Wow! Sanksi Tilang Manjur, Pelanggar Ganjil Genap Turun Drastis

07/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ancaman sanksi tilang Ditlantas Polda Metro Jaya cukup manjur, jumlah pelanggar ganjil genap khususnya di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan turun drastis.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengungkapkan jumlah pelanggar ganjil genap semakin berkurang. Bahkan hingga nyaris tidak ada sama sekali.

“Jadi dari mulai diterapkan di sini yang ditegur atau diputarbalikkan makin hari makin menurun. Hari pertama itu ada 20 pelanggaran, lalu kemudian menurun 13, dan Kamis pekan lalu itu ada satu aja,” tutur Kasie (Kepala Seksi) Pelanggaran Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sriyanto, dikutip dari NTMC Polri, Senin (6/9/2021).

Foto menunjukkan pemeriksaan kendaraan di kawasan ganjil genap Jalan Rasuna Said Jakarta Selatan

Masih ada pelanggaran, namun tidak signifikan

Alasan Klasik: Lupa dan Tidak Tahu

Selama penjagaan ada dua alasan klasik dari pelanggar ganjil genap yang paling mendominasi. Pertama karena lupa dan kedua karena tidak tahu. Yang terakhir biasanya pengemudi dari luar Jakarta yang tidak mengetahui kawasan ganjil genap. Sedangkan yang pertama sering jadi alasan warga DKI.

“Jadi biasanya yang melanggar itu entah dia ngakunya lupa atau orang luar DKI. Kalau orang DKI sudah paham semua,” jelas Sriyanto.

Secara umum masyarakat paham dan menyadari diberlakukannya ganjil genap. Sehingga saat yang melanggar diputarbalikkan tidak ada protes maupun perlawanan.

“Mereka kooperatif. Kita dari jauh udah tunjuk (mobilnya) aja udah merasa dia,” terangnya.

>>> Ini 19 Kendaraan yang Bebas Masuk Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Foto Kawasan Ganjil Genap jalan Rasuna Said Jakarta

Pengendara memahami adanya kebijakan ganjil genap

Sistem Ganjil Genap

Sistem ganjil genap diberlakukan di Jakarta mulai 12 - 16 Agustus 2021 di 8 ruas jalan menggantikan  penyekatan yang dihentikan pada 11 Agustus. Pembatasan ini berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor roda empat, mengecualikan kendaraan-kendaraan jenis tertentu, seperti kendaraan darurat medis, kendaraan pengamanan TNI Polri, kendaraan pengangkut sembako, kendaraan dinas pejabat (plat merah), sepeda motor, dan angkutan umum (online dan offline)

Foto situasi Lalu lintas kawasan Rasuna Said jakarta selatan saat ganjil genap

Ada sanksi tilang, pengendara jadi lebih perhatian

Seiring turunnya status PPKM ibu kota dari level 4 ke level 3 pada 26 hingga 30 Agustus 2021, area ganjil genap dikurangi menjadi 3 titik, yaitu Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, dan Rasuna Said.

>>> Sanksi Tilang Pelanggaran Ganjil Genap di Jakarta Resmi Berlaku

Hingga akhir Agustus tersebut pelanggar ganjil genap tidak dikenakan tindakan tilang, mereka hanya diputarbalikkan dan tidak boleh melintas. Pada perpanjangan ganjil genap 1 - 6 September 2021, sanksi tilang diberlakukan. Keputusan diambil mengingat masih banyak pengendara yang melakukan pelanggaran.

>>> Cari mobil bekas plat nomor Jakarta, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top