Sayonara Mesin Konvensional! Setelah 2026 Line Up Audi Full Elektrik

24/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Audi akan meluncurkan mobil dengan mesin pembakaran dalam terakhirnya di tahun 2026. Namun akan tetap menjual mobil-mobil tersebut hingga tahun 2030-an.

Para petinggi Audi dilaporkan telah menyetujui rencana yang akan membuat pabrikan mobil ini meluncurkan mobil bermesin pembakaran dalam terakhirnya di tahun 2026. Menurut laporan dari publikasi Jerman Süddeutsche Zeitung, CEO Audi Markus Duesmann mempresentasikan jadwal elektrifikasi baru kepada dewan manajemen pada 17 Juni. Kabar tersebut diharapkan akan diumumkan secara resmi dalam beberapa hari mendatang.

Elektrifikasi Audi

Percepatan target elektrifikasi ini akan sejalan dengan ambisi yang ditetapkan oleh perusahaan induknya, Volkswagen Group, yang sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa mereka akan mengalihkan fokus sepenuhnya ke kendaraan listrik di Eropa mulai tahun 2026.

Gambar Markus Duesmann

Markus Duesmann sudah mempresentasikan jadwal elektrifikasi Audi

Perkembangan jajaran mobil listrik Audi terbilang cukup pesat. Sejak peluncuran mobil listrik pertamanya pada tahun 2018, e-tron SUV, yang kemudian dilanjutkan dengan peluncuran fastback e-tron GT dan crossover e-tron Q4.

Gambar Audi e-tron

SUV e-tron yang sudah diluncurkan sejak 2018

Pabrikan berlambang empat cincin ini juga berencana untuk meluncurkan sedan e-tron A6 dan SUV e-tron Q5 pada tahun 2022. Hampir setiap mobil mainstream di jajaran produk Audi saat ini pun sudah tersedia dengan powertrain hybrid plug-in.

>>> Koenigsegg dan Geely Akan Membuat Mobil Berbahan Bakar Metanol Dari Gunung Berapi

Mereka akan menjual mobil bermesin pembakaran hingga tahun 2030-an, namun, model mesin pembakaran dalam terakhir tersebut diharapkan memiliki siklus hidup konvensional sekitar tujuh tahun mulai tahun 2026.

>>> Jangan Asal Terabas Genangan Air di Jalan Tol! Lakukan Ini Agar Tetap Aman Saat Berkendara

Belum diketahui model mana yang akan menampilkan mesin terakhir dari Ingolstadt ini, tetapi Q5 generasi saat ini menjadi kandidat utama.

Penyebrangan Audi ke Mobil Listrik

Pabrikan asal Jerman ini akan menjadi pabrikan mobil terbaru yang mengakhiri program pengembangan mesin pembakaran dalamnya. Sebelum Audi, Fiat sudah berencana untuk menghapus semua mesin pembakaran dalam secara bertahap pada tahun 2030.

Gambar Fiat 500 Electric

Fiat sudah mulai fokus pada produksi mobil listrik

Jaguar juga akan melakukan rebrand sebagai merek mobil mewah khusus EV (electronic vehicle) pada tahun 2025 dan Mini akan meluncurkan mobil mesin pembakaran dalam terakhirnya pada tahun 2025. Keputusan ini ini didorong oleh peluncuran peraturan emisi Eropa baru yang ketat, yang dikenal sebagai Euro.

>>> Honda Civic Hatchback Terbaru Resmi Diluncurkan, Intip Tampilannya Di Sini

Petinggi Audi memang belum memberikan tanggal tepat peluncuran mobil mesin bakar dalam terakhir mereka, namun mereka mengisyaratkan bahwa ini akan menjadi yang terbaik dari yang pernah mereka produksi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top