Pulang dari Dubai, Sean Gelael Kantongi Poin di Kedua Balapan

15/02/2021

Pasar mobil

4 menit

Pulang dari Dubai, Sean Gelael Kantongi Poin di Kedua Balapan
Sean Gelael dan tim Jagonya Ayam KFC Indonesia mengakhiri seri pertama Asian Le Mans Series DubaI 4 jam dengan poin di kedua balapan, termasuk podium di Race 1.

Jelang berlaga di kejuaraan World Endurance Championship (WEC) musim 2020, Sean Gelael dari Tim Jagonya Ayam KFC Indonesia turun di kejuaraan Asian Le Mans Series, dengan akhir pekan lalu mengikuti Dubai 4 jam di Sirkuit Dubai Autodrome.

Di balapan ini, Sean Gelael didampingi oleh pembalap tes Mercedes-AMG F1, Stoffel Vandoorne, dan mengendarai mobil LMP2 #28 milik JOTA Sport di Abu Dhabi.

>>> Buka Musim Balap 2021, Sean Gelael Incar Podium di Dubai

Balapan penuh drama, podium Race 1

Drama dimulai dari Race 1, saat tim JOTA Sport yang memulai balapan dari posisi keempat. Gelael yang memegang kendali mobil di paruh awal balapan, coba mengambil alih pimpinan balapan, Sean justru senggolan dengan rivalnya sesama LMP2, dan kehilangan posisi setelah melintir dan masuk pit.

Sean Gelael Stoffel Vandoorne Dubai ALMS Race 1

Sempat terlibat insiden, JOTA Sport #28 bisa finis di posisi kedua pada Race 1

Perlahan namun pasti, Sean Gelael dan Stoffel Vandoorne secara bergantian merangkak naik dan masuk dua besar. Meski kembali terhambat penalty stop-and-go selama lima detik, JOTA Sport #28 finis di posisi kedua.

“Kami senang dan bersyukur bisa keluar dari semua drama saat balapan. Ada satu balapan lagi besok dan kami harus satu posisi lebih baik!" kata Sean mengomentari podium balapan pertama Dubai 4 jam.

>>> Mengenal Lebih Dekat Spesifikasi Mobil Balap LMP2 Sean Gelael

Kerja keras demi poin

Pada balapan kedua Dubai 4 jam, Nasib Sean Gelael dan Stoffel Vandoorne di Race 2 tidak sebaik sebelumnya. Start dari posisi ketiga, pendekatan Gelael lebih berhati-hati, pun demikian JOTA Sport #28 sempat memimpin setelah 14 Lap.

Naas tak bisa dihindari, satu lap kemudian Gelael terlibat insiden dengan mobil LMP3 di Tikungan 6. Alhasil, mobil harus masuk pit dan diperbaiki selama 5 menit 50 detik. Insiden ini membuat Gelael tercecer di posisi ke-29, namun ia bisa merangkak naik ke posisi kelima sebelum digantikan Vandoorne. Namun, drama belum berakhir di sini.

JOTA Sport ALMS Dubai Race 2

Kerusakan mobil yang cukup parah menghambat usaha Sean Gelael untuk naik podium di Race 2

Masalah kembali dialami Tim Jagonya Ayam KFC Indonesia, mobil kembali alami masalah saat dikemudikan Vandoorne. Alhasil, mobil harus kembali diperbaiki selama 10 menit, dan JOTA #28 tercecer dari persaingan LMP2 saat balapan menyisakan 1 jam 44 menit lagi.

Kemudian, Stoffel dan Sean saling bantu agar mobil tetap bisa finis dan meraup poin penting. Pada akhirnya, keduanya finis di posisi keenam, dan mendulang delapan poin dari balapan yang tidak ideal.

"Bukan hasil balapan yang diinginkan, tapi paling tidak kami masih bisa membawa pulang poin yang mungkin saja penting di akhir kejuaraan," kata Sean, pebalap yang didukung Pertamina dan BNI.

Tim G-Drive #26 kembali memenangi lomba. Trio crew Yifei Ye (China), Ferdinand Habsburg (Austria), dan Rene Binder (Austria) mengumpulkan poin penuh dari dua balapan di Dubai, yakni 50. Sedang tim JOTA Sport #28 yang berisikan Gelael, Vandoorne, dan Tom Blomqvist menghuni tempat keempat klasemen LMP2 Asian Le Mans Series dengan torehan 26 poin.

Adapun dua seri Asian Le Mans 2021 berlanjut di Abu Dhabi, tepatnya Yas Marina dengan dua balapan empat jam pada 19-20 Februari 2020. Sedang putaran pertama WEC akan dihelat di Portimao yang akan menghelat balapan 8 jam pada 4 April mendatang.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top