Sangat Menginspirasi, Inilah 5 Wanita Berpengaruh Dalam Dunia Otomotif

08/03/2019
Di hari perempuan internasional atau International Women's Day ini, Cintamobil.com secara khusus ingin membahas pengaruh wanita dalam sejarah otomotif. Ya, segala hal tentang otomotif memang banyak didominasi oleh kaum pria. Padahal fakta menunjukkan bahwa wanita juga turut berpartisipasi penuh dalam dunia otomotif. Siapa sajakah mereka?

Tak heran, dunia mobil secara sekilas selalu didominasi oleh kaum pria baik dari lini teknisi, balap dunia, desainer mobil hingga reparasi. Rasanya kurang pas apabila wanita yang ikut bergelut dalam dunia otomotif. Namun persepsi tersebut tak sepenuhnya benar jika kita mau kembali melihat sejarah.

Sebelum mobil menjadi modern seperti saat ini, kaum hawa nyatanya banyak ikut berpartisipasi. Namun sayang, setengah dari mereka banyak tidak diekspos oleh media sehingga tak heran nama-nama serta usaha mereka tidak terdengar hingga ke telinga masyarakat. Khusus di hari perempuan internasional ini, Cintamobil.com ingin menghidupkan kembali kiprah wanita dalam dunia otomotif. Berikut 5 wanita berpengaruh dalam dunia otomotif.

1. Florence Lawrence

Wanita yang lahir di tahun 1886 yakni Florence Lawrence, merupakan bintang film pertama yang sudah dikenal oleh publik luas. Wanita satu ini berhasil memberi kontribusi dalam menciptakan dua fitur keselamatan pada mobil.

Florence Lawrence adalah wanita yang menggagas ide mengenai lampu sein di masa lampau yang menggunakan bendera

Cerita Florence tentang inovasinya dalam dunia otomotif terbilang sangat menarik

Ia cukup frustasi melihat lalu-lalang mobil di depannya yang tanpa tahu kemana arah yang mereka ambil khususnya di tikungan. Florence akhirnya muncul dengan gagasan bernama “Auto-Signaling Arms” yang menggunakan dua buah bendera ditempatkan pada dua ujung samping mobil. Jika Ia ke kiri, ia akan menekan tombol dan bendera pada sisi kiri akan naik ke atas, begitu juga sebaliknya. Gagasannya akhirnya diaplikasikan di setiap perusahaan otomotif dunia. Jika di masa ini, kita mengenalkannya dengan nama lampu sein.

Fitur menarik lainnya adalah tanda Stop atau berhenti yang diposisikan di bagian belakang mobil. Florence menggagas hal ini supaya nantinya ketika Ia berhenti, kendaraan lain di bagian belakang pun juga ikut mengurangi kecepatan. Tanda itu tadi diberikan tulisan STOP yang nantinya dapat melipat keluar bersamaan dengan injakan rem kaki. Di masa modern ini, konsep ini berubah menjadi lampu yang kita kenal dengan sebutan “Stop Lamp”.

>>> Tertarik untuk membeli mobil baru dalam waktu dekat? Coba simak harga mobil lengkap yang dijual terjangkau di situs kami

2. Mary Anderson

Pada tahun 1903, Mary Anderson mengamati seorang pria yang mengelap kaca mobilnya dari salju di area perkotaan New York. Setiap kali salju tertimbun di kaca mobilnya, kepalanya keluar ke jendela dan segera mengelap salju tersebut menggunakan tangannya. Merasa ada yang salah dengan hal tersebut, akhirnya Mary Anderson mulai berpikir untuk menciptakan sebuah alat sederhana yang bisa membuang salju tersebut secara praktis. Tak lama setelah itu, Ia menciptakan sebuah alat yang dinamai Wiper. Pengendara hanya perlu menekan tuas untuk membuat Wiper tersebut berjalan manual yang menyapu lapisan salju yang menutupi kaca. Tak heran, wanita satu ini seringkali dikenal dengan nama “Wiper Woman”.

Mary Anderson seringkali disebut sebagai Wiper Woman

Mary Anderson dengan hak patennya tentang Wiper manual

3. Charlotte Bridgwood

Setelah Mary Anderson, Charlotte Bridgwood hadir dengan konsep Wiper otomatis dan berhasil mematenkannya di tahun 1917. Setelah 3 tahun berselang, paten tersebut akhirnya kadaluarsa dan banyak pihak otomotif memutuskan untuk mengaplikasikannya di setiap mobil. Cadillac menjadi perusahaan mobil pertama yang mengaplikasikannya dengan maksud supaya visibilitas pengendara selagi hujan dapat terjaga dengan baik.

>>> Baca juga: Tanpa Kendaraan, Hari Nyepi Beri Dampak Positif Bagi Sekitar

4. Marry Barra

Berbeda dengan cerita sebelumnya, Marry Barra adalah CEO wanita pertama yang duduk dalam industri otomotif global. Ia sudah berumur 53 tahun namun masih terus menginspirasi banyak belah pihak. Adapun Marry mendapatkan banyak gelar seperti “100 Most Influential People” dari majalah Time's serta “7th The Most Powerful Women” oleh Forbes. Menariknya, Ia juga sangat aktif dalam kegiatan sosial seperti menyumbangkan dana sebesar $1.7 Miliar untuk penelitian kanker.

Marry Barra kini bekerja sebagai CEO General Motors sejak tahun 2014 silam

Marry Barra menjadi CEO wanita pertama dalam dunia otomotif

>>> Sebelum memutuskan pembelian mobil, ada baiknya Anda membaca ulasan kritis kami mengenai model mobil yang dijual di Indonesia

5. Michelle Christensen

Seorang wanita Multi Talent, lihai dalam hal desain mobil dan akhirnya berhasil merealisasikan mimpinya selama ini. Ia adalah Michelle Christensen, wanita berpengaruh dalINDOam hadirnya Honda NSX. Michelle bergabung dengan Honda dalam untuk menyelesaikan sebuah mobil Prototype Supercar yakni NSX sejak dipamerkan di acara Detroit Motor Show 2012.

Michelle Christensen adalah desainer mobil ternama yang berada di balik Honda NSX

Michelle dengan produk ciptaannya yakni Honda NSX

Dia memahami segala hal mengenai mobil serta hukum aerodinamika. Tak heran, mobil yang diciptakan adalah NSX, sebuah Supercar berkecepatan tinggi. Tak seperti model mobil lainnya, untuk merancang sebuah Supercar dibutuhkan ketelitian tinggi yang dapat memanfaatkan aerodinamika baik dari lekuk bodi luar, bobot bodi ringan hingga performa mesin yang sesuai. Sejarah mencatat bahwa Michelle Christensen adalah wanita pertama yang sukses memimpin tim desainer Supercar.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Video perjalanan historis Acura NSX

Itulah 5 wanita berpengaruh dalam dunia otomotif yang secara khusus dihadirkan oleh Cintamobil.com untuk dapat mengenang sekaligus menjadi inspirasi bagi wanita saat ini. Dari fakta-fakta di atas, nyatanya wanita dapat memiliki kesempatan serta peran yang tak kalah penting dengan kaum pria.

>>> Informasi menarik otomotif lainnya bisa Anda terus saksikan pada situs Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain