Sayonara Honda Jazz!

03/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sayonara Honda Jazz!
Nasib Honda Jazz di Indonesia akhirnya terungkap. PT Honda Prospect Motor memutuskan untuk menghentikan produksi sekaligus penjualan Jazz di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor akhirnya memutuskan untuk menyetop produksi Jazz di Indonesia. Eksistensi Honda Jazz di Indonesia bakal digantikan sang pendatang baru City Hatchback RS. Spekulasi Jazz digantikan City Hatchback RS sendiri sudah mencuat sejak akhir tahun lalu. 

Tapi saat itu, Honda menegaskan bahwa pihaknya masih melakukan studi mendalam. Hingga akhirnya di peluncuran City Hatchback RS nasib Jazz semakin jelas. 

Gambar menunjukkan Tampak Honda Jazz RS CVT 2017 berwarna orange

Honda Jazz akhirnya setop diproduksi

>>> Mengintip Spesifikasi Jazz Terbaru Seharga Rp 1 Miliar di Singapura

Produksi Honda Jazz Dihentikan

Bukan tanpa alasan, Honda sebelumnya telah melakukan studi sebelum akhirnya memutuskan menyetop produksi dan penjualan Jazz di Indonesia terlebih saat model terbaru hatchback tersebut meluncur pada ajang Tokyo Motor Show 2019. 

"Saat ini memang kami tidak memproduksi lagi Jazz di Indonesia. Namun kami terus mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia," ungkap Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam sesi peluncuran, Rabu (3/3/2021). 

Jazz dinilai paling pas untuk digantikan oleh City Hatchback RS. Menurut Honda, City Hatchback RS punya karakteristik yang sama dengan Jazz. Namun demikian Billy mengklaim bahwa City Hatchback lebih baik ketimbang Jazz. 

Honda City Hatchback

Karakter Jazz dinilai bisa digantikan City Hatchback RS

Honda juga memproduksi City Hathcback RS di pabriknya kawasan Karawang. Ini sekaligus menandakan bahwa line produksi Jazz digantikan oleh City Hatchback RS.

"Karakternya sama dengan Honda Jazz, engine lebih baik jadi kami anggap sama. Karakter Honda Jazz sama bahkan lebih bagus. Value for moneynya lebih baik," kata Billy lagi. 

>>> Ini Makna Emblem RS Pada New Honda Civic Hatchback RS

Karakter Jazz Bisa Digantikan City Hatchback RS

Seperti disebutkan sebelumnya, Jazz model terbaru sudah meluncur di ajang Tokyo Motor Show November 2019. Honda memberikan banyak ubahan pada hathcback andalannya itu. Paling jelas ada di sisi eksterior kemudian ubahan juga tersemat pada interior, maupun fitur di dalamnya. 

Banyaknya ubahan pada Jazz terbaru membuat karakternya ikut berubah. Jazz yang biasa hadir dengan tampilan sporty kini terlihat lebih futuristik. Berubahnya karakter Jazz menjadi alasan mengapa hatchback itu tak dikenalkan di Indonesia. 

Honda Jazz

Desain Jazz terbaru lebih cocok untuk pasar Jepang

Penjualan Jazz pun bisa dibilang masih bagus. Terakhir Billy mengatakan penjualan Jazz saat ini mencapai lebih dari 500 unit per bulan.

"Sekarang kami tidak produksi lagi. Jadi delivery Honda Jazz terakhir bulan lalu ya, kalau stok masih ada 300 unit di dealer kami," tutup Billy. 

Bagi Anda pemilik Jazz tak perlu khawatir. Honda menyebut akan tetap menyediakan layanan purnajual seperti model lainnya. 

>>> Honda City Hatchback RS Meluncur di Indonesia Tanpa Mesin Turbo

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top