Sampai Hari ke 7 Lebaran, 361 Ribu Kendaraan Menuju ke Jakarta

01/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sampai Hari ke 7 Lebaran, 361 Ribu Kendaraan Menuju ke Jakarta
Sampai hari ke 7 Lebaran 2020, Jasa Marga mencatat sebanyak 361 kendaraan menuju Jakarta dari arah timur, barat dan selatan. Turun 70% dibanding tahun lalu.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlaku di ibu kota sekaligus diwajibkannya membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi warga yang hendak keluar atau masuk Jakarta. Hal itu cukup mampu menekan volume arus balik selama ini hingga lebih dari 50%.

361 ribu kendaraan menuju Jakarta

Data terbaru dirilis PT Jasa Marga (Persero) Tbk, hingga hari ke 7 Lebaran 2020 atau hingga 30 Mei 2020 sebanyak 361.932 kendaraan tercatat menuju Jakarta dari arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. Angka itu turun sebesar 70%, dibandingkan dengan periode yang sama Lebaran lalu.

Dari jumlah tersebut terbagi; 34,6% dari arah Timur, 34,3% dari arah Barat dan 31,1% dari arah Selatan. Rincian lengkapnya sebagai berikut:

Foto menunjukkan petugas melakukan pemeriksaan kendaraan

Pemeriksaan kendaraan terus dilakukan

>>> Tak Berakhir 7 Juni, SIKM DKI Jakarta Tetap Wajib Sampai Pandemi COVID-19 Usai

Arah Timur

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalu lintas dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk kendaraan yang datang melalui Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk kendaraan yang datang melalui Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan rincian distribusi sebagai berikut:

  • GT Cikampek Utama 2, sebanyak 72.277 kendaraan
  • GT Kalihurip Utama 2, sebanyak 52.788 kendaraan

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 83,23% dibandingkan saat Lebaran tahun 2019.

Arah Barat

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang sebanyak 124.206 kendaraan, turun sebesar 55,13% dibanding Lebaran tahun 2019.

Arah Selatan

Kendaraan yang menuju Jakarta dari arah selatan melalui GT Ciawi 2 tercatat sebanyak 112.661 kendaraan, turun sebesar 38,32% dibanding Lebaran tahun 2019.

>>> Tips Singkat Memeriksa Mobil Menuju Era New Normal

Foto menunjukkan petugas sedang melakukan Pemeriksaan SIKM

Kendaraan niaga juga wajib menunjukkan SIKM

Jasa Marga mengimbau warga yang tidak memiliki urusan yang benar-benar penting, darurat, atau mendesak untuk tidak bepergian keluar masuk Jakarta agar tidak memperbesar potensi penyebaran COVID-19, termasuk tidak piknik atau berkunjung ke tempat saudara.

Sementara bagi warga yang keluar masuk Jakarta karena suatu kepentingan untuk mempersiapkan SIKM sebagaimana yang diwajibkan Pemprov DKI. SIKM dapat diurus melalui situs resmi Covid-19 DKI Jakarta yakni corona.jakarta.go.id.

>>> Berita menarik lainnya seputar mudik Lebaran ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top