Satu Lagi Persembahan Indonesia, Mobil Listrik Garuda Karya UNY

27/06/2019

Pasar mobil

4 menit

Satu Lagi Persembahan Indonesia, Mobil Listrik Garuda Karya UNY
Tepat di momen Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ke-55, mobil listrik bernama Garuda UNY telah lahir. Ini menjadi salah satu bukti dari karya anak bangsa yang siap menyambut era kendaraan ramah lingkungan di tahun 2025.

Dies Natalis UNY Ke-55

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) beserta rektor UNY, menyambut acara Dies Natalis dengan peluncuran mobil listrik Garuda. Rektor UNY yakni Sutrisna Wibawa, berharap besar dari momentum berharga ini, supaya UNY terus berkembang serta menjadi World Class University. Hal ini juga menjadi suatu bentuk pembangunan pendidikan di Tanah Air.

Mobil Listrik Garuda UNY hadir di acara Dies Natalis UNY ke-55

Peluncuran mobil listrik Garuda UNY di acara Dies Natalis ke-55

>>> Ketahui harga pasaran dari mobil baru dan bekas, dengan klik link ini

Langkah Ke Depan Mobil Listrik Indonesia

Kemenristekdikti juga menargetkan agar Indonesia dapat menciptakan kendaraan listrik sendiri di tahun 2025. Hingga saat ini, Kemenristekdikti sudah membuat anggaran sebesar Rp. 100 miliar tiap tahunnya untuk kebutuhan riset kendaraan listrik. Selain hemat energi, hal yang disasar dari mobil listrik adalah aspek bebas polusinya. Nantinya, mobil listrik akan dikomersialkan dengan menggandeng industri otomotif terkait dan industri suku cadang kendaraan listrik.

>>> Preview Toyota Concept-i 2017: Kendaraan Masa Depan Persembahan Toyota

Mohamad Nasir selaku Menristekdikti juga menegaskan supaya karya anak bangsa tidak berhenti di tahap inovasi saja tapi juga harus berani melangkah ke arah komersialisasi. Sama seperti halnya mobil listrik Garuda UNY rakitan mahasiswa Fakultas Teknik UNY, yang menjadi bukti karya anak bangsa.

Mobil Listrik UNY dipamerkan dalam tiga model di acara Dies Natalis ke-55

Berbagai mobil inovatif besutan mahasiswa UNY

Adapun pagelaran tersebut juga menampilkan Mobil Hemat Energi yang sempat memecahkan rekor Asia, menempuh 283 Km dengan meneguk 1 Liter BBM. Hadir pula Hari Purwanto selaku Staf Ahli Menteri Bidang Infrastruktur serta tamu undangan lainnya.

>>> Simak juga berita otomotif terupdate dari Indonesia dan mancanegara hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top