

>>> Baca juga: Review Chevrolet Orlando Redline 2019, MPV Berwajah Muscle Car

7. Honda

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Honda

Honda menjadi perusahaan sepda motor terbesar di dunia sejak 1959

Honda Motor Company, Ltd sebenarnya tidak hanya memproduksi kendaraan tetapi perusahaan yang menjadi produsen sepeda motor terbesar sejak 1959 ini uga membuat pesawat terbang dan perlengkapan teknik. Honda disebut sebagai perusahaan otomotif terbesar ke-8 pada 2015. Menjadi perusahaan Jepang pertama yang meluncurkan merek mewah Acura, merek Honda digunakan untuk memproduksi kendaraan penumpang dan niaga.

8. Hyundai

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Hyundai

Perusahaan Hyundai hanya menaungi Hyundai dan Kia

Tak hanya Kpop, Korea Selatan memiliki Hyundai Motor Company yang bermarkas di Seoul. Jangan salah, Hyundai memiliki fasilitas produksi mobil terbesar di dunia dengan kapasitas produksi mencapai 1.6 juta unit. Didirikan pada tahun 1967, Hyundai Motor Company saat ini membawahi merek Hyundai dan Kia.

>>> Ingin membeli mobil Hyundai baru & bekas, jangan abaikan daftar mobil dijual di sini

9. Nissan

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Nissan

Nissan merupakan produsen mobil terbesar keenam di dunia pada 2013

Nissan Motor Company yang biasanya disingkat menjadi Nissan, bermarkas di Nishi-ku, Yokohama, Jepang. Perusahaan yang didirikan sejak 1933 ini menjual produksinya dalam nama Nissan, Infiniti, dan Datsun. Sejak 1999, aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi menjadi perusahaan keempat terbesar di dunia. Sedangkan Nissan sendiri merupakan produsen mobil terbesar keenam di dunia pada 2013.

>>> Dapatkan berbagai review menarik produkan Nissan lainnya hanya di sini

10. PSA

Gambar yang menunjukan logo perusahaan PSA

PSA berjaya di Eropa dengan Opel dan Vauxhall

Groupe PSA atau dikenal dengan Peugeot PSA merupakan perusahaan multinasional Prancis yang menjual mobil dan sepeda motor dengan merek Peugeot, Citroën, DS, Opel and Vauxhall. Peugeot merupakan merek terbesar PSA di dunia, sedangkan Opel dan Vauxhall adalah merek terbesar PSA di Eropa. Dengan penjualan 3.246 juta unit, PSA menjadi perusahaan otomotif terbesar di Eropa pada 2016.

11. Renault

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Renault

Renault adalah salah satu produsen tertua di dunia

Perusahaan Prancis in merupakan perusahaan terbesar ke-9 di dunia dalam segi produksi kendaraan. Didirikan sejak 1989, perusahaan yang bermarkas di Boulogne-Billancourt, tak jauh dari Paris ini menaungi beberapa merek, seperti Renault, Dacia, dan Samsung.

>>> Baca juga: Spesifikasi Renault Koleos 2017 Indonesia: SUV Premium yang Hadirkan Ekslusivitas

12. Tata

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Tata

Berdiri sama seperti Indonesia, Tata menaungi Tata Motors, Land Rover dan Jaguar

Tata berdiri sama seperti Republik Indonesia, yaitu pada tahun 1945 dengan markas di Mumbai, India. Menjadi produsen mobil, truk, vans, peralatan konstruksi serta kendaraan militer, Tata saat ini membawahi Tata Motors, Land Rover, dan Jaguar.

13. Toyota

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Toyota

Toyota adalah perusahaan pertama yang memproduksi 10 juta kendaraan per tahun

Toyota Motor Corporation yang biasanya disebut dengan Toyota merupakan perusahaan otomotif multinasional yang berbasis di Toyota, Aichi, Jepang. September 2018, Toyota menjadi pabrikan terbesar kedua di dunia, Toyota membawahi merek Toyota, Lexus dan Daihatsu. Toyota merupakan pabrikan otomotif pertama yang mampu memproduksi 10 juta kendaraan per tahun sejak 2012.

>>> Baca juga: Review Toyota Kijang Innova G 2016: Pilihan Utama Dibanding Mitsubishi Xpander Baru

14. Volkswagen

Gambar yang menunjukan logo perusahaan Volkswagen

Beetle dari Volkswagen didirikan di bawah kekuasaan Adolf Hitler

Perusahaan yang dikenal dengan mobil ‘kumbang’nya ini sering disingkat VW dan didirikan pertama kali pada 28 Mei 1937 oleh German Labour Front dibawah Adolf Hitler. Bermarkas di Wolfsburg, Volkswagen Group mencatat penjualan otomotif terbesar di dunia pada 2016. Merek yang bergantung pada nama VW adalah Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini, Porsche, Skoda, Seat, dan Volkswagen.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top