Seberapa Besar Pengaruh Corona Bagi Wuling Motors Indonesia?

14/02/2020
Virus Corona mewabah cepat di Wuhan China membuat banyak pabrikan otomotif tutup. Lalu seberapa besar pengaruh Corona terhadap Wuling Motors di Indonesia?

Kegiatan ekonomi Kota Wuhan terpuruk seiring mewabahnya virus Corona. Kota di Provinsi Hubei tersebut terpaksa diisolasi pemerintah agar wabah tidak menyebar ke seluruh penjuru. Beberapa produsen otomotif dunia seperti Honda, Renault, Volkswagen, General Motors, dan Toyota terpaksa libur sementara waktu yang membuat produktivitas mereka menurun drastis.

Foto Kota Wuhan yang menjadi sepi akibat virus Corona

Corona mewabah, Kota Wuhan lumpuh

Tidak hanya menutup pabrik di China, beberapa pabrikan dilaporkan menutup pabrik mereka yang berada di luar China. Hyundai misalnya terpaksa menunda produksinya yang berada di Korea Selatan selama sepekan karena tersendatnya pasokan material dari China. Nissan juga menutup pabriknya di Jepang dengan alasan yang sama.

Harga Produk China Naik

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus memprediksi ada efek berantai dari wabah virus Corona di China berupa naiknya harga produk-produk China di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Beberapa produk yang diimpor dari China atau produk yang bahan bakunya diimpor dari China sangat mungkin naik harga karena pasokan menurun, sesuai hukum supply-demand.

"Kalau kelangkaan kan otomatis harganya naik, jadi lebih mahal ya," kata Heri, seperti dikutip dari Detik, (12/2/2020). "Barang konsumsi kita selama ini kalau dari China impornya komponen elektronik dan elektronik. Kemudian telekomunikasi kayak handphone gitu, gadget. Terus tekstil dan turunannya atau produk-produk tekstil. Itu tiga produk yang mungkin akan mengalami shock ya," tambahnya..

>>> Beda Kelas SUV Wuling Almaz vs Glory 560, Siapa Paling Layak Dibeli?

Foto menunjukkan stok barang di pusat perbelanjaan kosong

Supply-Demand, pasokan tersendat harga barang menjadi mahal

Berpengaruh bagi Wuling Motors?

Pihak Wuling Motors menyatakan hingga saat ini aktivitas Wuling di Indonesia khususnya yang berkaitan dengan produksi tidak terpengaruh, pabrik di Cikarang masih berjalan normal. Begitu juga dengan pasokan komponen juga masih aman mengingat sebagian besar komponen diproduksi lokal di sekitar pabrik Cikarang. Dengan kondisi ini harga jual mobil Wuling dipastikan tidak berubah.

"Untuk kejadian (corona) itu sebenarnya kita tidak terlalu terpengaruh. Karena memang kita kan produksinya di Cikarang." kata Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, seperti dikutip dari Detik, (12/2/2020). "Seluruh lini produk Wuling (di Indonesia) diproduksi di fasilitas kami yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Maka dari itu, harga produk Wuling tidak berpengaruh," tambahnya.

Terkait virus Corona yang dikhawatirkan terbawa dari negara asalnya Wuling Motors sudah melakukan langkah antisipasi. Selain membatasi perjalanan dari dan ke China bagi para karyawan, Wuling mewajibkan kebijakan inspeksi kesehatan di kedua negara bagi karyawan yang melakukan perjalanan dari China ke Indonesia.

>>> Wabah Corona Virus, Petinggi Pabrikan China Enggan ke Auto Expo 2020 India

Foto menunjukkan proses produksi di pabrik Wuling Cikarang

Pabrik Wuling di Cikarang tetap beroperasi seperti biasa

>>> Simak berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain