Sambut Ramadhan dan Idul Fitri 2021, HK Benahi Jalan Tol Permai

08/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Sejumlah titik jalan tol Permai diperbaiki jelang hadirnya bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2021, guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Bulan Ramadhan dan Idul Fitri sering jadi momentum untuk melakukan hal-hal positif, termasuk dalam hal pelayanan publik. Seperti saat ini, jelang kehadiran Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H / 2021 PT Hutama Karya (HK) melakukan pembenahan jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

"Saat ini masih dikerjakan yaitu perbaikan jalan bergelombang dan jalan berlubang. Ditargetkan, sebelum Idul Fitri sudah tuntas," tutur Branch Manager Tol Permai, Indrayana dalam siaran pers, Selasa (6/4/2021).

Perbaikan di 5 titik

Perbaikan yang tengah dilakukan berada di Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) dan Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara). Rinciannya Seksi 4 sebanyak 3 titik dan Seksi 5 sebanyak 2 titik. Adapun lokasi perbaikan tepat di KM 76 dan KM 97.

>>> 5 Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

Foto menunjukkan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Ada jalan tol, waktu tempuh Pekanbaru-Dumai semakin singkat

Selain memperbaiki kondisi jalan, HK selaku pengelola juga memberikan tambahan fitur keselamatan. Diantaranya marka kejut atau rumble strip yang sudah terpasang di 20 titik rawan kecelakaan lalu lintas dengan jarak masing-masing 10 kilometer. Lalu ada warning light atau lampu peringatan sebanyak 15 titik yang juga dipasang di lokasi rawan kecelakaan.

"Kami harapkan, apa yang kami lakukan ini dapat meminimalisir angka kecelakaan di jalan tol Permai." kata Indrayana.

Jalan Tol Permai

Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131 Km resmi beroperasi sejak diresmikan Presiden Joko Widodo, pada Jumat, 25 September 2020. Tarif resmi kemudian diberlakukan mulai 10 November 2020. Ada sejumlah fakta menarik dengan keberadaan Tol Permai ini.

  • Pertama; Jalan tol pertama di Indonesia yang diresmikan secara virtual. Presiden meresmikannya dari Istana Kepresidenan Bogor, sedangkan seremoni dilakukan di Gerbang Tol Dumai, Bukit Kapur.
  • Kedua; Jalan tol pertama di Provinsi Riau. Tol lain seperti Tol Rengat-Pekanbaru dan Tol Dumai-Rantau Prapat belum masuk proses konstruksi.
  • Ketiga; Punya perlintasan gajah. Karena trase jalan bersinggungan dengan kawasan suaka margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil yang menjadi habitat gajah sumatera, HK melengkapi Tol Permai dengan 5 Underpass Perlintasan Gajah (UPG). Saat ini Pusat Latihan Gajah Minas Riau terus melatih para gajah agar cepat terbiasa dan beradaptasi melewati jalur terowongan bawah jalan tol.

>>> Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Resmi Berlaku Sejak 10 November

Foto gajah melintas di terowongan Tol Pekanbaru-Dumai

Pembangunan jalan tol wajib memperhatikan kelestarian lingkungan

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top