Samsung Menggandeng Renovo Auto untuk Mengembankan Taxi Otonom

19/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Samsung Menggandeng Renovo Auto untuk Mengembankan Taxi Otonom
Industri otomotif saat ini mengalami perkembangan pesat dibandingkan beberapa dekade sebelumnya. Tidak heran jika banyak nama-nama baru yang mulai merambah industri yang sedang panas ini. Salah satunya adalah Samsung yang telah mengembangkan sebuah start up baru bernama Silicon Valey yang digunakan untuk melakukan uji coba, pengetesan, dan mengembangkan salah satu armada taxi yang bisa mengemudi sendiri.

Dengan keinginan Samsung merambah dunia ini, Renovo Auto mendapatkan keuntungan dari kerjasamanya. Renovo Auto merupakan sebuah stat up yang telah mengembangkan sistem operasi yang mengintegrasikan dan mengelola semua perangkat lunak yang dibutuhkan untuk armada komersial kendaraan otonom tersebut.

dua taxi otonom berwarna hitam sedang berhenti tengah jalan dan belakangnya ada sebuah truk berwarna putih

Samsung memperlihatkan minatnya terhadap taxi otonom

Sistem operasi Renovo Auto bekerja sama dengan platform komputasi Cloud Android atau Amazon Web Services. Tidak seperti AI pada mobil otonom biasanya, Renovo Auto menciptakan API, sebuah software yang dapat digunakan perusahaan lain bersama-sama, seperti bagaimana Android mengizinkan pengembang aplikasi untuk meluncurkan aplikasi layanan di pasar smartphone.

sebuah mobil Renovo Coupe berwarna biru sedang berkendara di jalan umum pada siang hari

Renovo Coupe, mobil pertama buatan Renovo Auto

Sistem aplikasi yang disebut dengan AWare cukup fleksibel untuk memungkinkan beberapa perangkat lunak yang berbeda digabungkan dan bekerja selaras tanpa mengorbankan keamannya. Kemampuan tersebut membuat mobil otonom bisa menangani sejumlah besar data dan mengelola komunikasi untuk banyak layanan yang akan dikirimkan pada pengendara.

Kepada Fortune, CEO Chris Heiser mengatakan, “Tujuan kami adalah menjadi perusahaan yang bisa bekerja untuk kendaraan yang berbeda, dengan komponen yang berbeda dan mengembangkan perangkat lunak yang bisa diaplikasikan dalam setiap kendaraan.”

>>> Berminat berita baru mengenai pasar otomotif, jangan ragu mengklik di sini!

Kolaborasi dengan Renovo memberikan kesampatan bagi Samsung untuk berlomba dengan perusahaan lain yang juga mengembangkan mobil otonom seperti Tesla dan Mitsubishi. Selain itu, Samsung juga telah menunjukan minat untuk berada pada industri otomotif ini. Pada November 2016 lalu, Samsung sepakat untuk membeli Harman International Industries seharga sekita US$ 8 Milliar.

Presiden Samsung, Young Sohn sedang memperkenalkan tentang mobil barunya

Presiden Samsung, Young Sohn memberikan suntikan dana untuk industri otomotif

Kesepakatan tersebut memberikan pijakan dasar bagi perusahaan asal Korea Selatan yang selama ini dikenal hanya sebagai perusahan pembuat smartphone terbesar di dunia. Ditambah dengan dukungan dari Presiden Samsung, Young Sohn, yang memberikan suntikan dana sebesar US$ 300 juta untuk investasi mereka terhadap start up otomotif dan teknologi mobil otonom.

>>> Klik di sini untuk mendapatkan update terbaru mengenai berita mobil!

Share this post:
 
back to top