Sederet Langkah Mengatasi Polusi Udara di Indonesia

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Sederet Langkah Mengatasi Polusi Udara di Indonesia
Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi berharap masyarakat gunakan angkutan umum dan BBM RON tinggi untuk atasi polusi udara di Indonesia.

Berbicara pada sebuah acara diskusi virtual Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengimbau kota-kota besar di Indonesia yang masih bermasalah dengan kemacetan untuk menggunakan BBM beroktan tinggi. Hal ini dilakukan agar tidak mencemari udara.

>>> Udara Jakarta Masih Tak Sehat Meski Jalan Lengang karena PSBB Ketat

Gambar menunjukan acara grab

Budi Karya Sumadi (Tengah) pada peluncuran Armada Grab Car Elektrik Hyundai IONIQ Electric Vehicle

6,5 juta jiwa Meninggal Akibat Pencemaran Udara

"Dunia ini semakin mengkhawatirkan atas pencemaran lingkungan. Penyumbang pertama dari pencemaran lingkungan adalah kemacetan. Kalau kita lihat dari kajian internasional menyebutkan buruknya kualitas udara akibat pencemaran udara mengakibatkan kematian 6,5 juta jiwa pertahun. Banyak sekali korban akibat pencemaran udara udara ini." kata Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi dalam acara diskusi virtual (12/10).

"Kalau kita lihat lagi dan petakan motor dan mobil penyumbang polusi udara karena menggunakan bahan bakar minyak dengan oktan yang rendah seperti premium yang memiliki dampak yang buruk untuk lingkungan." sambungnya.

>>> Auto2000 Sediakan Fasilitas Uji Emisi Gas Buang Gratis saat Servis Berkala

Gambar menunjukan pom bensin

Gunakanlah BBM dengan oktan tinggi

Masyarakat Diminta Gunakan BBM Beroktan Tinggi

Budi Karya mengungkapan bahwa masyarakat juga harus beralih pada mode angkutan umum massal untuk mengatasi pencemaran udara di Indonesia.Budi juga meminta agar fasilitas yang telah dibangun pemerintah seperti bus rapid transit (BRT) dan light rapid transit (LRT) dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat.

"Kota Palembang merupakan kota yang hebat, tetapi terkait udara yang ramah lingkungan ini harus ditingkatkan oleh sebab itu Kementerian Perhubungan telah buat langkah-langkah untuk meningkatkan ketersediaan angkutan umum massal berbasis LRT dengan dana yang tidak sedikit hingga Rp 10 triliun. Karenanya apa yang ada ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita harus memikirkan transportasi yang berkelanjutan dengan kualitas udara dan keselamatan yang lebih baik." jelasnya.

Selain itu, bagi kota di Indonesia yang memiliki masalah kemacetan pemerintah kotanya untuk mengatasi polusi udara di Indonesia harus mengatur masyarakatnya untuk mulai beralih BBM dengan RON tinggi agar tidak mencemari kualitas udara dan tidak membahayakan kesehatan.

"Pertamina telah menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan seperti Pertamax, Pertalite, Pertamina Dex dengan harga yang dinilai masih terjangkau untuk masyarakat." tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top