Intip Biaya Sewa Bus Hidrogen Toyota di Olimpiade Tokyo 2020

05/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Meski menawarkan pengendaraan yang ramah lingkungan, ternyata biaya memiliki bus hidrogen yang diperkenalkan pada Olimpiade Tokyo 2020 patut diperhitungkan.

Penggunaan mobil berbahan bakar hidrogen merupakan salah satu cara Jepang untuk memamerkan jalanan yang ramah lingkungan pada Olimpiade Tokyo 2020. Tapi di tengah kesuksesan Tokyo memperkenalkan bus berbahan bakar hidrogen, ternyata ada harga besar yang harus dibayar, yaitu biaya kepemilikan yang lebih tinggi dibandingkan bus berbahan bakar bensin maupun diesel.

Biaya penyewaan tinggi

Meski disebut memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan mobil berbahan bakar konvensional, tapi ternyata harga untuk sebuah truk hidrogen pada Olimpiade Tokyo 2020 cukup tinggi. Untuk mendapatkan 100 bus hidrogen pertama, pemerintah lokal Jepang harus menaikkan subsidi untuk menutupi 80% dari biaya sewa.

Biaya kepemilikan bus yang dikenal dengan nama Toyota Sora ini pun tak bisa dibilang murah. Dilansir dari Financial Times, harganya mencapai $ 900.000 (sekitar Rp 12 miliar) untuk penyewaan selama 6 tahun. Bandingkan dengan harga $ 200.000 (sekitar Rp 2,8 miliar) yang bisa digunakan untuk bus bertenaga diesel dengan masa penyewaan 15 tahun.

Toyota Sora di Olimpiade Tokyo 2020 sedang di jalan
Butuh biaya Rp 12 miliar untuk menyewa bus hidrogen Toyota ini

>>> Harga Medali Emas Olimpiade Hanya Bisa Nyicil Daihatsu Ayla

“Biaya bahan bakar juga lebih tinggi,” kata Daisuke Harayama, yang bertanggung jawab atas operasi di Tokyu Bus ketika diwawancarai oleh CleanTechnica. “Biaya bahan bakar 2,6 kali lebih tinggi untuk FCV (kendaraan hidrogen) daripada diesel.”

Selain itu, sebagian besar terminal bus di Jepang masih belum memiliki fasilitas pengisian bahan bakar hidrogen. Sehingga untuk mengisi daya, maka bus harus dibawa ke stasiun pengisian bahan bakar hidrogen terdekat. Bukan hanya memakan waktu tempuh, tapi juga biaya yang harus dikeluarkan.

>>> Ada Mobil Unik Toyota di Cabor Baseball Olimpiade Tokyo 2020

Masih kalah dibanding bus listrik

Mesin berbasis hidrogen memang menjanjikan penurunan emisi karbon yang lebih baik dibandingkan mesin berbahan bakar bensin maupun diesel. Tapi untuk transportasi, mesin hidrogen masih belum bisa bersaing dengan kendaraan listrik baterai karena biaya kepemilikan yang masih tinggi.

bus hidrogen yang ada di China
Biaya kepemilikan bus hidrogen masih tinggi

“Saya pikir akan sulit untuk menggunakan sel bahan bakar untuk saat ini. Kami tidak melihatnya sebagai apakah sel bahan bakar itu baik atau buruk. Akan tiba saatnya kita tidak bisa lagi menggunakan diesel, jadi kita perlu memikirkan opsi-opsinya,” tutup Harayama.

>>> Dapatkan harga mobil Toyota baru dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top