Satu Ruas Tol Padang-Pekanbaru Ditargetkan Selesai Tahun Ini

25/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Satu Ruas Tol Padang-Pekanbaru Ditargetkan Selesai Tahun Ini
Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru seksi 6, yakni Ruas Tol Bangkinang-Pekanbaru ditargetkan selesai tahun 2021 ini dan segera bisa digunakan oleh masyarakat

Memasuki tahun 2021 pembangunan infrastruktur jalan tol berlanjut. Salah satunya pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru yang merupakan jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola memastikan pekerjaan konstruksinya terus berjalan.

Menurut Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan PT HK, Muhammad Fauzan progres konstruksi jalan tol tersebut kini mencapai 56%. Sedangkan yang lain seperti pembebasan lahan juga terus berjalan.

“Pembangunan konstruksi pada Tol Pekanbaru-Bangkinang cukup progresif. Hingga saat ini, progres konstruksinya sudah mencapai 56%. Sedangkan untuk proses pembebasan lahan yakni kegiatan pemberian Uang Ganti Kerugian (UGK) bagi masyarakat  terus berjalan dengan metode pembayaran langsung melalui LMAN oleh Kementerian PUPR.” kata Fauzan dalam keterangannya.

Foto menunjukkan salah satu jalan tol di Provinsi Riau

Target selesai tahun ini

Dari 6 seksi yang ada, Seksi 6 (Bangkinang-Pekanbaru) yang dikerjakan kontraktor PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) kini memasuki tahap akhir. Dalam penuturannya Fauzan menyebut ruas dengan panjang sekitar 40 Km ini ditargetkan selesai tahun ini.

“Kami berharap pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembangunan tol ini dapat mendukung  dengan baik, sehingga target yang telah ditentukan perusahaan untuk dapat menyelesaikan  konstruksi Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pekanbaru-Bangkinang di tahun 2021 dapat  tercapai,” jelas Fauzan.

Sementara itu Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti menuturkan proses konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang menghadapi tantangan berbeda dengan yang lain. Salah satunya kondisi tanah yang hampir selalu basah dan tergenang oleh hujan.

“Intensitas curah hujan yang tinggi membuat tim proyek harus melakukan sejumlah pekerjaan untuk menangani tanah yang basah, seperti pembuatan subdrain, memasang pompa di  sekitar lokasi pekerjaan dan pekerjaan perkuatan tanah (soil improvement). Ini menjadi tantangan yang kerap kali dijumpai di lapangan,” jelas Aji.

>>> Tinggal di Pekanbaru, temukan mobil pilihanmu di sini!

Foto menunjukkan pembangunan gerbang masuk Seksi 1 Tol Padang-Sicincin

Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru terkendala cuaca

Tol Padang-Pekanbaru

Jalan Tol Padang- Pekanbaru merupakan salah satu jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Panjangnya mencapai 254 Km membentang dari Kota Pekanbaru Provinsi Riau hingga Kota Padang Provinsi Sumatra Barat melewati Kota Bukittinggi dan Payakumbuh. Proses pembangunan Tol Padang-Pekanbaru terbagi menjadi 6 Seksi, yaitu Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang, dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Khusus untuk ruas Tol Bangkinang-Pekanbaru dirancang memiliki 6 jembatan dan 2 rest area. Sedangkan untuk progres yang telah dikerjakan diantaranya main road, overpass, box traffic, dan box drain. Kelak, jika jalan ruas ini selesai bakal mempersingkat waktu tempuh Bangkinang-Pekanbaru menjadi sekitar 30-45 menit, dibanding melewati jalan nasional yang memakan waktu 1 jam 40 menit hingga 2 jam. Selain kondisi jalan, jarak untuk jalan nasional juga lebih panjang, yaitu 58,8 Km.

>>> Sepanjang 2020 Hutama Karya Garap 10 Jalan Tol Trans Sumatra

Foto menunjukkan salah satu bagian Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Jarak tempuh Padang-Pekanbaru makin singkat lewat jalan tol

>>> Baca berita menarik lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top