Sean Gelael Sapu Bersih Dua Balapan ALMS Abu Dhabi

22/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Sean Gelael dari Tim Jagonya Ayam KFC Indonesia mantapkan persiapan jelang musim WEC 2021 dengan menyabet dua kemenangan Asian Le Mans Series (ALMS) Abu Dhabi.

Sean Gelael melanjutkan tren positif dari balapan di Dubai pekan lalu dengan memenangi dua balapan penutup Asian Le Mans Series (ALMS) musim 2021 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Menggunakan sasis Oreca 07 #28 milik JOTA Racing, Sean Gelael didampingi oleh pembalap Inggris, Tom Blomqvist di dua balapan ALMS Abu Dhabi dan mengakhiri musim Asian Le Mans Series 2021 dengan dua torehan maksimal.

>>> Pulang dari Dubai, Sean Gelael Kantongi Poin di Kedua Balapan

Kemenangan dengan scenario berbeda

Pun demikain, perjuangan Sean Gelael dan Tim Jagonya Ayam tidak bisa dibilang mudah. Pada Race 3 yang berlangsung Jumat (19/2), Blomqvist alami kecelakaan cukup parah di kualifikasi, dan tim harus berpacu melawan waktu agar mobil bisa turun balapan.

Sean Gelael beraksi di ALMS Abu Dhabi 2021

Gelael dan Blomqvist membalikkan keadaan dari insiden kualifikasi menjadi kemenangan dominan di Race 3

Start dari posisi kelima, Blomqvist mengambil alih 1 jam awal dan Gelael menuntaskan stint selanjutnya selama tiga jam non-stop.

Berkat penampilan konsisten dari kedua pembalap, dan juga strategi brilian JOTA Sport, tim berhasil membalikkan keadaan dan finis pertama setelah menuntaskan balapan selama 4 jam dengan menempuh 114 putaran, unggul satu lap dari posisi kedua.

Sementara itu di Race 4 ALMS Abu Dhabi, Sean Gelael gantian memulai balapan dari posisi ketiga. Ia kembali membalap 3 jam, tapi bedanya kali ini tidak non-stop. Pada balapan ini, Gelael membalap di 2 jam pertama, lalu Blomqvist mengambil alih kendali mobil sebelum Sean menuntaskan satu jam terakhir balapan.

Berbeda dari Race 3 ALMS Abu Dhabi, duet Gelael-Blomqvist tidak terlalu dominan, di mana keduanya bertarung dengan dua mobil G-Drive #25 dan #26, serta Phoenix Racing #4 di empat besar sepanjang balapan.

Aksi Sean Gelael membalap di Asian Le Mans Series Abu Dhabi Race 4

Berbeda dari Race 3, Gelael menahan gempuran bertubi-tubi dari G-Drive #25 di akhir Race 4

Puncaknya di 10 menit terakhir, di mana Gelael yang kesulitan dengan grip ban serta traffic mulai dikejar oleh G-Drive #25 yang berisikan John Faib, Franco Colopinto, dan Rui Pinto de Andrade.

Pertarungan menarik antara Gelael dan Colopinto pun tak terelakan, namun Sean berhasil mengantarkan JOTA Sport #28 yang didukung Tim Jagonya Ayam di posisi pertama, unggul 0,428 detik atas Colopinto.

Phoenix Racing #5 yang diisi oleh Kelvin van der Linde, Matthias Kiser, dan Simon Trummer finis di posisi ketiga. Adapun finis keempat ditempati G-Drive #26 dengan pembalap Rene Binder, Ferdinand Habsburg, dan Yifei Ye.

>>> Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi Mobil Balap LMP2 Sean Gelael

Tuntaskan ALMS 2021 sebagai runner-up

Setelah akhir pekan yang fluktuatif di Dubai Autodrome dengan finis kedua dan keenam, torehan kemenangan ganda dari Sean Gelael, Stoffel Vandoorne, dan Tom Blomqvist mengerek posisi mereka dari klasemen Asian Le Mans Series 2021.

Sean Gelael dan Tom Blomqvist berpose dengan trofi ALMS 2021 Abu Dhabi

Torehan sempurna mengantarkan JOTA Sport #28 mengisi tempat kedua klasemen tim ALMS 2020

Memang, hasil tersebut masih kurang untuk menggeser G-Drive #26 dari puncak klasemen dengan 81 poin. Namun, JOTA Sport #28 naik ke posisi kedua ALMS 2021 dengan torehan total 78 poin.

Meski tidak menjuarai kompetisi, ALMS 2021, kiprah trio Tim Jagonya Ayam KFC Indonesia merupakan pencapaian positif, dan menjadi persiapan ideal jelang perang sesungguhnya di World Endurance Championship (WEC) kategori LMP2, yang akan bergulir di Portugal dengan balapan bertajuk Portimao 8 jam.

Klasemen akhir Asian Le Mans 2021 kategori tim LMP2

1. #26 G-Drive Racing – 81 Poin

2. #28 Jota Sport – 78

3. #25 G-Drive Racing – 66

4. #5 Phoenix Racing – 57

5. #64 Racing Team India – 42

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top