Seberapa Kuat Toyota Rush GR Sport Bertarung dengan Para Rival?

20/09/2021

Pasar mobil

3 menit

GR Sport bikin Toyota Rush naik level dari low SUV biasa jadi lebih bergengsi. Lantas, seberapa kuat Toyota Rush GR Sport ini berhadapan dengan para rival?

Eksklusivitas Gazoo Racing (GR) Sport kini bisa dinikmati banyak kalangan. Toyota memutuskan menyematkan nama tersebut sebagai varian tertinggi dari 5 model unggulannya di tanah air.

Salah satunya Toyota Rush, yang sebelumnya menyandang emblem TRD Sportivo berganti menjadi Toyota Rush GR Sport.

Foto menunjukkan Toyota Rush GR Sport warna merah

Rush GR Sport, sedikit ubahan bikin menarik

Menaikkan gengsi

Ada sejumlah perubahan pada Rush GR Sport, yaitu under guard bumper depan, bezel fog lamp, side body moulding, under guard bumper belakang, penambahan fitur Automatic Idling Stop System (IDS), serta head unit dengan Android Auto dan Apple Car Play.

Namun, bukan ubahan di atas yang bikin Rush naik level. Melainkan nama GR Racing itu sendiri. Bagi sebagian orang mengendarai mobil dengan label istimewa terasa sangat beda. Gengsinya lebih terangkat dari sekadar perubahan fisik maupun harga kendaraan.

Pertanyaannya kemudian, seberapa kuat varian baru ini menghadapi para rival?

Berbicara persaingan, Toyota Rush sudah terbukti sangat favorit. Di kelasnya Rush menjadi model paling banyak terjual dibanding model lain.

>>> 6 Perbedaan Toyota Rush TRD Sportivo dan GR Sport

Foto Toyota Rush GR Sport warna hitam

Toyota Rush, masih yang terlaris di segmen low SUV

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan Toyota Rush pada periode Januari - Juli 2021 telah mencapai 25.891 unit dengan penjualan bulanan rata-rata tidak kurang dari 2.500 unit.

Kemunculan varian GR Sport diyakini bakal memperkuat posisinya sebagai Low SUV paling laris di Indonesia.

Meski demikian, Toyota juga harus waspada karena rival juga tidak akan tinggal diam. Ada Suzuki XL7 yang saat ini jadi andalan PT Suzuki Indomobil Sales di segmen mobil penumpang.

Lalu Honda BR-V yang terus dipertahankan. Meski penjualannya jauh di bawah Rush mobil ini masih punya konsumen setia.

Belum lagi model baru Honda N7X yang segera masuk pasar. MPV bergaya SUV ini berpeluang mengganggu pasar low MPV dan low SUV sekaligus.

>>> Komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush, Antara SUV Crossover dan Sedan Tinggi

Foto Honda N7X Concept tampak depan

Honda N7X bakal jadi lawan baru Toyota Rush

Spesifikasi dan Harga

Secara teknis, spesifikasi Toyota Rush GR Sport tak berbeda dengan varian G maupun TRD Sportivo sebelumnya.

Tetap menggunakan mesin bensin 2NR-VE 1.500 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i, dengan tenaga maksimum 102,5 HP (104 PS) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 137 Nm pada 4.200 rpm.

Harganya per September 2021 adalah Rp 270.800.000 untuk tipe 1.5 S M/T GR Sport dan Rp 280.900.000 untuk tipe 1.5 S A/T GR Sport.

>>> Cek harga terbaik Toyota Rush bulan ini dan dapatkan promonya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top