Sangat Eksklusif, Mobil-Mobil Ferrari Ini Hanya Ada 1 Unit Di Dunia

27/10/2018

Pasar mobil
Semua mobil Ferrari dibuat dengan desain mewah dan performa tinggi. Meski demikian, tidak semuanya diproduksi massal tanpa batas. Beberapa model diciptakan dalam jumlah terbatas, bahkan ada yang dibuat hanya satu unit saja sehingga menjadi model paling eksklusif.

Foto wallpaper Ferrari dari sudut samping depan

Nama Ferrari identik dengan mobil super cepat dan eksklusif

Dikenal sebagai produsen supecar, Ferrari tak hanya membuat mobil berperforma tinggi dan mewah. Beberapa model ciptaannya bahkan dibuat dalam edisi terbatas dan spesial. Ada yang dibikin hanya ratusan unit seperti F50 (349 unit), Enzo (400 unit), LaFerrari (499 unit, termasuk LaFerrari Aperta), Monza Sp1 atau Sp2 (499 unit), F12tdf (799 unit), F12 GTO (650 unit). Ada yang puluhan unit seperti J50 (10 unit), California 30 Giappone (10 unit), 250 GTO (36 unit) dan FXX K (40 unit).

Yang lebih eksklusif lagi, beberapa model Ferrari dibuat kurang dari 10 unit seperti Ferrari Sergio (6 unit). Mobil ini dijual dengan harga Rp 66 miliar per unit. Lalu ada F50 Nero Daytona (2 unit) yang dijual dengan harga Rp 67 miliar per unit, 458 Italia X Oackley Edition (5 unit), Thomassima 1967 (3 unit). Restorasi besar-besaran membuat mobil klasik ini dijual dengan harga Rp 121,2 miliar per unit.

Dari semua edisi spesial dan terbatas, Ferrari menghadirkan beberapa model yang dibuat sangat eksklusif karena hanya ada 1 unit saja di dunia, Ferrari menyebutnya "One-Off". Dibuat untuk konsumen spesial dan di tangani langsung oleh tim khusus dari Ferrari Design Center.

Ferrari SP38 Deborah

Foto Ferrari SP38 Deborah tampak depan

Ferrari SP38 Deborah dijual dengan harga Rp 65 miliar

SP38 dibuat dari basis 488 GTB, namun dengan penampilan baru yang lebih agresif dan futuristik dan jauh dari penampilan 488 GTB. Lampu utama lebih kecil tajam, grill melintang tanpa sekat, pilar A hitam menampakkan kesan floating roof serta velg bintang menjadi pembeda antara SP38 Deborah dengan 488 GTB. Untuk urusan dapur pacu ada mesin V8 3.9 liter twin-turbo milik 488 Pista dengan tenaga maksimal dihasilkan mencapai 710 hp.

Mobil ini diserahkan kepada pemiliknya di Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Italia yang telah membayar dengan harga sekitar Rp 65 miliar.

>>> Ini Dia Deretan Mobil Ferrari yang Menginspirasi Lahirnya Ferrari Icona

Ferrari 458 MM Speciale

Foto Ferrari 458 MM Speciale di sirkuit

Ferrari 458 MM Speciale memang spesial

Ferrari 458 MM Speciale adalah pesanan seorang konglomerat Inggris. Penyerahan dilakukan di Sirkuit Fiorano, Italia, pada Selasa (31/5/2016) dan langsung dijajal saat itu juga oleh pemiliknya yang ditemani Chief Test Driver Ferrari, Dario Benuzzi.

Dirancang dari basis mesin dan sasis 458 Speciale, mobil ini memiliki perubahan di banyak bagian sesuai keinginan pemesannya. Bodi baru dibuat dari alumunium dan serat karbon untuk bemper depan dan belakang. Garis atap dibuat lebih rendah, pilar C sedikit mundur ke belakang, pilar A diberi sentuhan warna hitam sehingga nampak menyatu antara kaca samping dengan kaca bagian depan dan memberikan kesan floating roof. Masih ada sederet perubahan seperti bagian coolant radiator, side intakes, spoiler, sistem audio, trim berbalut satin serta ban khusus. Tidak ada modifikasi untuk mesin naturally aspirated 4.5 liter delapan silinder (V8). Tenaga yang dihasilkan mencapai 597 hp dan torsi maksimum 398 lb-ft.

>>> Mewah dan Berperforma Tinggi, 10 Mobil Terbaru 2020 Ini Patut Ditunggu

Ferrari SP12 EC

Foto Ferrari SP12 EC tampak samping depan

Ferrari SP12 EC, persembahan khusus buat Eric Clapton

Ferrari SP12 EC adalah persembahan khusus buat musisi rock terkenal, Eric Clapton dan dibuat hanya 1 unit saja. Mobil ini diidesain oleh Centro Stile Ferrari serta berkolaborasi dengan Pininfarina dan insinyur Ferrari di Maranello. Penggunaan nama SP12 EC memberikan arti Special Project 2012 untuk Eric Clapton.

Ferrari menciptakan SP12 EC sebagai persembahan kepada Eric Clapton yang merupakan pengguna setia Ferrari selama karirnya bermusik. Modelnya terinspirasi dari mobil Ferrari 512 BBi 1970 yang menjadi kesukaan Eric dan dibuat dengan desain modern nan mewah. Ferrari membanderol 5 juta US Dollar untuk mobil ini atau setara Rp 76 miliar.

Untuk konsumen Indonesia belum ada satu pun yang memiliki Ferrari dalam program One-Off. Meski demikian, bukan berarti tak ada model keren Ferrari yang dijual di Indonesia. Yang terbaru Ferrari Jakarta baru saja menghadirkan model penerus California T, yaitu Ferrari Portofino. Cintamobil.com secara ekslusif bisa melakukan first impression terhadap Ferrari Portofino 2019 yang sudah tersedia di channel Cintamobil TV di platform Youtube. 

>>> Baca Review Lengkap Ferrari Portofino 2019 di sini!

Seperti apa luar dalam Ferrari Portofino ini, simak video eksklusif berikut!

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top