Sanksi Bagi Sepeda Motor yang Nekat Masuk Tol

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sanksi Bagi Sepeda Motor yang Nekat Masuk Tol
Tidak hanya melanggar aturan lalu lintas, sepeda motor masuk tol juga membahayakan. Berikut sanksi sepeda motor masuk tol sebagaimana diatur dalam Undang-Undang

Kecelakaan terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu, (30/8/2020). Satu unit sepeda motor bersenggolan dengan Mitsubishi Pajero Sport mengakibatkan pengendara motor dan 2 orang pemboncengnya terjatuh.

Berdasarkan kronologi dari pengendara motor, sebagaimana dirilis Jasa Marga, (31/8/2020) sepeda motor masuk melalui akses masuk Bekasi Timur (tidak ada gerbang tol/tanpa transaksi) karena sistem transaksi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dari Bekasi Barat hingga Cikampek adalah off ramp pay (transaksi dilakukan di gerbang keluar).

Pengendara kemudian putar balik ke arah Jakarta dan di Km 8 B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, sepeda motor tersebut mengalami kecelakaan, jatuh karena tersenggol oleh Kendaraan Pajero di Lajur 4. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun kasusnya menjadi perhatian tersendiri.

Foto menunjukkan Sepeda motor masuk tol mengalami kecelakaan

Sepeda motor masuk tol membahayakan keselamatan

Sepeda motor masuk tol

Terlepas apapun alasannya kasus di atas, mengendarai sepeda motor masuk jalan tol tidak dibenarkan. Jalan tol tidak dirancang untuk sepeda motor sebagaimana diatur dalam Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 44 Tahun 2009 yang merupakan Perubahan PP No. 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Pada Pasal 38 disebutkan,

“(1) Jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.”

Artinya jalan tol juga tidak diperbolehkan untuk kendaraan roda tiga macam bajaj, bentor (becak motor), dan sepeda motor ural, serta tidak boleh untuk sepeda onthel, sepeda listrik, dan pejalan kaki.

Sanksi

Seperti kasus di atas, pengendara sepeda motor berada di posisi salah karena melanggar rambu-rambu dan aturan lalu lintas. Pengendara bisa dikenakan sanksi tilang dengan ancaman hukuman pidana 2 bulan atau denda Rp 500 ribu, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Disebutkan dalam Pasal 287:

(1) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

>>> BPJT Tak Pernah Merencanakan Jalan Tol Untuk Sepeda

Foto petugas jalan tol mengamankan sepeda motor yang kecelakaan karena masuk tol

Masuk jalan tol pengendara sepeda motor bisa rugi berlipat-lipat

Hukuman di atas bisa lebih berat lagi jika kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan yang berdampak pada rusaknya barang atau kendaraan orang lain, atau menimbulkan korban manusia. Aturannya tertuang dalam Pasal 310, yaitu:

  • Dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 1 juta jika mengakibatkan kerusakan barang / kendaraan orang lain.
  • Dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 2 juta jika mengakibatkan korban luka ringan dan kerusakan barang / kendaraan orang lain.
  • Dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 10 juta jika mengakibatkan korban luka berat.
  • Dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 12 juta jika mengakibatkan korban meninggal dunia.

Namun, jika pelanggaran dilakukan bukan karena lalai, alias disengaja, hukuman dua kali lebih berat dibanding hukuman di atas, sebagaimana diatur dalam pasal 311.

>>> Pahami Aturan Berkendara di Jalan Tol Agar Tak Melanggar

Foto menunjukkan pesepeda motor melintas di Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara memiliki jalur khusus sepeda motor

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

BPJT Tak Pernah Merencanakan Jalan Tol Untuk Sepeda

31/08/2020

Pasar mobil

3 menit

BPJT mengaku tidak pernah merencanakan pemberlakukan jalan tol untuk sepeda, sebagaimana yang diusulkan secara resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Lihat juga

Tips Menghadapi Pesepeda di Jalan Raya

15/08/2020

Pengemudian

3 menit

Saat ini bersepda sudah jadi gaya hidup, nyaris segala lapisan masyarakat sangat gemar bersepeda. Untuk itu, mari pahami tips menghadapi pesepeda di jalan raya

Lihat juga

Cuma Kendaraan Ini yang Boleh Melintas di Jalan Tol

27/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI Jakarta meminta Menteri PUPR agar mengizinkan sepeda melintas di jalan tol. Padahal jalan tol hanya boleh dilalui kendaraan roda empat atau lebih.

Lihat juga

Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Anda mungkin selama ini bertanya-tanya, mengapa kalau lewat jalan tol harus bayar, dan kemana uang hasil pembayaran semua pengguna jalan tol tersebut?

Lihat juga

Ini Sebabnya Kecelakaan di Jalan Tol Selalu Fatal

24/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Insiden di jalan raya bukan hal baru, namun kecelakaan di jalan tol hampir selalu berakibat fatal, dari kerusakan parah hingga menimbulkan korban jiwa.

Lihat juga